Samsung Electronics terus mempertahankan kepemimpinan dan keunggulannya di pasar global dengan teknologi dan inovasi yang menjadi andalannya. Firma riset pasar Omdia mengumumkan bahwa pada tahun 2022, Samsung kembali menduduki peringkat pertama di pasar TV global selama 17 tahun berturut-turut, berkat komitmennya dalam menghadirkan pengalaman menonton premium dan desain yang berpusat pada pengguna.
Dalam upaya untuk memprioritaskan lini produk premiumnya, Samsung telah berhasil mempertahankan posisinya yang tak tertandingi dalam industri TV selama 17 tahun yang impresif. Keberhasilan tersebut terbukti dari penjualan mengagumkan dari jajaran Neo QLED TV. Pada tahun 2022, Samsung berhasil menjual 9,65 juta unit QLED dan Neo QLED TV, mencapai penjualan kumulatif sebanyak 35 juta unit sejak peluncurannya pada tahun 2017. Samsung juga menjadi pemimpin di segmen pasar TV ultra-besar pada tahun 2022, dengan pangsa pasar 36,1% dan 42,9% masing-masing untuk produk-produk TV di atas 75 inci dan 80 inci. Untuk pasar TV premium dengan harga di atas US$2.500, Samsung mempertahankan pangsa pasar terbesar berdasarkan revenue pada 48,6%.
“Rekam jejak kepemimpinan kami di industri selama 17 tahun terakhir dimungkinkan oleh loyalitas dan kepercayaan konsumen yang terus diberikan kepada produk-produk kami,” kata Cheolgi Kim, Executive Vice President of Visual Display Business, Samsung Electronics.
Samsung terus berinovasi dan menghadirkan produk-produk terobosan yang dekat dengan konsumen. Peluncuran Bordeaux TV pada tahun 2006 menandai adopsi mainstream bagi LCD TV dengan desain yang canggih dan form factor yang ringan. Itu juga menandai pertama kalinya Samsung menduduki peringkat nomor satu di pasar TV global. Perusahaan terus menghadirkan teknologi-teknologi terobosan dengan meluncurkan LED TV pertamanya pada tahun 2009 dan Smart TV pada tahun 2011, memegang posisi teratas di pasar pada peluncuran kedua TV tersebut dan setelahnya.
Samsung juga terus mendorong batasan kualitas gambar dan inovasi layar dengan memperkenalkan produk-produk berteknologi terbaru. Pada tahun 2017, Samsung meluncurkan QLED TV pertama yang menggunakan teknologi quantum dot untuk mencapai volume warna 100 persen, dan pada tahun 2018, perusahaan meluncurkan QLED 8K yang inovatif, diikuti oleh Neo QLED berbasis Quantum Mini LED dan MICRO LED yang self-illuminating pada tahun 2021. Rangkaian teknologi inovatif ini terus mendefinisikan standar kualitas gambar TV dan menetapkan tolok ukur industri yang baru.
Samsung juga terus merintis kategori-kategori baru, seperti seri Lifestyle TV. Dimulai dengan desain The Serif yang ikonik pada tahun 2016, Samsung terus mengembangkan jajaran produknya dengan desain yang dapat mendukung pengalaman pengguna melalui produk seperti The Frame, The Sero, The Terrace, The Premiere, dan The Freestyle.
Pada tahun 2023, komitmen Samsung terhadap inovasi terus berlanjut dengan pengembangan teknologi yang intuitif, dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. SmartThings akan memungkinkan terjadinya integrasi dan konektivitas multi perangkat yang mulus, dengan keamanan tetap berada di prioritas utama, memberdayakan pengguna untuk menciptakan pengalaman yang sangat dipersonalisasi, yang mengakomodasi preferensi sekaligus kebutuhan unik masing-masing.