Home Laptop/PC Review Monitor AOPEN 22CV1Q : Cocok untuk Kerja dan Hiburan di Rumah

Review Monitor AOPEN 22CV1Q : Cocok untuk Kerja dan Hiburan di Rumah

Ketika Anda mencari monitor yang tepat untuk setiap kebutuhan, Anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan merek, spesifikasi menggiurkan dan harga yang tentunya akan saling bersaing. Saat menemukan produk dengan harga terbaik, Anda kemudian akan bertarung dengan keraguan Anda sendiri mengenai merek dan reputasi merek tersebut.

Acer Indonesia mengerti akan hal itu dan memberikan solusi menarik dengan menghadirkan produk monitor harga terjangkau dan kualitas tetap terjaga melalui merek AOPEN. Sekedar menyegarkan kembali ingatan kita, AOPEN dulunya adalah salah satu unit bisnis dari Acer. Kini kita mengenalnya sebagai produsen monitor dengan kualitas apik dan harga relatif terjangkau, baik untuk kebutuhan produktivitas, maupun gaming.

Salah satu produk AOPEN untuk kebutuhan produktivitas adalah AOPEN 22CV1Q yang kini telah ada di meja review kita ini. Menawarkan mekanisme pemasangan kaki yang mudah tanpa membutuhkan alat pertukangan, atau memutar-mutar panel, juga kualitas display yang aman dan nyaman untuk digunakan berlama-lama.

Desain

Sesuai dengan namanya, monitor AOPEN yang kita review kali ini berukuran 22 inci, atau lebih tepatnya memiliki ukuran horisontal 21.5 inci dengan aspect ratio 16:9. Ringan dan kecil sehingga mudah dipindah dan dibawa kemana-mana. Cocok untuk mereka yang memiliki meja kerja sempit, atau cenderung berpindah-pindah saat bekerja mencari inspirasi.

Untuk itu, menurut kami monitor ini akan cocok sebagai layar sekunder bagi laptop, atau layar portabel untuk konsol game, yang membutuhkan fokus yang lebih baik, tapi tetap tidak merepotkan saat dipindah-pindah.

Layaknya monitor kekinian, bagian muka layar memiliki bezel yang cenderung tipis. Ukurannya hampir seragam, antara bezel di sisi kanan-kiri dan bagian atas dengan bezel bagian bawah. Bagian bawah ini hanya sedikit saja lebih lebar untuk meletakkan logo AOPEN.

Di bagian belakang, kita menemukan mounting VESA ukuran 75 x 75 mm. Akan berguna sekali jika Anda berniat menempelkan monitor ini di dinding. Lalu, masih di bagian belakang, kita juga menemukan sejumlah Input, yakni VGA, HDMI 1.4 dan power. Masing-masing hanya disediakan satu saja.

Sementara untuk panel kontrol monitor ini diletakkan di bagian bawah. Terdiri dari 5 tombol, yang masing-masing digunakan untuk kembali ke menu utama, berpindah mode ke sumber gambar (VGA atau HDMI), pengaturan kontras, pengaturan kecerahan dan satu tombol multifungsi (ON/OFF, action dan sebagainya).

Tidak ada tulisan di tombol-tombol tersebut, karena akan lebih banyak tidak terlihat. Jadi Anda akan mempelajarinya dengan meraba dan mencoba menekannya sendiri.

Beralih ke bagian kaki, atau stand. Kaki monitor ini terbuat dari bahan plastik yang lebih keras dari bagian bezel, dengan warna yang lebih doff dan tekstur yang dibuat lebih kasar. Cara memasangnya mudah, hanya menyambungkan bagian tatakan dan arm yang menempel pada monitor dengan satu ekstensi. Seperti lego, kita hanya mencari bagian yang tepat untuk langsung terhubung dan menempel aman. Tidak dibutuhkan sekrup, paku atau lem.

Panel Layar dan Resolusi

AOPEN 22CV1Q membawa panel VA yang merupakan solusi alternatif untuk tampilan cemerlang, dengan performa yang maksimal di harga minimal. Dulu mungkin Anda sering mendengar bahwa VA lemah di sisi kecepatan response. Tapi sejalan dengan perkembangan teknologi, panel layar model ini pun bisa bersaing.

Terbukti di AOPEN 22CV1Q ini kita mendapatkan response time yang mumpuni untuk bermain game via konsol, semisal PS4 dan Xbox One, yakni 5ms. Bahkan untuk bermain game via Laptop dan PC pun, response time segini masih “dapet”.

Ditambah dengan refresh rate monitor mencapai 75Hz, kita bisa merasakan gerakan pada layar yang jauh lebih halus dari monitor standar hingga 25%. Bukan kaleng-kaleng kan?

Jika kita tidak melupakan sifat-sifat panel VA lain yang memiliki nilai kontras paling baik jika dibandingkan dengan panel layar lain yang masih menggunakan TFT LCD, semisal IPS dan TN, maka kita bisa berharap banyak pada performa tampilan AOPEN 22CV1Q ini.

Rasio kontras monitor ini mencapai 3000:1 dengan kecerahan yang memuaskan di angka 250 nits. Kita dapat membedakan area gelap dan terang dengan lebih baik dan warna pun akan tampil sedikit lebih mencolok sebagai imbas dari spesifikasi ini.

Ukuran layar 21,5 inci mungkin bukan untuk semua orang. Tapi jika ukuran segini adalah apa yang Anda butuhkan, maka AOPEN 22CV1Q ini bisa dijadikan pilihan saat Anda mencari monitor baru. Mungkin untuk mengisi kegiatan Anda WFH atau SFH saat pandemi ini? atau sekedar RFH alias rebahan from home barangkali?

Membawa resolusi FHD dalam ratio 16:9 atau 1920 x 1080 pixel, 22CV1Q merupakan monitor yang bisa diandalkan untuk menayangkan konten-konten multimedia kekinian, bahkan bermain game dengan tingkat kepadatan yang masih menjadi standar umum saat ini.

Menariknya AOPEN juga menyertakan teknologi Flickerless di 22CV1Q ini. Teknologi tersebut mampu menghilangkan kedipan layar yang berbahaya bagi mata manusia, terutama mereka yang intens menatap layar monitor dalam waktu lama. Seperti yang Anda ketahui bahwa upaya kedipan layar yang konstan akan membuat mata merasa tegang hingga merusak secara perlahan dan membuat tidak nyaman.

Garansi Panjang untuk Sparepart dan Service

Satu lagi nih yang membuat AOPEN layak untuk dilirik. Yaitu pada kesiapan jaringan Service Center yang tersebar di seluruh Indonesia dan Timor Leste, karena didukung oleh Acer Customer Service Center yang tersedia di 104 titik, 84 kota, 34 provisi di seluruh Indonesia dan 2 di Timor Leste.

Pengguna memperoleh garansi anti khawatir 3 tahun untuk pergantian sparepart dan service. Jadi jangan khawatir, karena mungkin Anda baru mendengar nama AOPEN seperti teman saya, karena sejatinya produk ini adalah produk ACER INDONESIA.

Harga

AOPEN 22CV1Q dijual dengan harga Rp 1.290.000 dan bisa didapatkan secara online di Acer eStore, ataupun Acer Official Store di sejumlah eCommerce.

Spesifikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here