Home News 5 Tips Agar Foto KTP & SIM Terlihat Lebih Keren

5 Tips Agar Foto KTP & SIM Terlihat Lebih Keren

Baru-baru ini dunia maya diramaikan dengan unggahan foto KTP seorang perempuan. Tak seperti kebanyakan foto KTP yang seadanya dan sering membuat si pemilik wajah kecewa, foto di kartu identitas penduduk yang diketahui milik selebgram Liya Nurzeftian ini terlihat cantik dan sempurna.

Lalu, bagaimana tips trik agar saat berfoto untuk kartu identitas seperti KTP, paspor, atau SIM hasilnya sempurna? Berikut adalah tips yang ditulis oleh Driving Test Org yang bisa membantu foto identitas Anda jadi lebih baik

Tips Agar Foto Identitas Terlihat Keren

1. Berhati-hatilah dalam Berpakaian

Ada warna-warna tertentu yang tidak boleh Anda pakai saat mengambil foto identitas.

  1. Pastikan Anda tidak memakai pakaian putih. Seringkali, latar belakang foto adalah warna terang, dan pakaian Anda tidak hanya akan tersamar, jika Anda berkulit putih, Anda juga akan terlihat lebih pucat.
  2. Sebaiknya Anda juga menghindari warna hitam untuk foto Anda karena kulit Anda yang lebih cerah akan terlihat pucat.
  3. Cobalah untuk menggunakan warna yang lembut, seperti biru, hijau atau merah muda. Anda bisa memakai warna hitam atau putih yang tidak solid, artinya ada kehadiran warna lain.
  4. Sebaiknya hindari memakai kaos dengan tulisan atau gambar. Untuk perempuan, hindari memakai atasan dengan potongan leher terlalu rendah. Tidak masalah jika Anda memakai celana dengan ebrbagai macam bahan dan model, toh foto hanya diambil setengah badan.

2. Gunakan obat tetes mata

  1. Jika Anda akan mengambil foto SIM saat Anda sedang pilek atau alergi, pastikan Anda menggunakan obat tetes mata agar tidak tampak mata Anda yang keruh atau kemerahan.
  2. PAstikan mata Anda terbuka lebar saat pemotretan. Jangan membukanya lebih lebar dari biasanya, tetapi coba pastikan terbuka sepenuhnya dan natural.
  3. Cobalah untuk memastikan bahwa Anda tidak mengambil foto SIM Anda di pagi saat sebelumnya Anda habis lembur atau kurang tidur, karena hal itu akan terlihat di mata Anda.

3. Menjaga rambut Anda tetap rapi

  1. Tatalah rambut Anda dengan gaya yang paling sering Anda pakai. Tentu saja, Anda boleh mengubah potongan atau gaya rambut setelah mendapatkan SIM atau KTP.
  2. Pastikan rambut Anda tetap rapi, dan tidak ada yang menjuntai di dahi atau bahkan menutupi mata Anda. Penting agar mata Anda teta terlihat di foto identitas.

4. Jangan memakai riasan berlebihan

Ini adalah pemotretan KTP dan bukan fashion, jadi tidak perlu berlebihan dengan riasan tebal. Jika seorang petugas ingin Anda memperlihatkan SIM atau KTP Anda, ia akan mudah mencocokkan foto tersebut dengan Anda.

5. Jangan terlalu banyak tersenyum

Anda boleh menyunggingkan sedikit senyuman di wajah Anda agar tak terlihat judes, tapi juga tak harus menyeringai lebar. Yang terbaik adalah dengan menunjukkan ekspresi ramah, ekspresi yang sama yang akan Anda pakai jika bertemu relasi atau orang yang baru Anda kenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here