Home Apps & Platform Cara Mudah Cek Hoaks di WhatsApp

Cara Mudah Cek Hoaks di WhatsApp

Literasi Digital untuk tangkal Hoax covid-19
Literasi Digital untuk tangkal Hoax covid-19

Hoaks adalah masalah besar yang harus diatasi bersama. Meski terlihat sederhana, penyebaran berita bohong bisa menimbulkan keresahan, bahkan berpotensi menimbulkan konflik horisontal di kalangan masyarakat.

Selain melalui ruang-ruang digital yang bersifat publik seperti Facebook, blog, Twitter, maupun media sosial lain, hoaks juga turut menyebar melalui jalur yang lebih privat seperti whatsapp. Sifatnya yang berupa percakapan dua arah dengan interaksi tidak serta merta membuat berita bohong di whatsApp tersendat penyebarannya. Faktor ikatan emosi dan tidak adanya niat untuk melakukan cek dan ricek terlebih dahulu sebelum meneruskan info malah membuat berita hoaks lebih cepat tersebar melalui aplikasi perpesanan milik Facebook tersebut.

Lalu bagaimana kita bisa mengecek kebenaran suatu berita di WhatsApp?

Cek Hoaks memakai Chatbot MAFINDO Kalimasada

Adalah Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO), sebuah organisasi yang fokus memverifikasi berita-berita yang beredar di berbagai media termasuk media sosial dan aplikasi perpesanan seperti WhastApp. Setelah dicek, mereka akan melabeli sebuah info, apakah valid atau hoaks.

Mereka berinisiatif meneydiakan sebuah nomor WhatsApp yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan fakta. Chatbot MAFINDO Kalimasada ini dikembangkan dengan dukungan finansial dari WhatsApp.

Cara menggunakan chatbot untuk Mengecek fakta

  • Tambahkan nomor MAFINDO 0859-2160-0500 ke kontak WhatsApp kemudian simpan dengan nama yang mudah diingat misalnya CHATBOT MAFINDO CEK HOAKS
  • Mulailah percakapan dengan chatbot tersebut di WhatsApp, misalnya dengan mengetikkan “Halo”
  • Chatbot MAFINDO kemudian akan merespon dengan menampilkan ucapan selamat datang dan menampilkan sejumlah menu yaitu
  1. Periksa hoaks
  2. Cek Fakta Terbaru
  3. Tips & Trik untuk Melawan Hoaks
  4. Tentang Kami
  5. Privasi
  • Jika Anda ingin memeriksa kebenaran sebuah info yang beredar di whatsapp. Ketik angka 1 kemudian tekan “enter”
  • Anda bisa langsung memforward pesan info yang akan dicek ke chatbot ini. Alternatifnya, Anda bisa mengetikkan keyword atau kata kunci yang ingin Anda periksa. Misalnya jika Anda menemukan info tentang kerusuhan di sebuah daerah, maka ketik kata “kerusuhan”
  • Chatbot kemudian akan menampilkan 5 berita terakhir terkait dengan info yang Anda forward atau keyword yang Anda masukkan, lengkap dengan status verifikasinya seperti false context, misleading content, fabricated content, manipulated content, dan lain sebagainya.
  • Untuk kembali ke menu utama, ketikkan angka 0 .
  • Ingin melihat fakta-fakta terbaru, silakan ketik angka 2 dan tekan enter untuk mengirimnya. Maka Anda akan disuguhi 5 fakta terbaru hasil verifikasi MAFINDO.
  • Menu angka 3 dapat Anda akses untuk mengetahui tips trik melawan hoaks, sedangkan di menu 4 Anda bisa mengetahui tentang latar belakang MAFINDO.

Nah, kini Anda sudah bisa mengecek hoaks tanpa harus meninggalkan aplikais WhatsApp. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here