Home Smartphone LG Ingin Hengkang dari Bisnis Smartphone?

LG Ingin Hengkang dari Bisnis Smartphone?

LG sedang mempertimbangkan untuk hengkang dari pasar smartphone pada tahun 2021. Setelah kehilangan sekitar $ 4,5 miliar selama lima tahun terakhir, bisnis smartphone LG masih harus berjuang untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Saat ini, CEO LG Kwon Bong-seok telah memberi tahu karyawannya bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan untuk membuat perubahan besar pada bisnis ponsel cerdasnya.

The Korea Herald melaporkan bahwa Kwon Bong-seok mengirimkan memo internal kepada staf pada hari Rabu, mengisyaratkan perubahan arah bisnis telepon LG. “Karena persaingan di pasar global untuk perangkat seluler semakin ketat, sudah saatnya LG membuat penilaian yang tenang dan pilihan terbaik,” kata seorang pejabat LG dalam sebuah pernyataan kepada The Korea Herald. “LG sedang mempertimbangkan semua tindakan yang mungkin, termasuk penjualan, penarikan, dan pengurangan bisnis ponsel cerdas.”

LG mengonfirmasi bahwa memo internal itu asli dalam sebuah pernyataan kepada The Verge, sekaligus mengatakan bahwa belum ada hal yang diputuskan. “Manajemen LG Electronics berkomitmen untuk membuat keputusan apa pun yang diperlukan untuk menyelesaikan tantangan bisnis selulernya pada tahun 2021,” kata juru bicara LG. “Sampai hari ini, belum ada yang diputuskan.”

Memo internal baru ini menyusul laporan, -yang sekarang telah dihapus, dari media Korea TheElec awal bulan ini yang mengklaim bahwa LG berencana untuk keluar dari bisnis smartphone. LG mencap laporan itu “sepenuhnya salah dan tidak berdasar,” dalam sebuah pernyataan kepada Android Police hanya seminggu yang lalu.

LG sebelumnya telah menjanjikan “faktor wow” untuk mencoba dan menarik konsumen dan membuat divisi mobile berkibar kembali. LG telah mencoba berkali-kali dengan seri G7, V40, G8, dan V50 untuk bersaing dengan Samsung dan Huawei, tetapi hal itu belum cukup untuk mendorong pangsa pasarnya ke arah yang benar. Ponsel cerdas Velvet dan Wing, produk etrbaru LG telah mencoba untuk menyuguhkan sesuatu yang baru, tetapi belum diterima dengan baik.

Samsung, Huawei, Xiaomi, Vivo, dan Apple terus mendominasi pengiriman smartphone di seluruh dunia, menurut IDC. LG kini mengalihkan fokusnya ke ponsel Rollable-nya, sebagai upaya untuk membedakannya dari para pesaing. LG telah menampilkan perangkat Rollable di ajang CES (Consumer Electronics Show) minggu lalu, dengan “layar resizable yang unik” yang mengubah dimensi layar ponsel menjadi tablet kecil.

LG telah berjanji bahwa perangkat Rollable-nya nyata dan akan diluncurkan pada tahun 2021, tetapi dengan adanya mempertimbang LG untuk meninjau kembali bisnis seluler, bisa menjadi Rollable akan menjadi ponsel LG terakhir yang akan kita saksikan.

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here