Home Fintech Mastercard, OPPO Indonesia, dan YCAB Foundation Mengumpulkan Donasi Rp1,4 Miliar untuk UMKM Perempuan 

Mastercard, OPPO Indonesia, dan YCAB Foundation Mengumpulkan Donasi Rp1,4 Miliar untuk UMKM Perempuan 

Mastercard dan OPPO Indonesia hari ini mengumumkan menyalurkan donasi sebesar lebih dari Rp1,4 miliar melalui kampanye ‘Purchase with Purpose’ yang diluncurkan melalui kerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation. Selama periode kampanye dari 20 November hingga 31 Desember 2023, Mastercard mendonasikan Rp500.000 untuk setiap pembelian smartphone OPPO menggunakan kartu debit dan kredit Mastercard di OPPO brand store dan online store. Khusus pembelian OPPO Find N3, Mastercard menggandakan jumlah donasi menjadi Rp1.000.000.

Hasil donasi akan disalurkan untuk program-program pemberdayaan bagi 500 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dipimpin oleh perempuan di Jabodetabek, untuk meningkatkan literasi digital dan finansial mereka. Pada waktu yang bersamaan, sebesar 25 persen dari hasil donasi digunakan untuk UMKM yang fokus kepada produk halal.

Di Indonesia, lebih dari 64 persen dari total UMKM[1] dipimpin oleh  perempuan dan semuanya memiliki peran vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kendati perannya yang penting, banyak UMKM yang dipimpin perempuan masih menghadapi tantangan dalam mengakses kapital untuk mengikuti arus bisnis yang terus berkembang. Membekali literasi digital dan finansial kepada UMKM yang dimiliki oleh perempuan menjadi esensial untuk membantu mereka sukses dan tetap tangguh.

Selain itu, dengan sebagian dari hasil donasi diberikan kepada UMKM yang fokus kepada produk halal, inisiatif ini menunjukkan komitmen Mastercard dan OPPO Indonesia untuk mendukung ekonomi syariah di Indonesia, sejalan dengan agenda pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah.[2]

“Pemberdayaan UMKM perempuan menjadi inti misi YCAB Foundation. Melalui kolaborasi dengan Mastercard dan OPPO Indonesia, kami berhasil memberikan dukungan yang krusial untuk para pengusaha tersebut, memungkinkan mereka mendapat akses ke sumber daya dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan di ekonomi masa kini,” ujar Veronica Colondam, Founder and CEO YCAB Foundation.

Patrick Owen, Chief Marketing Officer, OPPO Indonesia, mengungkapkan, “OPPO Indonesia merasa bangga telah berpartisipasi dalam program CSR dari Mastercard, ‘Purchase with Purpose’. Kami bangga bahwa tiap produk OPPO yang terjual berkontribusi kepada donasi Mastercard yang ditujukan untuk pemberdayaan UMKM Perempuan melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh YCAB Foundation. Program ini menjanjikan masa depan yang lebih cerah bagi UMKM perempuan di Jabodetabek, selaras dengan etos ‘Inspiration Ahead’ dari OPPO, menandakan kepercayaan kami kepada masa depan yang menjanjikan, didorong oleh kualitas yang terbaik. Kolaborasi ini bukan hanya kemitraan semata; ini membuktikan komitmen kami bersama untuk membuat dampak positif dalam kehidupan masyarakat dan kami berharap program kolaboratif ini memberikan banyak manfaat bagi banyak orang, serta terus berkembang ke depannya.

Aileen Goh, President Director, PT Mastercard Indonesia, menyatakan, “Mastercard bangga atas kolaborasi dengan OPPO dan YCAB Foundation dalam mendukung UMKM perempuan di Indonesia. Pengusaha perempuan mengambil peran penting dalam memberikan pengaruh positif kepada perekonomian, keluarga, serta komunitas mereka. Kampanye ini menjadi berarti karena telah memfasilitasi Mastercard dan para mitra dalam pemberdayaan UMKM perempuan lewat pembekalan kemampuan dan peralatan untuk mengembangkan bisnis mereka di tengah perubahan yang ada. Dengan memberikan program literasi finansial dan digital, inisiatif ini menunjukkan komitmen Mastercard untuk meningkatkan inklusi finansial dan digital di tengah masyarakat.”

Kolaborasi dengan YCAB Foundation memperdalam komitmen Mastercard yang terus berjalan untuk memberdayakan dan mengembangkan komunitas lokal. Kolaborasi ini juga menjadi komitmen global Mastercard membawa 1 miliar individu dan menghubungkan 50 juta UMKM ke ekonomi digital secara global pada tahun 2025.


[1]  Teten Masduki: G20 Buka Peluang Peningkatan Wirausaha Perempuan Lewat Inklusi Bisnis

[2] Presiden Tegaskan Komitmen Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Syariah di 2024