Home Laptop/PC Review ASUS ZenBook Flip 13 (UX363), Si Fleksibel yang Serba Bisa

Review ASUS ZenBook Flip 13 (UX363), Si Fleksibel yang Serba Bisa

Sejak pertama kali diperkenalkan, laptop adalah perangkat pertama yang menjanjikan pengalaman pemanfaatan komputasi digital secara portabel. Laptop juga yang pertama kali membuktikan bahwa komputer tidak harus berada diam di atas meja.

Meski telah mengalami banyak sekali evolusi baik dari sisi dimensi perangkat yang kini jauh lebih ringkas serta peningkatan performa yang signifikan, sebagian besar laptop masih menganut desain clamshell seperti nenek moyangnya. Desain clamshell memang masih sangat efektif bahkan untuk laptop modern, namun bukan berarti desain tersebut sempurna.

Sebagai laptop convertible, ZenBook Flip 13 (UX363) hadir dengan layar yang dapat diputar sejauh 360 derajat. Berkat layarnya yang sangat fleksibel, ZenBook Flip S (UX363) dapat digunakan dalam berbagai mode, termasuk mode tablet dan membuat laptop ini digunakan layaknya sebuah kanvas digital.

Agar dapat digunakan secara lebih intuitif, ASUS menghadirkan layar yang telah mendukung penggunaan stylus dengan 4096 pressure level. Melalui fitur terkini tersebut, banyak hal dapat dilakukan oleh para insan kreatif melalui aplikasi yang digunakannya seperti mereplikasi efek tekanan pada kuas saat meluikis secara digital.

Selain dirancang untuk kebutuhan penggunaan profesional, layar ZenBook Flip 13 (UX363) juga dapat menjaga kesehatan mata penggunanya karena telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk flicker free dan low blue light. Artinya, layar ZenBook Flip 13 (UX363) memiliki layar yang minim emisi gelombang cahaya biru dan tidak menghasilkan efek flicker.

Apa efeknya bagi kesehatan? Sertifikasi tersebut menendakan bahwa layar ZenBook Flip 13 (UX363) tidak akan membuat mata penggunanya cepat lelah dan terpapar gelombang cahaya biru yang berlebihan sehingga dapat menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang.

WFH Jadi Lebih Nyaman

Di masa pandemi saat ini, semakin banyak orang yang bergantung pada laptop agar dapat tetap bekerja dari rumah. ZenBook Flip 13 (UX363) memiliki beberapa keunggulan sebagai sebuah laptop penunjang kegiatan work from home (WFH).

Selain dibekali dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dan memiliki mobilitas tinggi berkat desain bodinya yang sangat ringkas, ZenBook Flip 13 (UX363) ternyata juga ditemani oleh dua fitur baru penunjang WFH.

Pertama adalah fitur yang memungkinkan kamera pada ZenBook Flip 13 (UX363) dapat menampilkan gambar lebih baik dan lancar dibandingkan sebelumnya. ASUS menghadirkan teknologi bernama IR camera-tuning yang membuat kamera infra merah pada ZenBook Flip 13 (UX363) dapat menampilkan gambar yang lebih baik.

Kamera infra merah di ZenBook Flip 13 (UX363) juga berguna sebagai fitur keamanan. Didukung oleh fitur Windows Hello, kamera infra merah di ZenBook Flip 13 (UX363) memiliki kemampuan untuk memindai wajah penggunanya secara presisi, bahkan dalam kondisi kurang cahaya.

Sistem pemindaian wajah tersebut membuat ZenBook Flip 13 (UX363) lebih aman karena Anda tidak perlu lagi mengetikkan password yang bisa saja dilihat oleh orang lain.

Kedua, ZenBook Flip 13 (UX363) dilengkapi dengan array microphone yang didukung oleh teknologi AI Noise Cancelling. Fitur ini bisa dikatakan sangat penting jika Anda sering melakukan call conference atau bahkan video conference.

AI Noise Cancelling di ZenBook Flip 13 (UX363) mampu meredam suara bising di latar belakang dan memperjelas suara Anda yang sedang berada di depan laptop. Bagi Anda yang seringkali bekerja di lingkungan yang berisik, fitur ini memang menjadi sangat penting. Kini Anda tidak perlu lagi khawatir sesi conference call terganggu oleh suara berisik di sekitar Anda ketika bekerja.

Lebih Ergonomis

Sama dengan seri ZenBook terbaru lainnya, ZenBook Flip 13 (UX363) dirancang agar penggunanya lebih nyaman ketika menggunakan laptop ini. Selain berkat 360 ErgoLift Hinge yang dapat membuat posisi mengetik menjadi lebih ergonomis, ZenBook Flip 13 (UX363) kali ini juga tampil dengan beragam fitur yang membuat pengalaman penggunaannya lebih nyaman.

Salah satu fotur tersebut adalah fitur Edge-to-Edge Keyboard, yaitu desain keyboard terbaru yang lebih lebar dan memiliki ukuran tombol lebih luas. Fitur ini memaksimalkan ruang yang sangat terbatas pada ZenBook Flip 13 (UX363) agar dapat menghadirkan pengalaman mengetik terbaik.

Menemani keyboard-nya adalah sebuah touchpad dengan ukuran lebih untuk kontrol yang lebih baik. Selain itu, ZenBook Flip 13 (UX363) juga hadir dengan touchpad yang telah dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna ZenBook Flip 13 (UX363) mengubah fungsi touchpad menjadi numpad melalui satu sentuhan saja. Bagi mereka yang sering menggunakan numpad untuk bekerja, ZenBook Flip 13 (UX363) adalah laptop ringkas yang tepat untuk digunakan.

Anti Repot Berkat Konektivitas Lengkap

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ZenBook Flip 13 (UX363) memiliki port lengkap sehingga penggunanya tidak perlu lagi menggunakan dongle. Tidak hanya dua port Thunderbolt 4 USB Type-C, ZenBook Flip 13 (UX363) juga masih dibekali dengan port HDMI dan USB Type-A.

Selain itu, sebagai laptop modern ZenBook Flip 13 (UX363) tentu saja dilengkapi dengan teknologi konektivitas terkini, salah satunya adalah WiFi 6. Teknologi WiFi terbaru tersebut tidak sendirian. Ia ditemani dengan fitur WiFi Smart Connect yang membuat pengalaman menggunakan ZenBook Flip 13 (UX363) semakin mudah dan nyaman.

Fitur WiFi Smart Connect memungkinkan ZenBook Flip 13 (UX363) untuk dapat mendeteksi sinyal WiFi paling optimal yang bisa ditangkap oleh laptop ini. Dari sana, fitur WiFi Smart Connect dapat menghubungkan ZenBook Flip 13 (UX363) secara otomatis ke sumber sinyal (router) yang paling optimal sehingga Anda akan selalu mendapatkan konektivitas terbaik meski sering berpindah tempat.

Performa Terbaik di Kelasnya

ASUS ZenBook Flip 13 (UX363) merupakan salah satu varian ZenBook terbaru yang ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core. Tentu saja dengan prosesor baru, ZenBook Flip 13 (UX363) dipastikan dapat tampil dengan performa lebih baik dari laptop yang masih menggunakan prosesor generasi sebelumnya. Tidak hanya dari sisi performa CPU, ZenBook Flip 13 (UX363) juga memiliki performa grafis yang lebih baik berkat chip grafis terintegrasi Intel Iris Xᵉ Graphics terbaru.

Terlihat dari hasil benchmark, ZenBook Flip 13 (UX363) tampak gesit dan powerful untuk sebuah ultrabook convertible yang sangat ringkas. Kombinasi performa tersebut sangat penting, karena para insan kreatif yang menggunakan laptop ini seringkali menggunakan aplikasi yang tidak hanya membutuhkan performa CPU, tetapi juga performa grafis yang mumpuni.

Berikut adalah hasi benchmark ZenBook Flip 13 (UX363) yang menggunakan CPU Intel Core i7-1165G7 dan IGPU Intel Iris Xᵉ Graphics.

ZenBook Flip 13 (UX363) hadir dengan bodi yang sangat tipis dan ringkas, namun demikian bukan berarti laptop ini tidak dapat menemani penggunanya seharian. ZenBook Flip 13 (UX363) hadir sebagai laptop berlabel Intel EVO Platform, yang artinya laptop ini mampu bekerja secara responsif dan memiliki daya tahan baterai yang panjang.

Dalam pengujian yang telah kami lakukan, ZenBook Flip 13 (UX363) mampu bertahan hingga 15 jam 3 menit menggunakan PCMark Battery Test pada mode Modern Office. Artinya, secara kasar laptop ini sudah mampu menemani penggunanya hingga lebih dari 15 jam untuk bekerja dan menjalankan aplikasi kantoran. Jika Anda bekerja selama 7 hingga 8 jam sehari, maka secara teori laptop ini dapat menemani Anda bekerja hingga dua hari tanpa diisi ulang dayanya.

Sebagai sebuah laptop convertible, ZenBook Flip 13 (UX363) harus memiliki suhu operasional yang rendah agar tetap nyaman digunakan saat pada mode tablet. ASUS berhasil menjawab tantangan tersebut melalui sistem pendingin khusus yang digunakan di ZenBook Flip 13 (UX363). Sistem pendingin tersebut mampu menjaga suhu laptop convertible ini secara stabil pada kisaran 65 hingga 70 derajat Celsius dalam kondisi full load. Hal tersebut membuat ZenBook Flip 13 (UX363) tetap nyaman digunakan di berbagai mode penggunaan.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here