Home Review Review realme 7i: Gahar di Performa, Jumawa di Kamera

Review realme 7i: Gahar di Performa, Jumawa di Kamera


Realme dikenal sebagai vendor yang rajin memperkenalkan smartphone dengan spesifikasi mutakhir namun dengan harga terjangkau. Hanya berselang 6 bulan sejak kehadiran seri 6, realme langsung merangsek pasar kelas menengah dengan meluncurkan realme 7 dan 7i.

Slogan “64MP Power Master” realme 7i selain merujuk pada kualitas kamera yang diusung, juga mewakili performanya. Berbekal chipset anyar, layar dengan refresh rate 90Hz, baterai besar, dan pengisian cepat, realme 7i punya potensi besar untuk mengganggu pasar smartphone di segmen 3 jutaan.

Desain

Ada dua pilihan warna realme 7i yaitu Polar Blue dan Aurora Green, dan Kami menguji varian yang pertama disebut. Bagian belakangnya berwarna lembut, bergradasi dari biru muda ke putih. Finishing glossy yang diterapkan laksana cermin.

Realme mengatakan bahwa desain ini terinspirasi dari ruang kaca di alam. Terdapat garis pemisah ikonik pada seri realme 7i dengan arah diagonal, membagi realme 7i menjadi dua bagian.

Jika dilihat lebih detil, kedua bagian tersebut mengalami proses yang sama sekali berbeda. Pantulan cahaya tinggi di bagian atas dan tekstur matte di bagian bawah membentuk kontras yang sangat tajam, tetapi yang unik, kombinasi keduanya menarik dan estetis. Kesan premium terasa di sini.

Modul kamera mencolok berada di bagian kiri atas, dihuni oleh 4 lensa dan satu lampu LED Flash. Di tengah terdapat sensor sidik jari yang terasa pas dan mudah diakses.

Bagian depan didominasi layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi 1600*720 HD+. Bezel tipis di sekeliling layar membuat rasio perbandingan layar ke bodi mencapai 90%.

Kamera selfie in-display disematkan di sisi layar bagian kiri atas. Seperti biasa, samping kanan ditempati dengan tombol power dan up down volume, sedangkan di sisi yang ber seberangan, Anda bisa menemukan baki yang berisi dua slot nano SIM dan slot MicroSD dedicated yang dapat diisi hingga kapasitas 256GB.

Bagian bawah diisi dengan port audio 3,5mm, lubang mikropon, port USB Type-C, dan grill speaker. Oh ya, Semua lubang di realme 7i kedap air karena realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan.

Layar

Seperti disinggung di atas, realme 7i mengemas Layar 6,5 inci rasioo 20:9 dengan resolusi 1600×720 HD+. Memiliki kecerahan 600nits, layar 7i memiliki kecepatan refresh layar 90Hz Ultra Smooth dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz.

Layar 90hz berarti realme 7i mampu menghasilkan gambar 90 frame per detik, 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional. Ini berarti realme 7i dapat menyuguhkan pengalaman visual yang mulus dan mulus dengan setiap gesekan layar.

Fitur yang diusung layar7i cukup lengkap. Ada menu Eye Comfort yang dapat mengatur tampilan layar agar lebih nyaman di mata. Kemudian ada Screen Color Temperature yang dapat menyesuaikan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru dan mencegah ketegangan mata. Fitur ini dapat diatur berdasarkan waktu untuk secara otomatis aktif.

Hardware dan Performa

realme 7i mengadopsi chipset Snapdragon 662 dan didampingi dengan RAM sebesar 8GB dan memori internal 128GB. Tak ada masalah saat menjalankan game maupun multitasking, semua dapat dijalankan dengan lancar. Simpelnya, chipset ini dapat memberikan power yang cukup untuk bermain dan penggunaan sehari-hari.

Snapdragon 662 dibuat dengan menggunakan proses 11nm, lebih bertenaga dan efisien. Snapdragon 662 juga dilengkapi dengan struktur Kryo 260 di CPU dan Adreno 610 GPU. Dengan kombinasi LPDDR4x dan UFS 2.1, realme 7i menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pengguna.

realme 7i selain mendukung sensor sidik jari ultra cepat, juga mendukung pengenalan wajah untuk mempermudah membuka kunci dengan sekali klik atau sekali lirikan wajah dan aman untuk privasi Anda.

Software

Realme 7 menggunakan custom sistem operasi realme UI berbasis Android 10. Selain, tentu saja dilengkapi dengan fitur-fitur dasar Android seperti Digital Wellbeing dan Convenience Tool, 7i juga menawarkan aplikasi bawaan seperti App market dan realme community. Juga Anda tak perlu susah payah meginstal aplikasi-aplikasi favorit seperti Facebook, Youtube, atau TikTok karena semuanya sudah tersedia secara pre-install.

Bagi yang hobi bermain game, tersedia aplikasi Gamespace yang akan menampilkan Game Assistant setiap Anda bermain game. Sejumlah tool optimasi bisa Anda manfaatkan di sini sehingga permainan Anda jadi lebih lancar dan seru.

Kamera

Hasil foto dengan mode potrait

realme 7i menawarkan pengalaman flagship terbaru, pengaturan empat kamera ultra-jernih terdiri dari kamera utama 64MP, lensa sudut ultra lebar 8MP 119°, lensa makro dan lensa potret B&W masing-masing 2MP.

Pengaturan KAmera realme 7i

Kamera utama berkekuatan 64MP memiliki kemampuan pendeteksi cahaya yang luar biasa, dan dilengkapi dengan sensor ukuran super besar 1/2 “, 64MP piksel super tinggi, mendukung Quad Bayer, ukuran piksel hingga 1,4μm. Bahkan dalam cahaya redup, gambar Anda akan terlihat dengan sangat cerah.

Hasil foto wide angle

Sedangkan lensa sudut ultra-Lebar 119° dengan bukaan f/2.2 dan resolusi 8MP mampu menghasilkan gambar pemandangan atau obyek yang luas dengan utuh dan sempurna. Hanya satu klik yang diperlukan untuk beralih ke mode sudut lebar, memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar lanskap, arsitektur, dan grup besar yang lebih menakjubkan.

Pengambilan foto dengan perbesaran 1x, 2x, dan 5x

Dengan adanya lensa makro, Anda yang hobi memotret benda-benda mini seperti miniatur, detil tanaman, atau mainan bisa menghasilkan foto makro yang detil dengan jarak pemotretan 4cm.

Hasil foto dengan chroma boost aktif

Dan jika Anda ingin menghasilan foto hitam putih yang artistik, gunakanlah lensa B&W. Sistem filter warna baru memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

hasil foto 64MP, ketika dicrop detilnya masih bagus

Sayang jika kamera 64MP tidak digunakan secara maksimal. Untuk itu realme 7i menyediakan Mode 64MP Ultra-clear. realme mengembangkan algoritma definisi ultra-high baru untuk mode 64MP yang memberikan pengguna kejernihan yang tak tertandingi di setiap bidikan ultra 64MP.

Jangan takut membidik obyek di malam hari karena kamera realme 7i memiliki mode malam atau night mode.

Di mode ini, Anda dapat menemukan tiga filter yang menarik yaitu Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold. Hanya dengan satu sentuhan, Anda dapat dengan mudah membuat foto pemandangan malam kota itu, dengan cara yang benar-benar baru dan artistik.

Jangan lupakan kamera depannya. Dengan sensor Sony IMX471 16MP FOV 79.3° dan apeture f/2.0, Anda akan dimanjakan dengan hasil foto selfie yang jernih.

Urusan video, sudah didukung dengan teknologi UIS dan UIS Max Video Stabilization. Jadi, video yang dihasilkan akan lebih smooth meski diambil dalam keadaan bergerak dengan kontur yang tidak merata. Kameranya mendukung perekaman video 1080P/30fps, 60fps dan 720P/30fps, 60fps.

Galeri Foto

Baterai dan Pengisian Daya

realme 7i memiliki baterai masif 5000mAh yang dapat digunakan nonstop kapan pun Anda mau. Berdasarkan pengujian realme Lab, baterai 7i dapat bertahan selama 34 hari dalam mode siaga, jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya.

Dengan reverse charge OTG khusus, realme 7i juga dapat menjadi penghemat baterai Anda. realme 7i dilengkapi dengan pengisi daya 18W Quick Charge yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya hingga sampai 33%.

Meski sudah memiliki baterai berkapasitas besar 5000mAh, realme tetap melakukan optimasi perangkat lunak untuk lebih mengefisienkan kinerjanya. App Quick Freeze dan Screen Battery Optimization diterapkan di realme 7i.

App Quick Freeze dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sedangkan Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Anda juga dapat mengaktifkan sleep standby optimization untuk menghemat lebih banyak energi saat Anda tidur. Jika Anda ingin daya tahan lebih lama lagi, Anda dapat mengaktifkan Power Saving Mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar-mati ke 15 detik dan menonaktifkan sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan.

Dalam mode Power Saving ini, Anda dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif.

Hal ini sesuai dengan penelitian realme dimana kebanyakan orang hanya menggunakan 6 aplikasi dari 70-80% waktu penggunaan telepon. Realme sendiri yakin bahwa mode hemat daya super sangat meningkatkan masa pakai baterai tetapi tanpa mengorbankan penggunaan sehari-hari.

realme 7i dalam mode hemat daya super hanya menghabiskan 5% baterai saat menggunakan WhatsApp atau YouTube selama hampir 1,1 jam. Jika Anda hendak mencari colokan untuk mengisi daya, waktu 41 jam siaga Kami kira lebih dari cukup untuk menemukannya.

Kesimpulan

Realme 7i Kami kira layak menyandang predikat sebagai ‘Most Valuable 8+128GB phone.’ Dukungan spek kencang dengan baterai besar dan pengisian cepat 18W Quick Charge membuktikan bahwa realme 7i adalah penantang serius di level harga 3 jutaan (realme 7i dijual dengan harga perkenalan Rp3.099.000.).

Dan jangan lupakan kamera 64MPnya. kompetitor sebaiknya mulai berpikir untuk membuat formula smartphone baru yang bisa menandingi realme 7i, baik dari sisi harga maupun fitur.

Spec Sheet

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here