Home Apps & Platform Amazon Akuisisi MGM Senilai 120 Triliun

Amazon Akuisisi MGM Senilai 120 Triliun

Amazon mengumumkan telah setuju untuk mengakuisisi seluruh konten milik MGM (Metro Goldwyn Mayer). Nantinya Amazon tidak hanya akan memiliki konten-konten baru, tapi semua konten lama yang pernah diproduksi oleh MGM. Tercatat MGM memiliki 4000 lebih judul film dan 17000 jam acara televisi.

Dengan akuisisi ini, Amazon berharap dapat meningkatkan layanan video sesuai permintaan dari pelanggan. Kesepakatan akuisisi dikabarkan mencapai nilai US$8.45 milyar atau sekitar 120,8 Triliun rupiah.

Amazon saat ini berinvestasi banyak pada hal, salah satu adalah Amazon Studios yang dimaksudkan untuk menciptakan acara dan film. Karya-karya yang dibuat ini nantinya akan ditayangkan di layanan eksklusif milik Amazon yaitu Amazon Prime.
Cara ini merupakan salah satu strategi untuk bersaing dengan layanan seperti Disney+ dan Netflix dalam skala besar. Amazon yakin katalog-katalog yang dimiliki MGM akan memberikan keuntungan untuk Amazon Studio.

“Nilai finansial sebenarnya dibalik perjanjian ini adalah kekayaan dari katalog yang kami rencanakan untuk dibenahi dan dikembangkan bersama dengan tim berbakat MGM. Hal ini sangat menggembirakan dan memberikan banyak kesempatan untuk cerita-cerita dengan kualitas tinggi,” ujar Mike Hopkins, Senior Vice President of Prime Video and Amazon Studios.

Kualitas film-film dan acara televisi buatan MGM tidak diragukan, mereka telah memenangkan 180 Academy Awards dan 100 Emmys. Nantinya film-film yang masuk dalam perjanjian termasuk serial James Bond, Legally Blonde, Poltergeist, Robocop, Rocky, Silence of the Lambs, Tomb Raider, and Creed. Sementara acara televisi yang ikut diantaranya Fargo, The Handmaid’s Tale, dan Vikings.