Home News Seri iPhone 12 Baru: Desain Retro, 5G Tanpa Charger

Seri iPhone 12 Baru: Desain Retro, 5G Tanpa Charger

Hari ini, Apple mengumumkan keluarga iPhone 12 yang terdiri dari iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Keempatnya hadir dengan kemampuan nirkabel 5G. Dengan alasan untuk mengurangi limbah, iPhone baru kali ini hanya menyertakan kabel lightning-to-USB-C di dalam paket penjualan, tanpa headphone dan kepala charger.

Desain dan Layar

Masing-masing ponsel dilapisi logam dan kaca dengan sisi datar dengan desain retro yang sangat mirip dengan iPhone 4. iPhone 12 dan 12 Mini terbuat dari aluminium, sedangkan Pro dan Pro Max terbuat dari baja tahan karat.

IPhone 12 memiliki layar 6,1 inci, sama dengan iPhone 11. Meski demikian bodi 15 persen lebih kecil, 11 persen lebih tipis, dan 16 persen lebih ringan dari iPhone 11 tahun yang diluncurkan tahun lalu.

iPhone 12 mini hadir sebagai keluarga iPhone 12 terkecil dengan layar 5,4 inci. iPhone 12 Pro berukuran 6,1 inci, dan 12 Pro Max berukuran 6,7 inci.

Semuanya memakai layar OLED 60Hz yang dilapisi dengan bahan pelindung layar baru “Ceramic Shield” besutan Corning. Apple mengklaim lapisan ini lebih tangguh dari kaca smartphone lainnya.

5G, Bionic A14, MagSafe

seri iPhone 12 menjadi smartphone Apple pertama yang mengadopsi konektivitas 5G. Apple mengatakan telah merancang antena 5G dan komponen radio khusus untuk iPhone 12 sehingga mampu berjalan di berbagai band 5G. Ponsel ini juga menyertakan “smart data mode” yang dapat beralih antara 5G dan LTE tergantung pada kecepatan yang Anda butuhkan, yang akan menghemat baterai.

Rangkaian iPhone 12 hadir dengan chip Apple baru, A14 Bionic, yang memulai debutnya di iPad Air paling anyar. A14 adalah chip pertama Apple yang dibangun dengan proses 5nm. A14 berisi enam inti, terdiri dari dua inti berkinerja tinggi dan empat inti berefisiensi tinggi. Ada juga GPU empat inti dan machine learing yang diklaim 80 persen lebih cepat. Apple mengatakan bahwa A14 50 persen lebih cepat dibandingkan chip Android terkemuka.

Salah satu kejutan yang dibawa Apple kali ini adalah penggunaan kembali MagSafe. Apple menggabungkan bantalan pengisi daya nirkabel (yang masih kompatibel dengan Qi) dengan magnet, sehingga pengisi daya nirkabel 15W terpasang dengan aman ke bagian belakang telepon. Penambahan magnet akan membantu penempatan pengisian daya agar lebih pas.

Desain seperti ini juga memunculkan berbagai asesories baru yang bisa menempel langsung di bodi iPhone 12 seperti wallet, case, disampin charger MagSafe itu sendiri.

Kamera

iPhone 12 Mini dan iPhone 12 memiliki dual kamera 12MP, yang terdiri dari sebuah kamera utama dan satu lensa ultra-wide. iPhone 12 Pro menambahkan zoom optik 12MP 2x, dan 12 Pro Max memiliki zoom 2.5x.

Model Pro memiliki Lidar, sama seperti iPad Pro 2020. Selain bermanfaat sebagai alat augmented reality untuk pemindaian 3D biasa, Lidar juga digunakan sebagai autofokus laser untuk kamera dan dapat digunakan untuk mengukur kedalaman kamera dalam cahaya rendah.

Spesifikasi Lain

Spesifikasi lainnya termasuk Wi-Fi 6, NFC untuk Apple Pay, sertifikasi tahan air IP68, dan Face ID. Untuk pengisian kabel, Apple masih meneydiakan konektor lightning di bagian bawah. Apple menyertakan kabel lightning-to-USB-C di dalam paket penjualan, tetapi tidak akan menyertakan headphone dan adaptor daya. Apple beralasan langkah ini diambil untuk mengurangi limbah.

Harga dan Ketersediaan

  • iPhone 12 Mini – $ 699 (10,2 jutaan rupiah)
  • iPhone 12 – $ 799 (11,7 jutaan rupiah)
  • iPhone 12 Pro – $ 999 (14,6 jutaan rupiah)
  • iPhone 12 Pro Max – $ 1.099 (16,1 jutaan rupiah)

Di Amerika, iPhone 12 dan 12 Pro bisa dipre-order pada tanggal 16 Oktober dan dikirimkan tanggal 23 Oktober, sedangkan iPhone 12 Mini dan Pro Max siap untuk pre-order 6 November dan dikirimkan 13 November .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here