Home Health 7 Cara Mencegah Kacamata Berkabut Saat Memakai Masker

7 Cara Mencegah Kacamata Berkabut Saat Memakai Masker

Photo: DUSANPETKOVIC/GETTY IMAGES

Masker wajah membantu kita menghindari penularan virus corona. Namun masker juga bisa menimbulkan gangguan bagi pemakai kacamata. Yang paling sering, lensa menjadi berkabut akibat udara yang dihembuskan sebagian tidak masker, tapi malah ke atas menerpa kacamata kitar.

“Adanya anjuran dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menggunakan masker menyebabkan masalah kaca mata berkabut yang mempengaruhi sebagian besar orang.” Kata ahli mata Chicago sekaligus pendiri dan CEO Halsted Eye Boutique, Joanna Slusky.

Lalu apa yang dapat Anda lakukan dengan kacamata Anda yang berkabut itu?

Kami telah mengumpulkan tujuh tip untuk menghilangkan kabut dari kacamata Anda saat Anda masker, tetapi pertama-tama mari kita bahas mengapa lensa Anda berkabut.

Penyebab Kacamata Berkabut

“Panas tubuh dan aliran udaralah yang menyebabkan lensa berkabut,” Jelas ahli kacamata Shannen Knight, dan pemilik retail kacamata A Sight for Sport Eyesdi West Linn, Oregon, Amerika Serikat.

Saat Anda memakai masker wajah, Anda berulang kali menghirup udara hangat. Udara ini kemudian dapat menyelinap keluar dari bagian atas masker dan menguapkan lensa kacamata Anda. Tentu saja, hal ini bisa membuat Anda sulit melihat.

Proses lensa menjadi kabur terjadi saat uap air hangat dari napas Anda mendarat di lensa yang lebih dingin, menghasilkan tetesan kecil yang menyebarkan cahaya dan mengurangi kemampuan lensa untuk mengirimkan kontras (saat warna terang tetap terang dan warna gelap tetap gelap). Tetesan terbentuk karena tegangan permukaan yang melekat antara molekul air.

Cara Mencegah Kacamata Berkabut Saat Memakai Masker

Sekarang setelah Anda tahu mengapa lensa Anda berkabut, berikut adalah 7 cara untuk mencegahnya saat Anda mengenakan kacamata dan masker wajah bersamaan.

1. Cuci lensa dengan air sabun

Sebelum mengenakan masker wajah, cuci kacamata atau lensa kacamata Anda dengan air sabun dan hilangkan kelembapan yang berlebihan. Kemudian, biarkan kacamata Anda mengering sendiri atau keringkan lensa dengan kain mikrofiber bersih.

Dengan menggunakan metode ini, lensa tidak akan berkabut setelah Anda memakai masker dan kacamata, Mengapa?

Membersihkan lensa dengan air sabun meninggalkan lapisan tipis yang mengurangi “tegangan permukaan yang melekat” dan mendorong molekul air untuk membentuk lapisan transparan.

Untuk menghindari kerusakan, jangan bersihkan lensa Anda dengan produk seperti sampo bayi, pasta gigi, atau krim cukur.

2. Tutup masker

Trik umum yang digunakan oleh dokter adalah dengan menempelkan selotip dua sisi di batang hidung sebelum memakai masker.

Jika Anda memasang selotip dua sisi di antara bagian dalam topeng dan pangkal hidung, itu akan menyegel masker dengan lebih baik. Anda juga bisa memasang selotip atau selotip tambahan di atas masker.

3. Pastikan ukuran masker pas

Masker yang longgar menyebabkan hembusan udara menuju kacamata Anda, tetapi masker yang pas dapat mengeluarkan udara dari bagian bawah atau samping masker sehingga menjauhi kacamata Anda.

Agar lebih pas, KAmi merekomendasikan untuk mencari masker yang dilengkapi dengan desain yang dapat dibentuk di sekitar hidung (misalnya yang memiliki strip logam yang bisa ditekuk) atau masker yang tersedia dalam berbagai ukuran.

4. Sesuaikan kacamata Anda

Jika kacamata Anda memiliki bantalan hidung, Anda dapat menyesuaikan bantalannya sehingga bingkainya berada sedikit lebih jauh dari wajah Anda.

Hal ini akan memungkinkan udara panas keluar alih-alih terjebak di antara wajah Anda dan lensa kacamata.

Tapi mengganti bantalan hidung dapat sedikit mengubah penglihatan Anda jika Anda memakai kacamata dengan lensa progresif atau lensa khusus dengan resep dokter. Jika itu terjadi, Anda mungkin perlu menahan kepala pada sudut yang berbeda untuk mengimbangi perubahan penglihatan.

5. Coba produk penghilang kabut

Menerapkan semprotan, lilin, dan gel anti-fogging yang dijual bebas ke lensa Anda sebelum mengenakan kacamata dapat dengan cepat menghilangkan tetesan kabut kecil saat Anda mengenakan masker.

Tapi Kami memperingatkan Anda untuk tidak menggunakan produk anti fogging sembarangan, melainkan yang memang khusus untuk kacamata. Produk anti-fogging yang dirancang untuk helm, mobil atau keperluan lain tidak disarankan karena bisa merusak lensa Anda.

6. Bernapaslah ke bawah

Mungkin akan terasa aneh, tetapi bernapas ke bawah bisa menjadi solusi anti-kabut yang cepat saat tidak ada peralata bantu lainnya. Teknik ini akan mengirimkan udara menjauhi kacamata Anda.

Bagaimana Anda bernapas ke bawah? Tahan bibir atas Anda di atas bibir bawah. Kemudian embuskan udara ke bawah, seolah-olah Anda sedang memainkan seruling.

7. Gunakan Lihat lensa anti-kabut

Mengganti jenis lensa mungkin bukan tindakan cepat, namun jika Anda punya rejeki, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli lensa dengan lapisan anti kabut. Lapisan anti-kabut memberi Anda jawaban bebas repot untuk lensa berkabut, terlepas dari apakah penglihatan yang terhalang dipicu oleh masker wajah atau hal lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here