Home Gadget CES 2021: Airpeak, Drone Pembawa Kamera Video Besutan Sony

CES 2021: Airpeak, Drone Pembawa Kamera Video Besutan Sony

Saat Sony mengeluarkan video teaser Airpeak akhir tahun lalu, tidak banyak detil atau informasi yang bisa didapatkan. Hanya ada gambar siluet yang tidak mengungkapkan wujud nyata dari wahana Sony itu. Yang kita ketahui cuma satu, Sony akan masuk ke bisnis drone.

Nah, dalam ajang CES minggu ini, Sony akhirnya memamerkan dronenya secara lebih utuh.

“Hari ini, kami akan memperkenalkan produk yang mengintegrasikan AI dan robotika,” kata CEO Sony, Kenichiro Yoshida dalam sebuah video di twitter resmi SOny, “ (Drone ini-red) dirancang untuk kreator petualang.”

Drone ini dirancang untuk membawa teknologi pencitraan Sony – khususnya kamera mirrorless seri Alpha. Dan meskipun dimensinya lebih besar dibandingkan dengan drone konsumen yang biasa diproduksi oleh DJI, Sony mengatakan bahwa Airpak akan menyandang status sebagai drone terkecil di pasaran yang bisa membawa kamera.

Bersamaan dengan pengumuman dari Yoshida, Sony juga memposting debut rekaman Airpeak yang sedang beraksi, bersama dengan video yang diambil dengan kamera on-board. Drone ini diterbangkan melewati salju dan berhasil menangkap beberapa rekaman yang indah dan stabil.

Yang juga perlu diperhatikan adalah mobil yang disorot dalam video. Itu adalah Vision-S, sebuah mobil konsep hasil kolaborasi Sony dengan Almotive, yang dikenal sebagai AImotive, perusahaan teknologi kendara otomatis yang paling banyak didanai di Eropa.

Airpeak tampaknya akan bersaing dengan beberapa model pro dimana DJI sudah lebih dulu segmen ini dan juga kategori drone konsumer lainnya. Kebanyakan DJI memakai properti Hasselblad, sedangkan sistem drone Sony ini terlihat seperti desain yang dibuat khusus dan eksklusif. Dari sudut pandang kompatibilitas, ini bisa menjadi bonus tersendiri dari Sony. Meski demikian, Anda bisa menggunakan kamera selain Sony Alpha di Airpeak.

Sony belum mengungkap tanggal rilis dan juga harga, namun diperkirakan Airpeak akan terbang musim musim semi ini.