Home Apps & Platform Echelon X Kembali Digelar, Tingkatkan Ekosistem Teknologi dan Startup ASEAN

Echelon X Kembali Digelar, Tingkatkan Ekosistem Teknologi dan Startup ASEAN

e27, media teknologi dan startup terdepan di Asia akan menyelenggarakan acara Echelon X, konferensi teknologi dan startup terbesar di Asia Tenggara pada 15 Mei hingga 16 Mei 2024 di Singapore EXPO. Perhelatan kesepuluh ini akan membantu startup untuk membuka berbagai peluang bisnis baru, termasuk investasi dari seluruh ekosistem teknologi di sekitar Asia Tenggara

Echelon X bertujuan untuk memperkuat ekosistem teknologi dengan berbagai kolaborasi; misalnya melalui pertukaran ilmu, penggabungan bisnis, dan inovasi kolektif. Untuk mendukung hal tersebut, konferensi ini juga menghadirkan lebih dari 100 pembicara dari berbagai perusahaan terkemuka seperti Coffee meets Bagel, Moomoo SG, Ninja Van, YouTrip, Addo, Meta, Google Cloud, NTT, Nir Eyal, BRI Ventures, Fazz Financial, dan Vertex Ventures.

Pada kesempatan ini, para pembicara akan berbagi wawasan menarik seperti Artificial Intelligence (AI), model bisnis berkelanjutan dan fleksibel, serta tren teknologi kedepannya yang dapat dimanfaatkan oleh startup untuk dapat bertahan dan kompetitif.

Demi mendukung misi Echelon dalam membangun ekosistem startup di Asia Tenggara, e27 akan menandatangani nota kesepakatan (MOU) dengan Nippon Telegraph and Telephone (NTT) Group pada 15 Mei. Perjanjian ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan dan inovasi ekosistem startup melalui jangkauan pemberitaan yang luas dari e27 dan dukungan bisnis berskala regional oleh NTT, sehingga akan mendorong visibilas, akses pendanaan, dan koneksi bisnis yang kuat  kepada seluruh startup yang berpartisipasi.

Program TOP100 akan tetap menjadi salah satu program utama di Echelon untuk memberikan visibilitas, bimbingan, peluang investasi bagi startup. Selain itu, untuk pertama kalinya, TOP100 juga memiliki partisipan di luar Asia Tenggara, yaitu India, Bangladesh, dan Taiwan.

51 Startup terpilih akan berpartisipasi untuk membagikan ide bisnisnya dan mempresentasikannya di Pitch Stage — platform bagi peserta TOP100 untuk memperkenalkan ide mereka di depan seluruh pengunjung. Akselerator global seperti Antler dan Plug and Play APAC juga akan memperkenalkan startup unggulannya di perhelatan ini

Startup terkemuka yang berpartisipasi dalam TOP100 antara lain Careera (Singapura), Fina Fintech (Laos), Edge Tutor (Filipina), dentall Co. Ltd. (Taiwan), The Mango Jelly (India), PriyoShop (Bangladesh), Talent Hero Ventures (Singapura), dan lainnya.

Meskipun saat ini pendanaan startup melambat di Asia Tenggara, Echelon X hadir pada waktu yang tepat untuk kembali memperkuat ekosistem tersebut. Berdasarkan data dari laporan ‘Singapore Venture Funding Landscape’, startup berbasis Singapura menyumbang 63,7 persen dari seluruh ekuitas di 2023 dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya.

“Sebuah kehormatan bagi kami dapat menyelenggarakan konferensi Echelon setiap tahun,” ujar Mohan Belani, CEO dan Co-Founder e27. “Selama satu dekade terakhir, kami melihat ekosistem teknologi tumbuh secara eksponensial, dengan Echelon menjadi konferensi yang wajib dihadiri bagi seluruh pelaku di industri teknologi dan startup. Kami juga melihat banyak pendiri revolusioner yang memaparkan solusi inovatifnya kepada dunia dan kami antusias untuk melihat perkembangan ekosistem ini kedepannya, terutama dengan pesatnya perkembangan teknologi, munculnya generasi baru pendiri startup, dan dukungan ekosistem yang kuat.”