Home News Tips Menjalankan Smartphone Android dari PC

Tips Menjalankan Smartphone Android dari PC

Microsoft meluncurkan aplikasi bernama Your Phone. Melalui aplikasi ini, Pengguna Windows 10 dapat terhubung dengan smartphone androidnya dan menjalankan aplikasi Android langsung di desktop atau laptop mereka. Meski saat ini smartphone yang didukung masih terbatas, -semuanya dari merek Samsung-, namun setidaknya hal ini dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mentransfer data, atau ketimbang harus bolak bali berpindah dari PC ke android atau sebaliknya.

Dengan aplikasi Your Phone, Anda dapat:

  • Menerima dan membuat panggilan dari PC
  • Menerima dan mengatur notifikasi smartphone melalui PC
  • Mengakses aplikasi smartphone dari PC
  • Mengirim dan menerima SMS dari PC
  • Mengakses foto-foto yang ada di smartphone melalui PC
  • Memindahkan file dengan sistem drag and drop langsung dari PC

Cara Menghubungkan Smartphone Android Ke PC dengan Your Phone

Buka PC/laptop Anda, Unduh Microsoft Your Phone (Telepon Anda) melalui Microsoft Store atau dengan mengklik tautan ini https://www.microsoft.com/id-id/p/telepon-anda/9nmpj99vjbwv?activetab=pivot:overviewtab

Setelah terinstal, Anda akan diminta untuk login dengan akun Microsoft Anda.

Selanjutnya akan muncul pertanyaan mengenai  jenis smartphone yang Anda gunakan. Pilih “android”

Sekarang beralih ke smartphone Samsung Anda. Melalui browser yang tersedia, ketik alamat www.aka.ms/yourpc

Atau jika Anda memiliki model Samsung yang lebih baru, Anda dapat mengakses menu Link to Windows melalui menu Quick setting.

Akan muncul jendela baru di smartphone Anda, kemudian scan QR Code yang muncul di PC.

Setelah itu, tunggu sejenak, komputer akan melakukan serangkaian persiapan untuk terhubung dengan smartphone Anda.

Setelah berhasil terhubung, akan muncul notifikasi berupa ucapan selamat datang. Untuk memudahkan Anda mengakses aplikasi Your Phone, centang tanda Pin App to taskbar. Jadi setiap kali Anda hendak terhubung dengan smartphone, langsung bisa mengaksesnya melalui menu taskbar.

Jendela Your phone terbagi dua, sisi kiri untuk menu, dan sisi kanan untuk menampilkan aplikasi yang terinstal di smartphone Anda.

Ikon aplikasi tersebut dapat diklik dan berfungsi, artinya Anda bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut di PC.

Sebagai contoh, di sini Kami membuka aplikasi Instagram. Oh ya, saat Anda membuka aplikasi dari PC, akan muncul notifikasi di smartphone dan juga PC yang menanyakan apakah akan memberikan akses aplikasi Your Phone atau tidak. Tekan Start now untuk memulai.

Anda bisa melakukan apa yang biasa Anda lakukan di aplikasi Instagram di smartphone. Dari mulai membuat postingan, me-like status, hingga membuat komentar. Aktvitas yangs am juga bisa dilakukan di apliaksi lainnya.

Jika Anda menjelajah Tab Your Phone di sebelah kiri, akan muncul menu  Notification, Message, Photos, Apps, dan Call.

Menu notification memungkinkan Anda untuk melihat notifikasi yang muncul di smartphone melaui PC,  sedangkan dengan menu message, Anda bisa melihat pesan masuk dan menulis atau membalas SMS langsung dari komputer.

Drag Drop Photo

Foto dari smartphone bisa langsung di-drag ke aplikasi Photoshop

Yang menarik dari aplikasi Your Phone adalah menu Photos. Di sini, Anda bisa langsung memyimpan foto atau gambar di smartphone ke PC hanya dengan menyeretnya ke desktop atau folder di Windows Explorer.

Bahkan Anda bisa menyeret foto langsung ke aplikasi yang ada di PC seperti Adobe Photoshop atau Paint. Hal ini tentunya lebih efisien dibanding cara lama, dimana Anda harus mentransfer foto ke komputer terlebih dahulu melalui kabel data.

Terakhir, ada fitur Call. Anda bisa melakukan dan menerima panggilan langsung dari PC.

Menarik ya aplikasi Your Phone ini. Waktu Anda jadi lebih efektif, tak banyak yang terbuang hanya untuk bolak-balik dari smartphone ke PC. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here