Home Review Review Samsung Galaxy Tab A7 2020: Layar Lega untuk Aktivitas dan Hiburan...

Review Samsung Galaxy Tab A7 2020: Layar Lega untuk Aktivitas dan Hiburan di Rumah


Tak seperti smartphone yang tiap bulan muncul model baru, tablet termasuk perangkat yang jarang diupdate. Alasannya sederhana, Anda tidak sering mengganti tablet sesering mengganti smartphone.

Namun dengan semakin banyak orang yang bekerja dari rumah dan anak-anak yang belajar secara daring, popularitas tablet perlahan kembali menanjak.

Fleksibilitas seperti smartphone dipadu dengan layar lega seluas laptop menjadikan tablet bisa dijadikan pilihan baik untuk aktivitas online atau hiburan.

Ditilik dari sisi harga, Samsung Galaxy Tab A7 versi 2020 yang dibanderol Rp4.999.000 ini tak lebih mahal dari smartphone kelas menengah kebanyakan. Sekilas tampilan elegannya akan segera menarik perhatian. Lalu, bagaimana dengan kinerja dan fiturnya?

Desain

Oke, sebelum lanjut soal desain, perlu Anda pahami bahwa Kita akan mereview desain Tab A7 2020 ini dalam posisi landscape. Artinya, bagian tab yang lebih panjang akan berada di posisi horisontal. Hal ini juga selaras dengan pernyataan Samung yang menyebut bahwa tablet ini dioptimalisasi untuk digunakan melebar.

Desain Galaxy Tab A7 minimalis, bagian belakangnya nyaris monoton andai tak ada list berwarna sedikit lebih gelap dan modul kamera tunggal di bodi sebelah atas. Unit yang kami review kebetulan berwarna abu-abu dengan finisihing doff, memancarkan kesan tenang dan elegan.

Tebal tablet ini hanya 7mm dengan bobot 476 gram. Selain abu-abu, Samsung juga menyediakan pilihan warna perak dan emas untuk Tab A7 2020 ini. Layar dengan bentang 10,4 inci dikelilingi oleh bezel yang cukup lebar. Namun hal itu tak menjadi masalah karena memang tablet memerlukan area bezel yang lebih luas untuk sandaran jari dibanding smartphone yang bisa digenggam di telapak tangan tanpa mengganggu layar.

Kamera depan kini diletakkan di tengah-tengah bagian atas. Hal ini lebih memudahkan Kita untuk melakukan video meeting yang biasanya menggunakan posisi landscape. Tak ada pemindai sidik jari. Sebagai gantinya, Tab A7 menggunakan teknologi pengenalan wajah sebagai pengaman.

Empat gril speaker diletakkan secara simetris, Masih-masing dua di sisi kanan dan dua lagi di sebelah kiri. Di bagian atas akan Anda temukan tombol power, volume, dan lubang speaker. Sedangkan di bagian bawah hanya dihuni baki yang bisa menampung satu kartu SIM dan satu kartu microSD saja.

Port USB terletak di tengah-tengah sisi bagian kanan dan ditemani dengan satu lagi lubang mikropon.

Terakhir, ada port audio 3,5mm di sisi kanan bawah. Jangan salah kira sebagai lubang S-Pen ya, karena Tab A7 tidak dilengkapi oleh pensil digital khas Samsung tersebut.

Untuk beberapa alasan, Kami merasa nyaman saat menggunakan Tab A7 untuk membaca artikel-artikel panjang atau menonton konten berdurasi panjang.

Bobotnya yang ringan dipadu dengan bodinya yang tipis namun kokoh membuatnya nyaman digenggam walau sesekali dengan satu tangan. Dalam hal portabilitas dan kemudahan penggunaan, saat ini tablet lebih unggul dibanding laptop.

Layar

Tab A7 mengadopsi bentang layar 10,4 inci 2000 x 1200 piksel. Bahannya memang bukan AMOLED seperti kepunyaan Tab S7, melainkan panel LCD biasa. Bisa dimengerti mengingat selisih harga yang cukup jauh diantara keduanya.

Meski begitu, tampilan layar A7 tetap terang dan menampilkan grafis dengan detil. Kami mencoba menonton film di layanan streaming film selama kurang lebih dua jam, dan tak ada komplain sama sekali soal performa layar.

Seperti biasa, Anda bisa melakukan pengaturan brightness secara manual atau otomatis tergantung kondisi cahaya lingkungan. Juga tersedia 2 pengaturan dark mode yaitu mode light dan mode dark.

Kamera

Kamera utama 8MP di belakang dan kamera 5MP mungkin terasa agak ketinggalan dibanding spesifikasi kamera yang diusung smartphone kekinian. Namun menilik fungsi fotografi yang tidak terlalu signifikan di tablet , Kami rasa hal tersebut sah-sah saja. Panggilan Zoom dengan kamera depan berjalan lancar. saja, bahkan lebih baik dibanding kamera laptop kelas menengah.

Kamera belakang tergolong biasa namun sudah memiliki fitur live focus, timelapse, mode makanan hingga hyperlapse.

Tampilan Google Lens

Ada sedikit saran jika Anda hendak mengoptimalkan kamera belakang. Installah Google Lens dari Play Store kemudian jalankan. Dalam sekejap kamera Tab A7 tak hanya alat untuk memfoto obyek, namun juga bisa menjadi alat penterjemah, mengkopi teks dari gambar, melakuan pencarian, belanja, bahkan menemukan restoran berdasarkan hidangan yang Anda foto!

Galeri Hasil Foto

Audio

Samsung mengambil langkah jitu dengan menyuguhkan quad speaker di Tab A7. Seperti dijelaskan di atas, Anda akan menemukan empat speaker masing-masing dua di bagian kanan dan dua di bagian kiri. Suaranya keras namun tidak pecah. Anda bahkan masih bisa mendengarkan musik dari ruangan lain.

Takjub juga dengan kualitas suaranya karena sepanjang Kami melakukan review, belum pernah menemukan satu tabletpun di kisaran harga empat jutaan yang mengeluarkan suara sekuat ini.

Dalam skenario PJJ (pembelajaran jarak jauh), quad speaker Tab A7 membuat anak-anak bisa dengan jelas mendengar arahan dari guru , begitu juga Anda saat meeting.

Kalaupun memerlukan privasi atau butuh konsentrasi, Samsung menyediakan headphone dengan kabel 120cm. Jadi Anda masih bisa bebas bergerak saat memakai headphone tanpa khawatir tak sengaja menyeret Tab karena kabelnya cukup panjang.

Performa dan Baterai

Galaxy Tab A7 dibekali dengan chipset Snapdragon 662 dengan proses manufaktur 11nm. Chipset ini masuk kategori kelas menengah yang terdiri 8 inti dimana kluster pertama berisi empat inti dengan clock speed 2,02GHz untuk pekerjaan komputasi berat, dan kluster kedua yang juga dihuni empat inti dengan clock speed 1,8GHZ yang digunakan saat untuk melakukan pekerjaan yang lebih ringan dengan tujuan untuk menghemat daya.

Di atas kertas chipset ini cukup untuk melakukan pekerjaan rutin seperti membuka dan mengedit tugas di Google Docs, meeting dengan Zoom atau Google Meet, browsing, chatting maupun video call, atau menonton YouTube.

Hasil Benchmark menggunakan apliaksi Geekbench 5

Saat pengujian, Kami membuka beberapa aplikasi produktivitas dan komunikasi yang sering dipakai sehari-hari seperti email, Google Docs, Whatsapp, dan Instagram, serta membuka game yang saat ini tengah populer, Among Us.

Hasilnya, Kami tak menemukan masalah berarti dengan Tab A7. Bahkan untuk pekerjaan berbasis teks bisa dilakukan dengan cepat. Begitu juga saat bermain-main dengan aplikasi foto editor gambar seperti Snapseed, tak ada hambatan berarti.

Galaxy Tab A7 hanya mempunyai memori internal 32GB dengan RAM 3GB. Anda bisa menambah kapasitas penyimpanannya melalui slot micro SD.

Galaxy Tab A7 memiliki kapasitas baterai besar 7040mAh dengan dukungan pengisian cepat hingga 15W. Namun charger yang disertakan dalam paket hanya berkapasitas 7.8W. Alhasil Anda harus membeli charger 15W secara terpisah.

Galaxy Tab A7 menjalankan OneUI 2.1 berbasis Android 10. Antarmuka dirancang dengan baik, terasa ringan.

Galaxy Tab A7 tidak memiliki dukungan S Pen dan mode DeX. Tab A7 juga tidak kompatibel dengan keyboard magnetik snap-on milik Tab S7. Namun ia kompatibel dengan banyak keyboard wireless yang beredar di pasaran. Anda dapat membagi layar untuk berbagai aplikasi atau menambah beberapa akun pengguna di Galaxy Tab A7. Dengan cara ini seluruh keluarga dapat menggunakan Tab A7 dan menyesuaikan tablet seperti yang mereka inginkan.

Kesimpulan

Hal yang menonjol dari Samsung Galaxy Tab A7 2020 adalah keseimbangan antara fungsi, fitur, dan harga.

Meskipun Galaxy Tab A7 dipasarkan sebagai tablet multimedia, ia juga bisa menjadi perangkat yang handal untuk pekerjaan online sehari-hari. Anda juga bisa menggunakan tablet sebagai alat pembelajaran jarak jauh bagi putra-putri tercinta.

Saat dibutuhkan, Anda juga bisa menulis email atau mengedit tugas di Google Docs. Saat santai, fungsi hiburannya pun cukup memuaskan dengan layar lega 10,4 inci, apalagi gelegar audionya yang kencang tapi tetap jernih.

Intinya, tablet ini dapat digunakan oleh semua anggota keluarga baik untuk belajar, bekerja ringan, maupun hiburan. Apalagi jika diingat, Tab A7 tak lebih mahal dari smartphone kelas menengah kebanyakan lho!

Yang Ada di Dalam Boks

Anda akan menemukan headphone, kabel USB type C, dan charger dengan pengisian daya 7,8 Watt. Oh ya tentu saja dengan tablet Galaxy A7-nya. Juga disertakan quick guide dan jarum untuk membuka slot kartu SIM.

Spesifikasi


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here