Home Compare Perbandingan Spesifikasi realme 7 dan realme 7 Pro

Perbandingan Spesifikasi realme 7 dan realme 7 Pro

Adu Spesifikasi realme 7 vs realme 7 Pro

Hanya berselang 6 bulan sejak peluncuran realme 6 series, pabrikan asal Tiongkok ini sudah memperkenalkan penerusnya yaitu realme 7 dan realme 7 Pro . Ada peningkatan di berbagai sisi, diantaranya di kemampuan pengecasan baterai dan kehadiran sensor kamera yang lebih baik. Keduanya juga memamerkan desain baru, yang menurut Realme terinspirasi oleh ruang cermin di alam.

Untuk membantu pembaca membedakan keduanya, Canggih ID membuat perbandingan keduanya dari sisi desain, hardware, software dan kemampuan kamera. Perbandingan spesifikasi secara lengkap bisa dibaca di akhir artikel ini.

Desain

Secara desain, keduanya menganut pola yang sama. Bagian belakang terbagi dua asimetrik secara vertikal dengan sisi kiri memiliki pola yang berbeda dengan sisi kanannya.

Perbedaan mencolok terletak pada modul kamera belakang. Realme 7 menempatkan keempat kameranya dalam satu garis vertikal sementara 7 Pro menempatkan 3 kamera sejajar dengan satu kamera lagi ditempatkan bersamaan dengan LED Flash.

Tone warna yang dihadirkan realme 7 lebih gelap dengan manawarkan varian myst blue dan myst white. Sedangkan realme 7 Pro tampil lebih terang dengan pilihan warna mirror blue dan mirror silver.

Sementara itu, tampilan depan keduanya identik dengan desain punch hole untuk kamera selfie ditempatkan di sisi kiri atas.

Layar

Realme 7 Pro hadir dengan panel Super AMOLED 6,4 inci. Resolusi layarnya FullHD +, dengan refresh rate yang diturunkan dari 90Hz di realme 6 Pro ke 60Hz. Realme menyatakan bahwa keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan masukan dari pelanggan yang lebih memilih layar AMOLED 60Hz daripada panel LCD 90Hz. Sebagai tambahan, layar 7 Pro dilengkapi dengan fitur always on dan pemindai sidik jari bawah layar.

Yang menarik, ukuran layar realme 7 sebesar 6,5 inci, lebih besar dibanding 7 Pro. Bahan yang dipakai realme 7 berbeda yaitu LCD IPS kapasitif namun dengan refresh rate yang lebih tinggi, 90Hz.

Hardware

MediaTek Helio G95

Realme 7 merupakan smartphone pertama di dunia yang ditenagai Helio G95 SoC yang baru saja diumumkan, meningkat dari Helio G90T yang dipakai oleh realme 6 sebelumnya. Ada 2 pilihan RAM/ROm yang ditawarkan realme 7 yaitu 6GB/64GB dan 8GB/128GB.

Realme 7 Pro ditenagai dengan chipset Snapdragon720G, sama dengan yang dipakai oleh realme 6 Pro sebelumnya. Terdapat dua pilihan konfigurasi RAM/ROM yaitu 6GB/128GB dan 8GB/128GB.

Software

Baik realme 7 maupun realme 7 Pro sama-sama menggunakan sistem operasi custom Realme UI yang berbasis Android 10

Kamera

realme 7 menggunakan sensor utama Sony IMX682 64MP. Selanjutnya ada sensor 8MP ultrawide, sensor makro 2MP, sensor kedalaman 2MP, dan tak lupa kamera selfie 16MP di bagian depan.

Jika Realme 6 Pro hadir dengan total enam kamera – dua di depan dan empat di belakang, maka 7 Pro memilih menghilangkan satu lensa ultrawide di depandan mengganti kamera selfie 16MPnya dengan 32MP.

Ada beberapa perubahan pada pengaturan quad camera di bagian belakang. Realme menghilangkan lensa telefoto 12MP dengan sensor kedalaman 2MP, mempertahankan sensor ultrawide 8MP dan makro 2MP. Sementara kamera utamanya kini menggunakan sensor IMX682 64MP Sony yangs ama dengan realme 7.

Baterai dan charging

Dibanding realme 6, kapasitas baterai realme 7 meningkat dari 4.300 mAh menjadi 5.000 mAh, namun tetap dengan teknolgi pengisian daya 30W. Realme mengklaim Dart Charger 30W dapat mengisi baterai dari nol hingga 100% dalam waktu 65 menit.

Realme 7 Pro menggunakan teknologi pengisian daya SuperDart 65W, yang sebelumnya hanya tersedia pada seri X yang lebih premium. Realme mengklaim bahwa teknologi ini dapat mengisi baterai 4.500 mAh 7 milik 7 Pro dari nol hingga penuh hanya dalam 34 menit.

Perbandingan Spesifikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here