Home Laptop/PC CES 2021: ASUS Perkenalkan Rangkaian Laptop Gaming ROG Baru

CES 2021: ASUS Perkenalkan Rangkaian Laptop Gaming ROG Baru

ASUS mengumumkan jajaran laptop gaming ROG terbaru di ajang CES 2021 yang dilengkapi oleh teknologi dan inovasi terbaru. Dalam acara peluncuran virtual bertemakan For Those Who Dare, ASUS juga memperkenalkan ROG Flow X13 yang merupakan sebuah laptop inovatif yang menggabungkan portabilitas tanpa mengorbankan performa.

Selain itu, ASUS juga memperkenalkan laptop gaming dengan layar ganda terbaru yaitu ROG Zephyrus Duo 15 SE, serta varian terbaru laptop gaming ROG Strix series. Seluruh acara For Those Who Dare juga akan tersedia di ROG Citadel XV, sebuah platform interaktif yang dapat dinikmati oleh gamer dan akan tersedia di Steam.

Sekilas Mengenai ROG Citadel XV

ROG Citadel XV merupakan ekstensi dari seluruh entitas ekosistem hardware dan software ROG yang akan memperkaya pengalaman para gamer. Sambil dipandu oleh Omni Robot, gamer akan dapat mengetahui berbagai teknologi dan fitur terbaru pada produk-produk ROG, termasuk teknologi yang sedang dikembangkan.

Gamer akan diajak berkeliling ke berbagai tempat, salah satunya adalah laboratorium futuristik yang didesain dari tiga pilar utama desain ROG yaitu Vanguard, Fusion, dan Rebel. Gamer juga dapat menikmati game first-person shooter untuk menguji keterampilan dan kecepatan responsnya di ROG Citadel XV kali ini.

ROG Flow X13

ROG Flow X13 merupakan laptop gaming inovatif terbaru yang ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 5980HS serta chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650. Berkat kombinasi CPU dan GPU yang sangat efisien, ROG Flow X13 mampu menemani penggunanya hingga 10 jam menggunakan baterai. Tidak hanya itu, ROG Flow X13 merupakan laptop gaming yang ringkas, ringan, dan sangat portabel, serta dilengkapi dengan fitur USB Power Delivery yang memungkinkan pengisian daya melalui adapter USB Type-C 100W khusus. Berkat adapter tersebut, ROG Flow X13 dapat diisi ulang dayanya dari 0% hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit.

Tidak seperti laptop gaming lainnya, ROG Flow X13 mengusung desain convertible yang memungkinkan layarnya untuk diputar hingga 360 derajat. Dengan demikian, ROG Flow X13 juga dapat tampil sebagai laptop multifungsi. Layarnya menggunakan teknologi touchscreen dengan opsi panel kencang FHD 120Hz atau panel 4K beresolusi tinggi. Keduanya pilihan panel tersebut dilindungi oleh Corning Gorilla glass serta mendukung penggunaan stylus. Layar ROG Flow X13 juga telah mendukung teknologi Adaptive Sync serta mengantongi sertifikasi PANTONE Validated sehingga akurasi dan tingkat reproduksi warnanya sangat terjamin dan dapat diandalkan sebagai laptop untuk content creation.

Dua down-firing speaker juga melengkapi ROG Flow X13. Speaker tersebut ditenagai oleh teknologi Dolby Atmos yang mampu menghadirkan pengalaman audio lebih baik tidak hanya untuk bermain game tetapi juga kegiatan multimedia lainnya. Tidak hanya itu, ROG Flow X13 juga dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancellation yang menawarkan proses komunikasi yang lebih baik ketika bermain game atau bahkan bekerja.

Sistem pendingin pada ROG Flow X13 telah dirancang dan dioptimalkan secara khusus untuk menghadirkan performa tinggi pada bodi laptop yang sangat ringkas. Selain telah menggunakan liquid metal sebagai thermal compound-nya, ROG Flow X13 juga dilengkapi dengan tiga heatsink khusus yang dapat melepaskan panas lebih optimal.

Sistem pendingin tersebut didukung oleh kipas Arc Flow terbaru yang mampu mengalirkan udara 15% lebih baik dari kipas standar dengan tingkat kebisingan yang sama. Untuk memastikan penggunaan tanpa kendala dalam jangka waktu yang panjang, ROG Flow X13 dilengkapi dengan self-cleaning thermal module yang memungkinkan debu dan partikel yang berpotensi menyumbat sistem pendingin untuk dibuang melalui terowongan khusus yang telah terintegrasi dengan modul pendingin utama di ROG Flow X13.

ROG Flow X13 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mendukung ROG XG Mobile, sebuah perangkat GPU eksternal yang ditenagai chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080 terbaru. Ketika dihubungkan dengan ROG XG Mobile, ROG Flow X13 menjadi laptop dengan performa grafis yang sangat kencang.

Berbeda dengan GPU eksternal lainnya yang mengandalkan konektivitas Thunderbolt, ROG XG Mobile menggunakan konektivitas khusus yang memungkinkan GPU eksternal tersebut memiliki jalur koneksi PCIe 8x independen. Konektivitas khusus ini juga membuat ROG XG Mobile mendapatkan bandwidth hingga 63Gbps secara eksklusif tanpa harus membaginya dengan komponen lain. Hal tersebut membuat ROG XG Mobile hadir hampir tanpa menimbulkan pemangkasan performa saat dihubungkan ke ROG Flow X13.

Bukan hanya sekadar berperan sebagai GPU eksternal, ROG XG Mobile juga dilengkapi dengan serangkaian I/O untuk memperkaya pengalaman penggunanya. ROG XG Mobile juga telah dilengkapi dengan adapter terintegrasi dengan daya 280W yang juga dapat berfungsi sebagai adapter untuk ROG Flow X13. ROG XG Mobile merupakan perangkat tambahan paling tepat untuk pengguna ROG Flow X13 yang menginginkan performa grafis terbaik untuk gaming dan content creation.

ROG Zephyrus Duo 15 SE

Sesuai dengan namanya, ROG Zephyrus Duo 15 SE merupakan laptop dengan ScreenPad Plus yang merupakan layar kedua terintegrasi yang dilengkapi dengan banyak fungsi untuk menunjang produktivitas serta meningkatkan pengalaman bermain game.

ScreenPad Plus bukan hanya sekadar layar kedua untuk ROG Zephyrus Duo 15 SE. Layar dengan fitur touchscreen tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai skenario seperti mengontrol aplikasi streaming secara langsung, atau bahkan melihat walkthrogh dan guide sambil bermain game di layar utama. Untuk para content creator, ScreenPad Plus di ROG Zephyrus Duo 15 SE dapat digunakan sebagai kanvas atau bahkan alat kontrol tambahan berkat fittur dukungan integrasi langsung dengan aplikasi kreatif Adobe.

ROG Zephyrus Duo 15 SE kali ini ditenagai oleh prosesor terbaru, yaitu hingga AMD Ryzen 9 5900HX serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080. ROG Zephyrus Duo 15 SE juga hadir dalam dua pilihan layar, yaitu dengan panel FHD 360Hz yang memiliki color gamut sRGB 100% atau panel 4K 120Hz yang memiliki color gamut Adobe RGB 100%. Kedua opsi panel tersebut telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated untuk memastikan tingkat akurasi warna yang tinggi.

ROG Zephyrus Duo 15 SE mengandalkan Active Aerodynamic System Plus (AAS+) yang telah diperbarui sebagai sistem pendinginannya. AAS+ membuat bagian ScreenPad Plus di laptop ini terangkat sehingga mampu menghadirkan rongga udara lebih luas untuk sistem pendinginnya. Kali ini ROG Zephyrus Duo 15 SE dibekali dengan kipas Arc Flow yang mampu menghadirkan aliran udara hingga 13% lebih baik. Tidak hanya itu, penggunaan modul pendingin baru dengan lima heatpipe serta penggunaan liquid metal sebagai thermal compound membuat performa pendinginan ROG Zephyrus Duo 15 SE semakin baik dari generasi sebelumnya.

ROG Strix SCAR 17

Meneruskan tradisi pendahulunya, ROG Strix SCAR terbaru kembali hadir sebagai laptop gaming dengan performa tanpa kompromi. Selain dibekali dengan prosesor hingga AMD Ryzen 9 5900HX dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3080, ROG Strix SCAR 17 kini dapat mengsusung memori DDR4 3200MHz berkapasitas hingga 64GB serta hadir dengan modul pendingin baru yang lebih baik.

Didesain sebagai mesin para gamer esports, ROG Strix SCAR 17 hadir dengan layar paling kencang di kelasnya, yaitu beresolusi FHD yang memiliki refresh rate hingga 360Hz dan response time 3ms. Layarnya juga kali ini memiliki bezel yang lebih tipis agar gaming lebih imersif, serta telah didukung oleh teknologi Adaptive Sync.

Peningkatan dari seri sebelumnya juga terdapat di sistem audio. ROG Strix SCAR 17 terbaru kali ini ditenagai oleh sistem audio Dolby Atmos melalui empat speaker yang dapat menghasilkan detail suara serta efek surround sound lebih baik. Agar komunikasi lebih lancar saat bermain game esports, ROG Strix SCAR 17 kini telah dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancellation yang akan meredam semua suara bising di sekitar penggunannya.

ROG Strix SCAR 17 terbaru juga memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu 90Whrs sehingga dapat digunakan untuk memutar video hingga 12 jam. Sementara dukungan fitur USB Type-C Power Delivery membuat ROG Strix SCAR 17 terbaru kini lebih portabel dan dapat diisi ulang dayanya menggunakan adapter yang lebih ringkas.

Penggunaan keyboard optical mechanical di ROG Strix SCAR 17 terbaru membuat laptop ini semakin dapat diandalkan untuk gaming. Keyboard dengan fitur per-key RGB tersebut tidak hanya memiliki key travel yang lebih dalam, yaitu 1,9mm, tetapi juga sangat responsif. Di sisi lain, trackpad yang ukurannya 85% lebih besar membuat laptop ini tetap nyaman digunakan meski tanpa mouse.

ROG Strix SCAR 17 terbaru memiliki dimensi yang lebih ringkas dibandingkan pendahulunya. Desain barunya kini menampilkan RGB lightbar di bagian depan dan sudut depan, serta di bagian bawah layar. Di sudut bodi ROG Strix SCAR 17 terbaru terdapat hinge caps yang dapat ditukar seperti pada peralatan olahraga profesional.

ROG Strix SCAR 17 terbaru menggunakan modul pendingin baru yang mampu mengoptimalkan performa laptop ini dengan tingkat kebisingan lebih rendah dari generasi sebelumnya. Modul pendingin yang dilengkapi kipas Arc Flow, fitur self-cleaning cooling system, serta penggunaan liquid metal sebagai thermal compound membuat ROG Strix SCAR 17 terbaru lebih dingin dan senyap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here