Home Review Review OPPO Reno5 F: Merangkul Anak Muda, Menyuguhkan Performa

Review OPPO Reno5 F: Merangkul Anak Muda, Menyuguhkan Performa

OPPO kedatangan anggota baru. Setelah Reno5, Reno5 5G, dan Reno5 Avenger Edition yang hadir lebih dulu, OPPO Reno5 F menjadi varian paling anyar melengkapi portofolio Reno5 series.

Menjadi Reno5 series termurah, OPPO Reno5 F sekaligus menggantikan suksesornya OPPO Reno4 F yang meluncur tahun lalu.

Diposisikan sebagai seri Reno paling terjangkau dengan harga Rp 4.299.000, Reno5 F tetap mengupayakan performa sambil mengetengahkan desain yang menarik minat anak muda.

OPPO sendiri menyebut kalau Reno5 F ditujukan untuk pasar anak muda dengan rentang usia 18 – 25 tahun, mahasiswa atau orang yang pertama kali bekerja dan memasuki tahapan lain dalam kehidupan mereka. Lalu, mampukah suguhan fitur dan tampilan Reno5 F memikat mereka?

Desain

Reno5 F yang Kami uji memiliki varian warna Fluid Black. Ada satu lagi skema warna yaitu Fantastic purple yang mirip dengan warna OPPO A92 Aurora Purple yang meluncur kuartal kedua tahun lalu. Dari sisi desain, OPPO Reno5 F tampak menganut bahasa desain yang serupa suksesornya Reno4 F.

Konsep desain OPPO Reno5 F yang disebut Flowing Light Design yang menambahkan kedalaman warna penampang belakang. Selain itu, warna yang ditampilkan akan lebih kontras namun lebih lembut. OPPO menggunakan panel komposit yang menambah tingkat transparansi lebih tinggi sebanding dengan kaca, namun berhasil menampilkan tekstur matte yang kompleks, dalam penampang yang mengilap bebas silau.

Warna abu-abu gelap di bagian atas bergradasi menjadi hitam pekat pada bagian bawah, membentuk kesan tenang dan kuat. Dalam modul kamera terdapat sebuah tulisan dalam lingkaran “AI” yang mengindikasikan perangkat ini membawa kecerdasan buatan pada fitur kamera nya. Sementara, pada sisi samping lingkaran terdapat tulisan “48MP Camera” yang berarti perangkat ini membawa kamera utama 48 megapixel.

Bodi Reno5 F paling ramping di kelasnya. Dengan ketebalan 7.8 mm, bobot yang diusung hanya 172 g. Perangkat ini dibuat dengan memaksimalkan desain terkini, penutup baterainya memiliki desain 3D yang melengkung, menimbulkan kesan tipis dan modern. Penutup baterai ini memiliki tebal 0,55 mm, sedangkan layarnya membuang panas melalui kehadiran pelat grafit setipis 0,1 mm. Resistensi kekuatan OPPO Reno5 F ditingkatkan dengan cara mengoptimalkan komponen motherboard dan memperkuat pelindung komponen struktural.

Sisi kanan layar dihuni oleh tombol power sementara di sisi berseberangan terdapat tombol volume up and down. Hanya ada satu lubang mikropon di bagian atas, kontras dengan bagian bawah yang dihuni oleh grill sepaker, port USB Tipe-C, lubang audio 3,5mm, dan lubang mikropon.

Layar

Layar Reno5 F menggunakan desain single punch-hole dengan lubang kamera terletak di bagian kiri atas. Bentang AMOLED 6,43 inci menghuni mayoritas bagian depan dengan persentase screen-to-body 90,8%.

Sensor sidik jari ditempatkan di bawah layar alias in-Display dengan menggunakan teknologi fingerprint 3.0 yang cukup responsif saat membuka kunci perangkat dengan cepat. Terdapat fitur All-day AI Eye Comfort yang menawarkan lebih dari 4000 tingkat kecerahan untuk mengurangi efek kelelahan mata.

Teknologi Sunlight Screen meningkatkan visibilitas layar dengan jelas pada siang hari bahkan di bawah terik matahari. Moonlight Screen secara otomatis meredupkan layar dengan mengatur kecerahan terendah pada 2 nits guna memberikan pengalaman melihat layar yang lebih nyaman pada malam hari.

AI Backlight secara otomatis menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari dengan mempelajari pola dan kebiasaan pengguna dalam menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara manual di kondisi pencahayaan yang berbeda.

Hardware dan Performa

OPPO Reno5 F menggandeng prosesor MediaTek Helio P95 Octacore yang memiliki 2 kluster. Yang pertama beranggotakan 2 inti ARM Cortex-A75 dengan kecepatan 2.2GHz. Yang kedua 6 ARM Cortex-A55 memiliki speed clock hingga 2.0GHZ. Kinerjanya ditopang dengan RAM LPDDR4X sebesar 8GB dan kapasitas simpan 128GB.

P95 juga dilengkapi dengan AI Enabled NPU untuk memaksimalkan pemrosesan kecerdasan buatan. Kinerja grafisnya ditunjang oleh GPU IMG 9XM-HP8 dengan kecepatan 970 MHz. Juga terdapat fungsi akselerasi saluran ganda WiFI dan 4G agar aliran koneksi data lebih lancar.

Yang menarik, Reno5 F ternyata memiliki sistem pendingin mumpuni yang disebut Multi Cooling System.

Adanya komponen aluminium yang memiliki konduktivitas termal tinggi membuat efisiensi pembuangan panas meningkat sebesar 30%. Sementara itu peletakan berbagai stuktur grafit di sejumlah titik meningkatkan efektivitas pembuangan panas CPU dan chip hard drive.

Pengelolaan panas dilakukan dengan terlebih dahulu membaca dan menganalisis data dari sensor suhu yang terletak pada bagian dalam dan menggunakannya untuk memperkirakan suhu penutup belakang telepon (± 1,5 °C). Perangkat akan menyesuaikan frekuensi CPU dan pengisian daya berdasarkan perkiraan suhu agar dapat mengontrol suhu dengan lebih akurat dan efisien.

Baterai

OPPO Reno5 F kali ini menggunakan baterai 4310mAh dan teknologi pengisian daya 30W VOOC Flash Charge 4.0. Hal ini merupakan peningkatan dari Reno4 F yang memakai baterai 400mAh dengan teknologi pengisian daya hanya 18W.

Pengisian daya 5 menit cukup bagi pengguna untuk menonton YouTube selama 2,9 jam. Sementar dengan sekali pengisian daya, Anda dapat menonton konten video streaming kurag lebih 16 jam.

Selain kemampuan hardware ang ditingkatkan, pengisian daya Reno5 F juga dilengkapi berbagi teknologi. Smart Power Saving menawarkan beberapa model hemat daya untuk menjaga ponsel tetap bertenaga dan beroperasi bahkan pada kondisi kritis. Super Power Saving Mode akan menghemat baterai dengan mengurangi frekuensi CPU, menurunkan kecerahan ponsel dan lainnya, sehingga kondisi baterai 5% dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti menelepon, mengirim SMS, atau menggunakan aplikasi navigasi. Super Nighttime Standby mengidentifikasi dan menyesuaikan dengan rutinitas waktu tidur untuk memastikan baterai hanya berkurang 2%. Selain itu, untuk pengisian daya saat malam hari dan mencegah pengisian daya berlebih, 30W VOOC Flash Charge 4.0 dilengkapi dengan fitur keamanan Battery Guard.

Software

OPPO Reno5 F menggandeng sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11. Selain dioptimasi untuk gaming, OS besutan OPPO sendiri ini juga menawarkan akselerasi sisi produktivitas.

Fitur Nearby Sharing memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen secara cepat dengan pengguna OPPO lain di sekitarnya. Pengguna juga dimungkinkan untuk menangkap tampilan layar dan langsung menerjemahkan kontennya dengan Three-finger Translate yang berkolaborasi dengan Google Lens.

OPPO Reno5 F menawarkan berbagai fitur keamanan dan privasi. Private Safe memberikan solusi bagi pengguna yang sering kehilangan perangkat. Melalui Private Safe, pengguna dapat mengakses HeyTap Cloud untuk mengambil data pribadi mereka dari perangkat yang hilang. Apabila pengguna sering meminjamkan ponsel kepada keluarga dan teman, maka berbagai konten dan aplikasi yang ada dapat dilindungi agar tidak diakses dengan mudah oleh peminjam.

Dengan App Lock, pengguna akan memiliki kontrol penuh atas aplikasi yang dapat atau tidak dapat diakses oleh pengguna lain. Jika perangkat terhubung ke proyektor atau layar TV seringkali hal yang tidak diinginkan muncul pada layar seperti pesan pribadi. Screencast Privacy Shield akan membatasi notifikasi pemberitahuan dan pesan, fitur ini juga dapat memfilter pesan yang tidak boleh ditampilkan pada layar.

System Performance Optimizer merupakan sebuah teknologi pengembangan mandiri OPPO yang menawarkan sepuluh fitur pengoptimalan dan memastikan bahwa ponsel berjalan dengan lancar tanpa lag untuk pemakaian jangka waktu yang lebih lama. Fitur Idle Time Optimizer misalnya, dapat mengenali saat ponsel saat tidak digunakan atau diisi daya, secara otomatis akan mengoptimalkan sumber daya dengan membersihkan sampah, mendefragmentasi penyimpanan, membersihkan memori dan masih banyak lagi.

Saat penyimpanan hampir habis, fitur Storage Optimizer akan memberi tahu pengguna untuk menghapus atau memindahkan data-data ke cloud untuk memberikan ruang kosong. Sementara itu, fitur UI First 3.0 memastikan bahwa aplikasi yang paling banyak digunakan akan diprioritaskan untuk memastikan berjalan pada kinerja optimal.

OPPO tetap menghadirkan fitur Game Focus Mode di Reno5 F yang dapat memblokir berbagai notifikasi termasuk panggilan, gesture, bahkan petunjuk volume di layar. Gaming Shortcut Mode mengurangi waktu yang diperlukan untuk memulai permainan dengan memotong sumber daya latar belakang yang seharusnya perlu dimuat, seperti splash screen yang menampilkan logo studio.

Game Floating Window tidak akan mengganggu gameplay pengguna karena layar diperkecil dan tidak menyebabkan keluar dari permainan. Malah, permainan dapat terus berjalan sebagai floating window saat pengguna mengakses aplikasi lain seperti membalas email. Terakhir, Bullet Screen Message adalah solusi nyaman bagi para mobile gamer yang tidak ingin memblokir notifikasi sepenuhnya. Pesan dari aplikasi yang didukung seperti WhatsApp, Telegram, LINE, Messenger, dan SMS akan bergulir pada layar, sehingga pengguna tidak harus untuk membuka pop-up pesan yang akan mengganggu permainan.

Kamera

OPPO Reno5 F menghadirkan kamera yang memberikan kemampuan untuk mengambil gambar dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, memudahkan pengguna saat merekam berbagai momen spesial dalam hidup mereka.

Kamera utama OPPO Reno5 F didukung 48MP Quad Camera, yang dilengkapi pula dengan kamera sudut lebar 8MP, kamera makro 2MP dan kamera mono 2MP. Selain itu, OPPO melengkapi kamera depannya dengan resolusi 32MP untuk menangkap swafoto lebih baik.

Fitur AI Color Portrait menghadirkan sebuah perspektif baru pada fotografi dan videografi smartphone dengan membuat subjek foto tampak lebih menonjol dengan permainan isolasi warna. AI Color Portrait membuat warna pada latar belakang menjadi hitam dan putih, dan menjaga warna orang atau sekelompok orang di dalam foto atau video tetap tampil alami dengan warna sesungguhnya.

Dynamic Bokeh menambahkan sebuah efek bokeh yang merentangkan cahaya menjadi garis-garis yang bergerak dinamis, sekaligus mengaburkan detail latar belakang. Subjek foto akan dioptimalisasi dengan algoritma low-light HDR dan penyesuaian warna agar tampil menonjol.

AI Beautification 2.0 pada kamera depan menghadirkan fitur kecantikan khusus yang disesuaikan dengan preferensi pengguna lokal di Indonesia dan secara otomatis mendeteksi riasan yang ada seperti lipstik, lalu menampilkan efek yang disesuaikan dengan wajah.

OPPO Reno5 F juga mewarisi fitur fotografi dan videografi yang menjadin ciri khas lini seri Reno belakangan ini, seperti Dual-view Video, Monochrome Video, AI Scene Enhancement, dan Night Flare Portrait. Perangkat ini menawarkan serangkaian fitur yang lebih lengkap bagi pengguna untuk mewujudkan kreativitas melalui foto dan video. Aplikasi penyuntingan video SOLOOP memberi pengguna opsi untuk menyunting video berkualitas tinggi dengan mudah melalui template video dan berbagai fungsi penyuntingan profesional.

Galeri

Kesimpulan

Tidak mudah menyuguhkan produk yang menawarkan harga rasional dengan kinerja bagus dan fitur-fitur menarik. Salah satu yang Kami anggap bisa meramunya dengan pas adalah OPPO Reno5 F. Meski paling terjanglau diantara seri Reno5, bukan berarti Reno5 F tampil ‘pas-pasan’.

Chipset Helio P95 dipadu dengan RAM dan penyimpanan besar layak diadu untuk gaming. Tak perlu risau bodinya akan panas, karena Reno5 F memiliki manajemen temperatur yang bagus.

Begitu juga dengan kameranya. Dibantu AI, Reno5 F menawarkan fitur-fitur atraktif yang menggoda Anda untuk berkreasi lebih lanjut menghasilkan foto-foto yang indah dan unik.

Spesifikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here