Home Gadget Tentang Xiaomi Mi Band 5 dan Mengapa Anda Harus Membelinya

Tentang Xiaomi Mi Band 5 dan Mengapa Anda Harus Membelinya

Review Xiaomi Mi Band 5

Jika Anda mencari gelang pintar pelacak kebugaran yang terjangkau, maka seri Xiaomi Mi Band harus masuk dalam perhitungan. Mi Band telah membuat pola bahwa seri terbarunya akan membawa peningkatan hardware, namun dengan tetap mempertahankan harga.

Mi Band 5 dibanderol resmi Rp 449.000, sama persis dengan harga Mi Band 4 saat pertama kali diluncurkan tahun lalu. Seiring dengan kehadiran sang adik, Mi Band 4 pun turun harga menjadi Rp 379.000.

Perbedaan Xiaomi Mi Band 5 dan Mi Band 4

Kiri: Mi Band 4, kanan: Mi Band 5

Ada dua hal kentara yang membedakan antara Mi Band 4 dan 5. Pertama soal hardware, kedua soal fitur.

Xiaomi Mi Band 5 memiliki layar AMOLED yang sedikit lebih besar yaitu 1,1 inci dibanding MI Band 4 sebesar 0,95 inci. Sekilas ukuran fisiknya tampak sama, namun layar Mi Band 5 memiliki bezel yang lebih kecil.

Dengan layar yang lebih besar, Mi Band 5 dapat menampilkan list menu dan tambahan informasi lebih banyak.

Satu lagi peningkatan yang dibawa oleh Mi Band adalah soal kecerahan layar.

Layar Mi Band 5 sanggup menampilkan cahaya hingga 450 nits dibanding Mi Band 4 sebesar 400 nits, memungkinkan Anda untuk melihat tampilan dengan lebih jelas saat di bawah sinar matahari langsung.

Meski demikian, Mi Band 5 belum memiliki penyesuaian kecerahan otomatis, jadi Anda harus menekan tombol plus dan minus di pengaturan brightness untuk mendapatkan seting yang pas. Oh ya, letak menu ini agak jauh. Masuk ke pilihan more – setting – brightness.

Xiaomi menyediakan puluhan Watch Face yang bisa diunduh dari aplikasi Mi Fit di smartphone yang kemudian disinkronkan ke Mi Band. Ada yang bertema teknologi, art, simpel, fashion, hingga animasi-animasi lucu bisa Anda pilih.

Kiri dok mi Band 5, kanan dok Mi Band 4

Pembaharuan signifikan ada di cara pengisian daya. Mi band 5 menghadirkan dok pengisi daya baru dengan konektor magnetik. Tak seperti kepunyaan Mi Band 4 yang harus susah payah melepas strap untuk mengisi daya, dok Mi Band 5 ini cukup ditempelkan ke konektor yang terletak di bagian belakang Band. Tidak ada peningkatan kecepatan pengisian daya. Hal ini bisa dimaklumi, toh Kita tak sering-sering kehabisan baterai smartband bukan?

Oh ya, meskipun MI Band 4 dan 5 terlihat identik, Anda tak bisa menukar strap keduanya karena desain celah band-nya berbeda

Mode Baru Fitness Tracking dan PAI score

Meski menyandang gelar sebagai salah satu fitness tracker termurah, Mi band 5 memiliki ragam pelacak olahraga yang cukup banyak. Jika Mi Band 4 hanya menawarkan 6 mode olahraga , maka Mi band 5 menambahkan beberapa opsi olahraga baru, sehingga total ada 11 mode olahraga yang tersedia.

Mi Band 5 boleh banget diajak berenang di kolam renang atau dibawa mandi, karena sudah mengantongi uji ketahanan tekanan air hingga 5atm.

Selain support berbagai mode olahraga, Mi band 5 juga mendukung beberapa pelacakan kesehatan penting, termasuk pelacakan kualitas tidur, pelacakan oksigen dalam darah, pemantauan detak jantung, tes stres, sistem penilaian PAI, dan pelacakan siklus menstruasi untuk wanita.

Fitur pemantauan detak jantung dapat diaktifkan sepanjang hari, meski hal ini membuat konsumsi daya di Mi Band 5 lebih intensif. Fitur ini juga dilengkapi peringatan berupa getaran dan notifikasi jika detak jantung Anda tidak normal.

Pengujian stres dan PAI score (Personal Activity Intelligence) yang baru dapat membantu pengguna memahami keadaan fisik mereka dengan lebih baik. Fitur ini akan menampilkan angka numerik untuk aktivitas fisik Anda sebagai cara untuk menunjukkan seberapa progress Anda menuju target kebugaran. Skor PAI setidaknya memberikan gambaran soal kesehatan Anda dan memotivasi Anda menjadi lebih bugar.

Shutter Kamera Jarak Jauh

Selain berfungsi sebagai fitness tracker, Mi band 5 juga menyimpan fitur non kesehatan. Smart band hadir dengan fitur-fitur seperti peringatan idle, notifikasi dan pengingat panggilan, kontrol musik, laporan cuaca, pencarian telepon, dan sebagainya.

Fitur baru yang disematkan di Mi Band 5 adalah kendali kamera jarak jauh via Bluetooth. Singkatnya, fitur ini bisa menjadi pengganti shutter kamera di ponsel Anda. Kekurangannya, shutter ini hanya bisa untuk mengontrol pengambilan foto saja, tidak untuk video. Fitur ini berguna terutama jika Anda ingin mengambi foto dari jarak yang cukup jauh, misalnya saat Anda bepergian sendiri atau saat mengambil foto bersama.

Daya Tahan Baterai

Xiaomi mengklaim, Baterai Mi Band 5 berkapasitas berkapasitas 125mAh ini bisa bertahan hingga 14 hari hingga harus diisi kembali. Belum ada teknologi pengisian cepat. Toh, dengan masa pakai yang lama, Mi Band 5 tak perlu sering-sering dicharge bukan?

Kesimpulan

Dengan harga yang sama namun memiliki beberapa kemampuan yang ditingkatkan, sulit untuk tidak menempatkan Xiaomi Mi Band 5 sebagai pilihan utama. 11 mode olahraga tampaknya cocok Anda coba, terutama untuk menjaga kebugaran selama masa pandemi. Kehadiran PAI score memotivasi Anda untuk menjaga kebugaran. Oh ya, fitur lain seperti notifikasi, shutter kamera, hingga ramalan cuacanya membantu banget lho!

Spesifikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here