Home Gadget Review Galaxy Buds FE : Fitur Pro dengan Harga Terjangkau

Review Galaxy Buds FE : Fitur Pro dengan Harga Terjangkau

Seri Fan Edition atau FE dari Samsung secara konsisten menghadirkan perangkat-perangkat yang menarik secara visual serta tampil dengan performa yang dapat diandalkan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Dengan peluncuran Galaxy Buds FE beberapa waktu lalu, Samsung memperluas jangkauannya di pasar dengan menawarkan earbuds yang lebih ramah di kantong, tetapi tetap memiliki fitur unggulan yang notabene ada di seri yang lebih tinggi.

Dengan harga Rp 1.399.000, Galaxy Buds FE menggandeng semua fitur dan elemen yang diperlukan sebuah earbuds untuk berfungsi dengan optimal. Salah satu fitur yang diunggulkan adalah Active Noise Cancellation (ANC). ANC bukanlah sesuatu yang jarang ditemui pada earbuds/earpiece yang lebih mahal atau premium. Berita baiknya, Galaxy Buds FE menawarkan fitur ini dengan harga yang lebih terjangkau. Bisa dibilang, ini adalah seri Galaxy Buds dengan ANC termurah hingga saat ini.

Desain

Desain casing Galaxy Buds FE identik dengan casing Galaxy Buds lainnya. Dengan lapisan glossy yang menutupi seluruh casing, terlihat premium. Material yang digunakan juga tidak terasa murahan. Beralih ke earbuds, desainnya terasa berbeda dan lebih mencolok. Jika Buds sebelumnya memiliki desain bulat, Galaxy Buds FE menambahkan desain tepi berbentuk sayap atau “winged-tip” yang tak hanya tampil lebih estetis, namun juga memiliki fungsi esensial.

Dengan desain ini, earbuds terasa lebih pas dengan anatomi telinga, membuat Anda tak perlu takut Buds FE akan terlepas saat beraktivitas. Desain “winged-tip” juga membantu menjaga earbuds tetap di tempat saat Anda menyentuhnya untuk mengontrol lagu atau volume. Desain sebelumnya lebih rentan terhadap sentuhan, seringkali membuatnya bergeser atau terlepas.

Ada area sentuh berupa bidang datar yang tidak ada di desain Buds sebelumnya. Ini membuat pengguna lebih mudah membedakan dan menemukan area yang harus disentuh atau tidak, sehingga mengurangi kemungkinan salah sentuh.

Dengan rating IPX2, earbuds ini tahan dari cipratan air. Meskipun bukan earbuds yang bisa digunakan untuk berenang atau mandi di bawah pancuran air, perlindungan IPX2 memberi cukup waktu di kala hujan tiba-tiba turun dan Anda memerlukan waktu beebrapa saat untuk mencari tempat berteduh.

Pairing yang Mudah

Menghubungkan Galaxy Buds FE dengan ponsel sangat mudah, apalagi jika ponsel Anda juga Samsung. Yang harus Anda lakukan hanyalah membuka casingnya untuk pertama kalinya, dan ponsel dan earbuds segera terhubung sebelum muncul pemberitahuan untuk meminta izin untuk menghubungkannya. Dalam waktu 10 detik, semuanya selesai. Untuk menghubungkannya dengan smartphone non Samsung juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengisntal aplikasi Galaxy Wearable Apps dan menemukan apliaksi Galxy Buds Manager

Kualitas Audio

Galaxy Buds FE mampu menghadirkan audio yang jernih bahkan pada volume kencang. Profil suaranya bersih, bassnya cukup baik. Pengguna juga dapat memilih berbagai profil suara dengan menggunakan aplikasi Galaxy Wearable di ponsel, seperti Normal, Bass Boost, Soft, Dynamic, Clear, dan Treble Boost. Profil mana yang terbaik untuk Anda akan bergantung pada selera pribadi.

Salah satu fitur unggulan ayng diturunkan dari seri Buds Pro yang lebih premium adalah ANC yang diklaim Samsung dapat memblokir 98% suara dari luar. Klaim ini tampaknya tidak berlebihan, saat KAmi mencobanya di tengah kafe atau commuter pada siang hari yang sibuk, fitur ANC berhasil mengurangi hampir semua suara sekitar hingga hampir tidak terdengar.

Jika Anda khawatir akan terlalu terisolasi dari lingkungan Anda dari segi suara, ada mode suara ambien (mode yang biasanya hanya ada pada earbuds yang lebih mahal) yang memungkinkan Anda tetap mendengar suara dari luar dengan baik meski sedang bercakap atau emndengarkan musik. Hal ini emmbuat Anda masih dapat mendengar seseorang memanggil Anda atau tetap waspada terhadap sekitar .

Baterai

Samsung mengklaim bahwa Galaxy Buds FE memiliki total waktu mendengarkan musik selama 30 jam (earbuds + casing) ketika ANC dimatikan. Dengan fitur ANC aktif, jumlah itu turun menjadi 21 jam, yang masih cukup baik. Buds FE sendiri menawarkan hingga 9 jam waktu mendengarkan musik, atau 6 jam dengan fungsi ANC aktif. Sementara casing, ketika sepenuhnya terisi, mampu menyediakan 21 jam tambahan.

Untuk pengisian daya, Galaxy Buds FE hanya dapat diisi dengan kabel USB-C. Casingnya tidak mendukung pengisian nirkabel. Ketiadaan pengisian nirkabel tak terlalu signifikan mengingat serta masuk akal mengingat Samsung ingin menjaga harga Buds FE tetap terjangkau .

Kesimpulan

Galaxy Buds FE adalah pilihan yang memuaskan bagi para penggemar musik yang mencari pengalaman audio berkualitas tinggi namun dengan harga terjangkau. Buds ini nyaman saat digunakan, berkat desain earbuds dengan “winged-tip” yang praktis yang membuatnya tetap aman di telinga. Permukaan datar pada earbuds memudahkan pengontrolan musik dan panggilan telepon. Tidak hanya itu, fitur ANC (Active Noise Cancellation) dan kualitas suara ambien yang baik memberikan pengguna fleksibilitas untuk menyesuaikan lingkungan mendengarkan mereka. Secara keseluruhan, Galaxy Buds FE memberikan alternatif pilihan menarik dengan kualitas audio optimal, kenyamanan, dan fleksibilitas dalam mendengarkan musik dan mauppun aktivitas percakapan.