Home Review 5 Hal yang Diharapkan Jadi Tren Smartphone 2021

5 Hal yang Diharapkan Jadi Tren Smartphone 2021

Banyak hal tidak berjalan lancar di tahun 2020. COVID-19 membuat sebagian kita harus berada di rumah dan hidup menjadi lebih tergantung pada smartphone dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untungnya, teknologi seluler masih bisa berinovasi sepanjang tahun. Faktanya, banyak vendor tetap menyuguhkan fitur baru yang mendorong batasan sebelumnya.

Sekarang, mari kita lihat apa yang bisa diharapkan dari ponsel cerdas di tahun 2021.

Smartphone Lipat dengan Harga Lebih Terjangkau

Ponsel lipat memang masih mejadi kategori baru. Di taun 2020, ada Samsung Galaxy Z Flip dan Flip 5G, Galaxy Z Fold 2, dan Motorola Razr 5G. Satu benang merah yang bisa ditarik dari ketiga produk itu adalah harganya yang kelewat mahal. Galaxy Z Flip misalnya, di Indonesia dilabel Rp. 21,888,000,-
Menjelang tahun 2021, wajar jika konsumen mengharap perangkat lipat dengan harga yang lebih terjangkau. Mungkin masuk ke kisaran harag belasan juta rupiah?

“Sementara sebagian besar vendor sedang mempersiapkan ponsel lipat, ponsel flip, atau ponsel slider pertama mereka, Samsung sedang mempersiapkan ponsel lipat generasi ketiga dan berjanji untuk menurunkan harga,” kata Avi Greengart, Presiden, Analis Utama, Techsponential. “Pilihan yang lebih terjangkau akan membantu memperjelas seberapa besar konsumen ingin ponsel mereka berubah bentuk. Microsoft juga patut dieprhitungkan karena mereka akan belajar dari produk Surface Duo, begitu juga dengan LG yang kerap kali melakukan eksperimen. ”

Lebih Banyak Smartphone 5G

Samsung adalah pembuat smartphone pertama yang menambahkan 5G ke lini kelas atas dan sebagian besar kelas menengahnya. Seluruh seri Galaxy S20 memiliki kapabilitas 5G, sesuai dengan label harga tingginya. Belakangan, Samsung menghadirkan 5G ke perangkatnya yang lebih terjangkau, termasuk Galaxy A71 dan Galaxy S20 FE. Apple, Google, Nokia, dan lainnya tampaknya mengikuti. Pada akhir tahun 2020, kita mulai melihat adopsi 5G benar-benar meningkat.

Untuk tahun 2021, jelas akan lebih banyak lagi smartphone 5G yang hadir. Berterimakasihlah pada chipset seri Qualcomm Snapdragon 700 karena membawa standar konektivitas baru ke kelas menengah. Meski peta global 5G belum etrpapar jelas, Google sudah menawarkan smartphone 5G yang benar-benar terjangkau, seperti Pixel 4a 5G. Akankah kita melihat 5G di ponsel budget dengan harga di bawh 5 jutaan? Mungkin saja!

Display yang Lebih Kencang

Jika ada tren yang muncul di tahun 2020, satu yang menarik adalah peningkatan refresh rate layar. Pembuat Smartphone ebrlomba-lomba meningkatkan kecepatan refresh layar mereka dari 60Hz menjadi 90Hz, 120Hz, dan bahkan 144Hz. Kecepatan refresh yang lebih cepat menawarkan pengalaman yang lebih lancar, terutama saat menggulir atau bermain game. Ini ditemukan pada ponsel seperti ROG Phone 3 dan Galaxy Note 20 Ultra.

Kami sepenuhnya percaya bahwa layar dengan kecepatan refresh tinggi akan menjadi hal jamak pada tahun 2021. Misalnya, ada bocoran menunjukkan bahwa lini smartphone Redmi akan memiliki layar 120Hz. Sementara seri chip Dimensity 700 dari MediaTek juga dibuat untuk mendukung refresh rate 90Hz. Hal ini tentu saja akan menyeret teknologi refresh layar tinggi ke smartphone yang lebih murah.

(Mudah-mudahan, Apple juga melirik tren ini:))

Kamera di bawah Layar

ZTE memperkenalkan ponsel pertama dengan kamera di bawah layar pada tahun 2020, yaitu Axon 20 5G. Teknologi baru ini mengandalkan lapisan transparan yang memungkinkan kamera mengambil gambar menembus layar. Idenya adalah untuk menyembunyikan kamera sedemikian rupa sehingga menghilangkan desain takik atau punch hole, mebuat layar benar-benar lapang tanpa gangguan.
Xiaomi dikabarkan juga akan mengadopsi teknologi kamera di bawah layar. Namun Kami yakin ZTE dan Xaiomi tidak akan berkompetisi sendirian. Ada keyakinan kuat bahwa akan lebih banyak ponsel dengan kamera tersembunyi yang sedang dalam proses pengembangan.

Perekaman 8K

Kami berharap fitur perekaman 8K yang ditemukan pada smartphoen flagship pada tahun 2020 dapat merembet ke segmen yang lebih rendh pada tahun 2021.
Perekaman video 8K sebelumnya sudaha da di Xiaomi Mi 10 Pro dan seri Samsung Galaxy S20 pada awal tahun 2020. Fitur tersebut kemudian hadir di LG V60 ThinQ dan sejumlah flagships lainnya sepanjang tahun. Kabar baiknya adalah beberapa chip juga mendukung perekaman video 8K sehinga kita bisa berharap fitur ini akan berkembang biak di berbagai titik harga. Apalagi saat ini TV 8K juga mulai (hampir) terjangkau, sehingga ada perangkat yang benar-benar bisa digunakan untuk menonton rekaman 8K itu.