Anda pengguna Telkomsel pernah mengalami masalah Sinyal Telkomsel Lemah? padahal biasanya baik-baik saja? Datangnya musim hujan disambut gembira oleh masyarakat setelah musim kemarau yang cukup panjang menyebabkan keringnya sumber mata air di berbagai tempat di Indonesia. Curah hujan yang cukup tinggi di sejumlah tempat, tak pelak mengundang pula datangnya musibah seperti pohon tumbang hingga banjir bandang yang menyebabkan putusnya akses transportasi.
Agar dapat berbagi kabar dengan kerabat, banyak orang memanfaatkan sosial media sebagai sarana komunikasi. Namun apa jadinya jika sinyal Telkomsel lemah mendadak saat hujan deras?
Tidak perlu panik, cek dulu penyebab Sinyal Telkomsel lemah serta langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya:
- Restart Perangkat
Menghidupkan ulang atau restart perangkat merupakan cara paling mudah yang bisa kamu lakukan. Ketika ponsel mati dan menyala kembali, perangkat secara otomatis akan menjalankan ulang seluruh proses dari semula. Salah satunya tentu saja adalah proses pencarian jaringan.
Cara ini juga efektif untuk mengatasi berbagai masalah lainnya seperti aplikasi error hingga kinerja perangkat yang mulai terasa melambat.
- Aktifkan Airplane Mode
Kamu dapat menjajal untuk mengaktifkan mode pesawat atau airplane sebagai mode alternatif restart perangkat. Menyalakan ulang perangkat memang memakan waktu yang cukup lama, nah jika kamu menginginkan cara yang yang lebih cepat dapat dengan cara menahan tombol power beberapa saat hingga muncul opsi airplane mode.
Setelah mode tersebut aktif, diamkan selama kurang lebih satu menit, sesudah itu nonaktifkan modenya untuk memancing perangkat untuk menjalankan proses pencarian jaringan dari awal.
- Periksa SIM Card kamu
Bila ponsel yang kamu gunakan mendadak hilang sinyal, tidak ada salahnya untuk mencoba memeriksa terlebih dulu posisi SIM card-nya. Pastikan SIM card sudah terpasang dengan tepat dan benar. Nah jika sudah dipastikan terpasang dengan benar namun kendalanya masih ada, kamu bisa melakukan tes sederhana ini untuk mengetahui apakah SIM Card kamu dalam kondisi masih baik atau bahkan sudah rusak.
Keluarkan kartu USIM dari ponsel lalu tukarlah dengan kartu USIM teman atau keluarga yang juga menggunakan Telkomsel. Jika HPmu dapat menerima sinyal dengan baik, artinya ada kerusakan pada kartu USIMnya. Bawalah kartu USIM tersebut ke Grapari agar dapat dilakukan penggantian dengan nomor yang sama. Agar kartu USIM lebih awet, jangan terlalu sering mencabut pasang kartunya karena dapat menyebabkan chip berwarna emas pada SIM Card jadi rusak tergores.
- Pindahkan SIM Card ke Slot SIM 1
Jika level sinyal yang didapat tidak menunjukkan perubahan sesudah mencoba langkah diatas, kamu bisa mencoba untuk memindahkan letak SIM Card dari slot kedua ke slot pertama. Percobaan seperti ini untuk mengetes apakah kendala slot SIM diakibatkan oleh adanya gangguan pada salah satu slot SIM di HP kamu. Untuk mendapatkan layanan yang lebih maksimal, pastikan kartu Telkomsel kamu diletakkan pada slot pertama.
- Coba di HP lain
Jika kamu masih belum yakin, cara paling gampang untuk mengetahui apakah gangguan sinyal disebabkan oleh operator atau kerusakan pada HP, kamu dapat mencoba memindahkan SIM card kamu ke HP lain.
Kamu juga bisa membandingkan sinyal Telkomsel di HP kamu dengan sinyal Telkomsel yang ada di HP keluarga atau teman yang berada di satu lokasi.
- Periksa APN di HP Kamu
Jika kelima langkah di atas sudah kamu lakukan, namun hasilnya masih nihil kamu bisa coba periksa APN di menu pengaturan HPmu. Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus tahu terlebih dulu apa itu APN.
APN sendiri merupakan singkatan dari Access Point Name yang memiliki peran penting untuk menyambungkan perangkat dengan jaringan internet operator. Pastikan APN di HP kamu sesuai dengan APN resmi dari Telkomsel. Berikut cara memeriksa dan mengubah APN sesuai dengan jenis perangkat yang kamu gunakan:
Android:
- Buka pengaturan (settings) di handphone Android kamu
- Buka pengaturan SIM lalu pilih slot SIM Telkomsel yang kamu gunakan
- Masuk ke Nama Titik Akses atau APN kemudian pilih ikon titik di pojok kanan atas
- Pilih reset APN untuk mengembalikan pengaturan ke posisi semula
- Jika cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa tambahkan APN sendiri dengan memilih ikon +
iPhone:
- Buka pengaturan di iPhone kamu
- Pilih selular
- Pilih jaringan data selular
- Isi APN Telkomsel
Berikut adalah petunjuk mengisi APN Telkomsel sesuai dengan informasi yang diperoleh dari situs resmi sang operator:
Name: Telkomsel 4G
APN: Internet
Proxy: Kosongkan
Port: Kosongkan
Username: Kosongkan
Password: Kosongkan
Server: Kosongkan
MMSC: Kosongkan
MMS Proxy: Kosongkan
MMS Port: Kosongkan
MCC: 510
MNC: 10
Authentication Type: Kosongkan
APN type: default
APN protocol: IPv4
APN roaming protocol: IPv4
Enable/disable APN: APN Enabled
Bearer: Unspecified
MVNO type: (biarkan kosong)
MVNO value: (biarkan kosong)
- Copot case HP kamu
Menggunakan pelindung atau case di HP kamu memang dapat membantu meminimalkan kerusakan akibat benturan atau goresan. Namun jangan lupa jika memakai case yang terlalu tebal, ada kalanya bisa menutup akses sinyal pada HP kamu.
Gantilah case HP kamu dengan bahan yang lebih tipis serta ringan. Hindari menggunakan case dari bahan metal agar sinyal perangkat dapat kembali berfungsi secara normal.
- Periksa Kecepatan data di HP kamu
Meskipun kondisi level sinyal pada HP kamu tampak lemah, selagi kamu masih dapat mengakses internet dengan kecepatan normal, kamu tidak perlu terlalu menghiraukannya. Guna memastikan kecepatan data yang kamu peroleh dalam batasan wajar, kamu dapat menginstal aplikasi speedtest ke HPmu.
Begitu proses instalasi selesai, jalankan aplikasi seperti biasa untuk mengecek kecepatan download dan upload jaringan Telkomsel yang kamu dapatkan saat ini. Jika kecepatan data yang kamu dapatkan lebih dari 3Mbps, kamu bisa tenang sekarang.
- Bawa ke Tempat Servis atau Grapari
Nah jika gangguan sinyal yang kamu alami ternyata disebabkan oleh kerusakan pada perangkat kamu, maka kamu dapat membawanya ke service center merek HP yang kamu gunakan.
Sementara jika kamu curiga masalah sinyal yang terjadi akibat dari kualitas sinyal dari Telkomsel di tempat kamu tinggal, maka kamu dapat melanjutkannya dengan mengunjungi Grapari atau menghubungi 188.
Jika nomor yang kamu gunakan mendadak tidak bisa dipakai sesudah proses migrasi dari kartu Simpati ke Halo, kamu juga bisa melaporkan langsung lewat 188 atau kanal media sosial resmi Telkomsel lainnya di Instagram, Twitter (x), dsb. Ada pula gangguan yang terjadi yang sifatnya jarang seperti nomor tidak bisa melakukan panggilan meski sinyal dalam kondisi baik. Nah ini semua bisa kamu jelaskan masalahnya dengan mendatangi Grapari supaya kamu bisa mendapatkan solusi yang tepat.