Home Gadget Review OPPO Enco Buds: Earbuds Nge-Bass dengan Koneksi Stabil dan Hemat Daya

Review OPPO Enco Buds: Earbuds Nge-Bass dengan Koneksi Stabil dan Hemat Daya

Pasar earphone nirkabel cukup menarik untuk disimak. Selain jenis dan modelnya makin beragam, harganyapun kian terjangkau. Selain sebagai tandem komunikasi ideal untuk smartphone, kehadiran earphone jenis ini juga mampu menyuguhkan fungsi hiburan terutama musik secara lebih atraktif.

Salah satu brand yang telah menelurkan ragam jenis earphone adalah OPPO. Produk terakhirnya, yaitu OPPO Enco Buds hadir melengkapi varian Enco sebelumnya seperti W11, W51, dan Enco X.

Dilepas secara daring di Shopee dengan harga Rp 599.000, Enco Buds mengunggulkan dentuman bass yang aduhai, daya tahan baterai serta transmisi Bluetooth binaural low-latency yang menjadikan koneksinya lebih cepat dan stabil.

Desain

Sesuai namanya, OPPO Enco Buds memiliki patron desain earbuds dimana terdapat bagian yang masuk ke dalam rongga telinga yang dilindungi ear tip dan bagian head atau kepala yang saat digunakan mengisi ruang di daun telinga bagian dalam. Jika Anda ingat, bentuknya mirip dengan Enco W11 yang meluncur setahun lalu.

Di head bagian luar terdapat area touch control untuk mengoperasikan berbagai fungsi yang didampingi lubang mikropon. Sementara di bagian dalam terdapat dua pin charging untuk mengisi daya melalui case-nya.

OPPO menyertakan 3 ukuran ear tip untuk masing-masing earbuds yaitu S, M, L. Silakan Anda coba mana yang cocok dengan rongga telinga dan lebih nyaman digunakan.

Anda tak akan kesulitan membedakan mana earbuds untuk telinga kanan dan kiri karena masing-masing sudah ditandai dengan huruf L (left = kiri) dan R (right = kanan). Pun saat meletakkannya ke dalam case, Anda juga bisa melihat inisial L dan R di tempatnya masing-masing.

Case Enco Buds berbentuk kapsul dengan bagian membulat di sudut-sudutnya. Case yang juga berfungsi sebagai charging dock ini memiliki port USB tipe C dan lampu indikator.

Jika earbuds berada di dalam case, maka lampu indikator akan menunjukkan level baterai earbuds. Sedangkan jika tanpa earbuds, indikator akan menunjukkan level baterai case. Merah berarti daya lemah, kuning berarti daya medium, dan hijau menunjukkan bahwa daya cukup atau penuh.

OPPO Enco Buds memiliki rating tahan debu dan air IP54. Hal ini berguna saat berada di luar dan membutuhkan peralatan audio yang memungkinkan Anda berkeringat tanpa khawatir rusak. Oh ya, rating ini hanya untuk earbudsnya saja ya, bukan untuk case-nya.

Pairing dan Kontrol

Jika Anda menggunakan Enco Buds untuk pertama kalinya, bukalah case dengan posisi earbuds tetap berada di dalam. Earbuds akan secara otomatis berada dalam mode pairing.

Langkah selanjutnya, nyalakan bluettoth di smartphone Anda dan pilih “OPPO Enco Buds” dan ikuti langkah selanjutnya yang tertera di smartphone. Setelah sukses terhubung, Enco Buds akan secara otomatis melakukan rekoneksi tiap kali bluetooth di smartphone Anda aktif dan earbuds dikeluarkan dari case-nya.

Seperti dijelaskan di atas, Enco Buds memiliki area kontrol di bagian head untuk melakukan sejumlah perintah. Area ini terdapat baik di earbuds sebelah kiri dan kanan sehingga Anda bebas memilih ntuk melakukan tap.

Tap satu kali pada area kontrol akan menjeda (pause) atau memainkan (play ) musik. Sedangkan tap dua kali akan membuat smartphone memainkan track selanjutnya. Dobel tap ini juga bisa Anda gunakan untuk menjawab panggilan masuk.

Yang menarik, jika Anda melakukan tap 3 kali, maka Enco Buds akan masuk ke dalam mode gaming. Hal ini tentu berguna bagi para gamer yang membutuhkan audio dengan latensi lebih rendah sehingga tidak mengalami delay berlebih yang mengurangi kenyamanan saat bermain game.

Performa

OPPO Enco Buds mengadopsi teknologi Bluetooth 5.2, yang mendukung transmisi Bluetooth binaural low-latency. Hal ini mengurangi masalah interferensi sehingga koneksi koneksi yang dibangun menjadi lebih cepat dan stabil. Peralihan otomatis antara earbud kiri dan kanan memungkinkan Anda menggunakan salah satu atau kedua earbud dengan mulus. Saat menggunakan satu earbuds, earbuds lainnya akan terputus atau mati.

Seperti disebut sebelumnya, Enco Buds memiliki mode Game alias mode permainan. Untuk memasuki mode ini, Anda hanya perlu mengetuk touch area sebanyak 3 kali. Mode game sendiri memiliki latensi super-rendah 80 ms3, yang artinya mengurangi delay dan meningkatkan sinkronisasi audio-visual saat bermain game.

Kualitas suara Enco Buds terdengar jernih dengan suara bass yang dalam. Hal ini tak lain karena penggunaan koil bergerak 8 mm. Secara umum, semakin besar ukuran koil bergerak, semakin baik kinerja frekuensi rendah.

OPPO Enco Buds sudah mendukung AAC ( ), protokol transmisi audio definisi tinggi dengan tingkat pengkodean audio tinggi yang mempertahankan lebih banyak detail suara untuk kualitas suara yang lebih baik.

Untuk mengurangi kebisingan, Enco menggunakan algoritma cerdas berbasis model DNN (Deep Neural Nets). Cara kerjanya, suara Anda akan diekstraksi dengan tepat dari kebisingan latar belakang selama panggilan.

Kebisingan latar belakang terutama mengacu pada kebisingan keadaan tunak (steady), yang tingkatnya tidak berubah lebih dari 5 dB di tempat tertentu dan selama waktu tertentu, seperti misalnya kebisingan lalu lintas atau kereta bawah tanah.

Selama panggilan telepon, lawan bicara juga tidak akan mendengar suara latar belakang kita dengan jelas.

Output audio yang bagus tanpa ditunjang daya yang memadai tentu akan mengganggu kenyamanan. OPPO Enco Buds memiliki daya tahan baterai lama hingga 24 jam. Pengisian daya 15 menit memungkinkan Anda memutar musik selama satu jam. Sementara pengisian daya pada level 50% setara dengan 6 jam mendengarkan musik terus menerus. Pengisian penuh earbuds menggunakan case sendiri membutuhkan waktu 2,5 jam.

Kesimpulan

OPPO Enco Buds hadir dengan tawaran fitur yang menarik. Disamping menyediakan koneksi stabil, suara bass yang dihasilkan juga jempolan berkat teknologi koil bergerak 8mm. Dukungan daya baterai yang lama membuat Anda bisa menikmati musik berjam-jam tanpa khawatir harus mengisi daya ulang. Harga yang dipatok cukup terjangkau, apalagi mengingat berbagai kelebihan fitur yang ditawarkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here