Home News 7 Fitur Keren OPPO ColorOS 11 dan Daftar Smartphone yang Kebagian Updatenya

7 Fitur Keren OPPO ColorOS 11 dan Daftar Smartphone yang Kebagian Updatenya

OPPO secara resmi meluncurkan custom sistem operasi terbarunya yaitu ColorOS 11. Dengan konsep “Make Life Flow”, ColorOS 11 tetap mempertahankan fitur-fitur unggulan Android 11 sambil berfokus pada pengembangan antarmuka (UI) yang lebih dipersonalisasi untuk pengguna OPPO.

Lalu, apa saja fitur unggulan ColorOS 11

1. Always-On Display yang Bisa Dicustom

ColorOS 11 memungkinkan pengguna OPPO untuk membuat Tampilan Always-On Display” mereka sendiri, mengubah tema, wallpaper, font, ikon, nada dering, dan banyak lagi.

Yang perlu dicatat, kustomisasi fitur Always-On Display hanya tersedia untuk perangkat OPPO dengan layar AMOLED.

2. OPPO Sans

OPPO juga merilis keluarga font baru yaitu OPPO Sans. Anda dapat memilih font berbeda untuk UI Anda dan menyesuaikan ukuran font sesuai dengan kebutuhan. OPPO Sans gratis untuk penggunaan komersial, jadi desainer atau perusahaan mana pun dapat menggunakannya dengan bebas

3. Dark Mode yang Bisa Dikustom

Kustomisasi tampaknya sudah menjadi kata-kata wajib di ColorOS 11 ini. Selain custom Always-ON Display, pengguna OPPO kini juga mendapatkan fitur untuk mengutak-atik Dark Mode alias Mode Gelap.

Pengguna ColorOS 11 kini memiliki tiga skema warna Dark Mode yaitu pitch dark atau gelap pekat, blue dark atau biru tua, dan gray dark atau abu-abu gelap.

Anda juga dapat mengubah tingkat kontras mode ini sesuai dengan kenyamanan Anda. Pada dasarnya, ada opsi untuk dipilih dari tiga skema yang tersedia.

Selain itu, Mode Gelap dapat dicocokkan dengan ikon dan wallpaper di halaman beranda, juga dapat disesuaikan dengan waktu terbit dan terbenamnya matahari.

4. Oppo Relax 2.0.0

Salah satu peningkatan di ColorOS 11 adalah pembaharuan fitur Oppo Relax 2.0. Fitur yang dapat menampilkan ambien berbagai suara dan musik untuk relaksasi ini menghadirkan beberapa campuran suara baru, seperti suara burung atau hujan untuk membantu pengguna bersantai.

Tahun ini, OPPO Relax menghadirkan The Sound of the Cities dimana pengguna dapat menikmati suara seperti keriuhan pasar lokal, hempasan air laut, atau kicauan burung di tempat-tempat favorit dari Bangkok, Thailand hingga Reykjavik, Islandia.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat campuran suara sendiri beedasar koleksi suara ambien yang tersedia.

5. Three-Finger Translate – Terjemahan Tiga Jari

OPPO menggabungkan 2 fitur ikonik dari OPPO dan Google Lens untuk mengembangkan fitur yang disebut Three-Finger Translate atau terjemahan 3 jari. Dengan fitur ini, Ambil bisa mengambil tangkapan layar dengan usapan 3 jari dan langsung bisa menterjemahkan konten yang ada di tangkapan layar ke bahasa apa pun.

Cara menggunakan fitur Three-Finger Translate bisa dilihat dari video di bawah ini

Fitur ini sangat bermanfaat jika Anda sedang traveling di negara dengan bahsa yang berbeda, atau berada di tempat kerja yang baru. Anda dapat memahami apa yang tertulis di papan nama, tanda peringatan, dll dengan cara yang sederhana dan mudah.

6. Flexdrop

Oppo memawa kemampuan multitasking ke level baru melalui Flexdrop. Dengan bantuan fitur ini, pengguna OPPO yang sudah menggunakan ColorOS 11 Android 11 dapat mengubah ukuran aplikasi apa pun menjadi jendela mengambangyang fleksibel.

Bahkan, Anda bahkan dapat mengurangi ukuran aplikasi layaknya jendela mini yang lebih kecil. Hal ini berguna saat Anda melakukan harus melakukan dua tugas sekaligus tetapi tidak ingin salah satu aplikasi memenuhi ruang layar.

7. Super Saving Mode – Mode Daya Super Hemat

Saat daya smartphone menipis, ColorOS 11 berbasis Android 11 akan membantu Anda untuk memilih maksimal enam aplikasi yang masih dapat dijalankan.

Selain itu, fitur Battery Guard juga membantu meningkatkan masa pakai baterai dengan menghindari pengisian berlebih saat Anda lupa mencolokkan charger semalaman. Pengisian akan berhenti pada 80% dan akan dilanjutkan ketika pengguna bangun hingga baterai penuh.

Fitur Lain

Ada beberapa fitur penting lainnya yang diperkenalkan Oppo dengan pembaruan ColorOS 11. Seperti halnya UI First 2.0 akan meningkatkan kinerja sistem.

Penggunaan Quantum Animation dapat meningkatkan pemanfaatan RAM sebesar 45%, frame rate sebesar 17%, dan tingkat respons sebesar 32%.

AI App Preloading akan membantu sistem untuk memahami perilaku pengguna dan mengurangi waktu pemuatan aplikasi yang paling sering digunakan.

Soal privasi dan keamanan juga mendapat perhatian di ColorOS 11. Berbasis fitur yang telah ada di Android 11, Oppo menghadirkan lebih banyak peningkatan.

Ada fitur baru bernama Private System dimana pengguna dapat menjalankan aplikasi versi kedua di perangkat mereka. Sistem ini akan dilindungi melalui pemindaian sidik jari atau kata sandi terpisah.

App Lock mendapatkan fitur baru yang memungkinkan penguncian aplikasi melalui kata sandi, sidik jari, atau verifikasi wajah.

ColorOS 11 dikabarkan akan segera hadir di perangkat Oppo yang kompatibel seperti Seri Find X2 dan seri Reno 3. Selain itu, custom OS besutan OPPO langsung ini jga akan menyambangi lebih dari dua puluh delapan seriOPPO lainnya, termasuk perangkat dari seri Find, Reno, F, K, dan A.

Timeline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here