Home Education Peneliti ITB Memenangkan Proyek Penelitian dari Facebook

Peneliti ITB Memenangkan Proyek Penelitian dari Facebook

Peneliti ITB menang dana hibah Facebook
Peneliti ITB menang dana hibah Facebook

Facebook mengumumkan pemenang proposal proyek penelitian Dampak Ekonomi Teknologi Digital. Di antara daftar pemenang global adalah Eko Agus Prasetio, Ayu Purwariyanti, Dedy Sushandoyo, Muhammad Irham Rahadhian, Naufal Al Labib Tisyadi, dan Retna Ayu Mustikarini Kencanasari dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan proposal berjudul ‘Ketangkasan Bisnis – Peran Penting Iklan Digital Berbasis Data’.

Pada Januari 2020 yang lalu, Facebook mengumumkan komitmen hibah senilai $ 1 juta untuk mendanai proyek-proyek yang mengukur dampak media sosial dan teknologi digital terhadap perekonomian serta peluang ekonomi. Putaran pertama penghargaan hibah, yang diumumkan pada awal Juni, difokuskan secara luas pada dampak ekonomi alat digital untuk usaha kecil dan menengah.

Sebagai kelanjutan dari seri ini, di bulan April 2020, Facebook mengumumkan permintaan proposal untuk Dampak Ekonomi Teknologi Digital.

“Dan sekarang, kami mengumumkan pemenang penghargaan penelitian putaran kedua. Saat kami meninjau proposal-proposal yang masuk, pentingnya pekerjaan ini menjadi semakin jelas. Pandemi COVID-19 telah menyebabkan banyak bisnis kecil dan menengah di seluruh dunia beradaptasi dengan beroperasi secara online. Guna lebih memahami tantangan dan peluang mereka, proposal dari pemenang-pemenang ini memberikan gambaran mengenai berbagai teknologi yang digunakan oleh bisnis kecil dan menengah, mendalami topik terkait seperti iklan digital, pemasaran, pembayaran, serta alat bantu digital lainnya. Kami yakin proposal-proposal dari pemenang-pemenang ini akan membantu memberikan gambaran pemulihan ekonomi lintas sektor untuk bisnis kecil dan menengah,” kata Arturo Gonzalez, Direktur Advokasi dan Riset di Facebook.

Proposal penelitian dari tim peneliti Indonesia bertujuan untuk melihat dan mendalami peran teknologi digital pada ketangkasan bisnis selama masa krisis di tiga industri yang paling terpengaruh: pariwisata, pendidikan, dan pertanian. Proposal tersebut juga akan membedah lebih jauh manfaat pendukung teknologi digital dalam menghadapi krisis yang luar biasa ini.

“Kami sangat senang penelitian kami mendapatkan hibah dari Facebook, dimana hibah ini akan menjadi pijakan kami untuk menjalankan proyek penelitian ini. Kami berharap saat proyek penelitian ini selesai, kami dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk literatur penelitian mengenai peran teknologi digital pada ketangkasan bisnis serta memberikan informasi dan referensi praktis yang berguna dalam pemanfaatan teknologi digital di saat krisis yang luar biasa,” ujar tim pemenang.

Facebook menerima 189 proposal dari 39 negara. Proposal yang menang mencakup agenda penelitian, mulai dari memeriksa strategi iklan yang digunakan oleh bisnis milik minoritas untuk menjangkau konsumen, hingga penggunaan pembayaran nirsentuh oleh bisnis kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here