Home News Huawei Mate 40 Pro: Spesifikasi Tetap Canggih Walau Tanpa Google

Huawei Mate 40 Pro: Spesifikasi Tetap Canggih Walau Tanpa Google

Huawei akan memperkenalkan smartphone premium terbarunya, Mate 40 Pro minggu depan. Situs Winfuture telah memiliki gambar-gambar resmi dan sebagian besar spesifikasi dari smartphone besutan vendor Cina yang bisnisnya sedang gonjang-ganjing akibat embargo AS ini.

Layar dan Sensor Sidik Jari

Huawei Mate 40 Pro varian white

Huawei Mate 40 Pro memiliki layar OLED 6,76 inci dengan resolusi 2772×1344 piksel dan kerapatan piksel mencapai 456 ppi. Belum diketahui berapa refresh rate layarnya.

Dari gambar, terlihat sisi panel layarnya melengkung ke samping hingga belakang bagian tepinya, sehingga terkesan Mate 40 Pro ini seperti tanpa bingkai saat dilihat dari depan. Pembaca sidik jari optik yang dapat membuka kunci smartphone dengan cepat dan andal, dilatekkan tepat di bawah permukaan layar.

Chipset Kirin 9000

Huawei Mate 40 Pro varian white

Huawi Mate 40 Pro memakai chipset Kirin 9000 yang diproduksi menggunakan proses 5nm dan dilengkapi modem 5G.

Huawei HiSilicon Kirin 9000 adalah System on Chip (SoC) high-end terbaru yang diproduksi oleh TSMC sebelum embargo AS berlaku untuk Huawei. Chip tersebut menawarkan total delapan inti, empat di antaranya menggunakan arsitektur ARM Cortex-A55 dan bekerja clock speed 2,04 gigahertz.

Tiga core high-end lainnya menggunakan arsitektur ARM Cortex-A77 dan menawarkan kecepatan clock maksimum 2,54 GHz. Satu lagi core Cortex-A77 dengan clock speed 3,13 gigahertz. Kombinasi ini menawarkan kinerja yang lebih dari cukup untuk menyalip Snapdragon 865 Plus saat ini dengan clock rate serupa.

Selain memiliki inti CPU yang buas, chipset Kirin 8000 juga berisi chip pengolah grafis ARM Mali-G78, neural processing engine atau mesin pengolah kecerdasan khas Huawei, dan modem 5G terintegrasi. Kirin 9000 juga merupakan SoC pertama dari Huawei yang diproduksi melalui proses 5 nanometer yang berarti menawarkan struktur yang lebih pepat dari pendahulunya.

Huawei hanya menjual satu versi Mate 40 Pro di Eropa dengan RAM 8GB dan memori flash internal 256 GB berbasis UFS 3.1. Di Cina, Mate 40 memiliki varian RAM 12GB.┬áSelain itu, Huawei juga merencanakan edisi khusus termasuk varian Mate 40 RS dan model “Pro +”, yang berbeda desain dan modul kameranya.

Sistem Tiga Kamera

Berbicara tentang kamera: Huawei Mate 40 Pro mengandalkan kombinasi tiga kamera yang sangat kuat dengan optimalisasi khusus dari Leica. Selain itu, mereka juga menggunakan sistem autofokus baru yang menggabungkan teknologi autofokus laser dengan sensor kamera tambahan jenis baru, yang juga berfungsi sebagai semacam penolong fokus otomatis.

Selain lampu kilat LED individu, ada juga sensor suhu warna yang akan membantu Mate 40 Pro untuk selalu menghasilkan warna yang realistis.

Tiga sensor utama dari Hauwei Mate 40 Pro terdiri dari sensor 50 megapiksel dengan aperture F / 1.9 dan penstabil gambar optik, sensor 20 megapiksel untuk bidikan sudut ultra lebar dengan aperture F / 1.8 dan zoom. Kemudian ada kamera dengan resolusi 12 megapiksel dan ukuran aperture maksimum F / 3.4.

Sistem kerja ketiganya mampu merekam video 8K dan menawarkan pembesaran fisik 5x untuk perekaman dengan zoom.

Di modul berbentuk pil di layar bagian depan, Huawei Mate 40 Pro meneymatkan kamera 13 megapiksel dengan aperture F / 2.4, yang dibekali dengan sensor 3D. Dengan konfigurasi seperti ini, Mate 40 Pro dapat dikenalikan melalui gerakan, mirip dengan yang sudah ada di di pernagkat sebelumnya. Yang harus dilakukan pengguna hanyalah menggerakkan tangannya mengambang di depan layar untuk berinteraksi dengan Mate 40 Pro.

Pengisian Daya Cepat 65 Watt

Huawei Mate 40 Pro versi Eropa memiliki baterai 4400mAh yang dilengkapi dengan adaptor daya SuperCharge baru, yang terhubung ke perangkat melalui port USB Type-C (3.1 Gen 1) dan memberikan daya pengisian maksimum hingga 65 watt. Teknologi pengisian ini juga meneydiakan opsi pengisian balik untuk mengisi daya aksesori nirkabel seperti Huawei FreeBuds.

Android 10 Tanpa Aplikasi dan Layanan Google

Mate 40 Pro juga menyediakan fitur lain seperti slot NanoMemory untuk kartu memori khusus Huawei, Bluetooth 5.2, NFC dan dukungan WiFi 6. Smartphone dengan lebar 75,5 milimeter dan panjang 162,9 milimeter ini memiliki tebal 9,1 milimeter dengan bobot 212 gram.

Seperti diketahui, Huawei berada di bawah tekanan akibat sanksi AS, karena itu meskipun Mate 40 Pro masih berjalan menggunakan antarmuka EMUI 11.x berbasis sistem operasi Android 10, namun didalamnya tidak menggunakan layanan dan aplikasi Google. Hauwei menggantinya dengan Huawei Mobile Services (HMS).

Di Eropa Mate 40 Pro ditawarkan dalam warna hitam dan perak. Kemungkinan ada warna lain untuk pasar China. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga dan ketersediaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here