Home Education Mengerjakan Soal Matematika dengan Google Lens

Mengerjakan Soal Matematika dengan Google Lens

Aplikasi Google Lens diluncurkan pada tahun 2017 dan ekslusif hanya ada di smartphone Google Pixel. Sejak itu, Google terus mengembangkan kecerdasan Google Lens dan memperluas penggunaannya ke smartphone Android lainnya. Selain dapat berfungsi sebagai penterjemah, penyalin teks, melakukan pencarian pintar, berbelanja, dan mencari menu makanan dan restoran, Google Lens kini menambah fitur baru yang mungkin disukai anak-anak, tapi tidak oleh orang tua dan Guru.

Nama fiturnya Homework alias pekerjaan rumah.

Ya, dengan mode homework, Google Lens dapat membantu Anda memecahkan berbagai operasi matematika. Fitur ini sangat berguna dalam pelajaran berhitung, apalagi dalam masa pandemi dimana tatap muka secara fisik terbatas sedangkan siswa masih harus memahami pelajaran secara mandiri.

Cara Akses Googe Lens

Banyak cara untuk mengakses aplikasi Google Lens, tapi yang utama adalah melalui Aplikasi Google Assistant. Beberapa smartphone sudah memiliki tombol dedicated Google Assistant sehingga Anda bisa lebih mudah membukanya. Jika tidak, Anda bisa memencet tombol home agak lama untuk memunculkan fitur pintar tersebut.

Dari Aplikasi Google Assistant, tekan ikon kamera yang ada di bagian bawah. Berikan akses ke galeri jika smartphone Anda memintanya. Setelah kamera terbuka, maka Anda sudah bisa mulai menggunakan Google Lens.
Area pencarian Google Lens dibatasi dengan bentukan semacam kotak dengan sudut-sudut melengkung.

Mengerjakan Soal Matematika

Saat Google Lens sudah terbuka, Anda akan melihat deretan pilihan mode di bagian bawah. Ada pilihan Translate, Text, Search, Homework, dan lain sebagainya. Pilih “homework”.

Setelah itu, arahkan kamera Google Lens ke lembar latihan soal atau layar monitor, PC/laptop. Google Lens dapat membaca tulisan tangan dan ketikan komputer dengan sama baiknya.

Setelah menemukan soal matematika yang ingin diselesaikan, tekan tombol ikon topi wisuda, maka Google Lens akan menampilkan jawabannya secara instan, Voila!

Menyediakan Berbagai Solusi Jawaban

Untuk persamaan yang lebih sederhana, Google akan menampilkan solusinya secara langsung. Untuk soal yang lebih rumit, Google akan ‘melemparnya’ ke layanan web lain yang menyediakan jawaban lebih kompit seperti Cymath, MathPapa, dan Wolfram | Alpha.

Jika hasil pencarian Google Lens ditelusuri lebih lanjut, Anda bisa menemukan konsep-konsep jawaban yang lebih mendalam, juga video dan website-website lain yang berkaitan dengan soal tersebut.

Sebagai alat bantu untuk melatih keterampilan berhitung, mode homework di Google Lens ini sangat berguna, apalagi menjelang ujian. Namun jangan disalahgunakan untuk berbuat curang ya! Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here