Home Apps & Platform Google Akan Batasi Pelacakan Data dari Aplikasi Pihak Ketiga

Google Akan Batasi Pelacakan Data dari Aplikasi Pihak Ketiga

Dalam beberapa bulan mendatang, Apple akan meminta pengembang aplikasi untuk mengungkapkan dan membuka langkah-langkah pelacakan mereka terhadap data pengguna. Sebuah laporan baru hari ini (5/2) mengatakan bahwa Google juga sedang mempertimbangkan langkah-langkah privasi serupa untuk smartphone Android.

Menurut Bloomberg, Google “sedang mencari alternatif untuk fitur anti-pelacakan baru (seperti yang dilakukan – red) Apple Inc.” Mereka secara khusus berusaha membatasi pengumpulan data dan pelacakan lintas aplikasi seiring dengan makin sadarnya pengguna tentang privasi dan juga sebagai langkah untuk bersaing dengan Apple.

Namun, ada PR yang harus diselesaikan oleh Google, dimana tim Android harus menyeimbangkan bisnis periklanan Google-nya. Laporan hari ini mengatakan upaya ini akan “tidak seketat seperti yang dilakukan Apple” dengan tidak mengharuskan orang untuk ikut serta dalam pelacakan secara eksplisit sebelum dapat terus menggunakan aplikasi.

Android hari ini mempersilakan penggunanya untuk tidak terlibat dalam “Personalisasi Iklan” dengan mengaturnya melalui system preference (Setting app> Privacy> Ads).

Pendekatan Apple untuk pelacakan yang dilakukan aplikasi pihak ketiga di iOS akan diluncurkan musim semi ini dan telah banyak dikritik oleh industri periklanan. Pengguna akhir dapat menolak permintaan “pelacakan” yang diminta oleh aplikasi pihak ketiga , sehingga mereka tidak akan dipapar iklan hasil personalisasi.

Iklan umum yang menggantikannya dinilai kurang menguntungkan. Faktanya, Google malah memberi tahu pengembang bahwa memonetisasi aplikasi dengan iklan untuk mengharapkan dampak yang signifikan terhadap pendapatan mereka.

Google masih dalam “tahap awal” untuk membatasi pelacakan aplikasi pihak ketiga di Android. Mereka masih mencari masukan dari “pemangku kepentingan”, dengan pendekatan yang mungkin meniru Privacy Sandbox dan rencana Chrome untuk mengganti cookie pihak ketiga dengan alternatif yang lebih mementingkan privasi. Misalnya, satu penggantian cookie melibatkan pengiklan yang hanya menargetkan kelompok pengguna dengan minat yang sama, bukan individu.

Bloomberg melaporkan bahwa Google “belum memutuskan kapan, atau apakah, akan melanjutkan perubahan itu”. Juga belum jelas apakah perubahan tersebut akan disertakan di sistem operasi Android 12, atau diluncurkan pada rilis berikutnya.

Background vector created by pikisuperstar – www.freepik.com