Home Compare iPhone 11 Pro Max Remuk Redam Dihadapan Galaxy Note 20 Ultra

iPhone 11 Pro Max Remuk Redam Dihadapan Galaxy Note 20 Ultra

Drop test: iPhone 11 Pro Max vs Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Samsung Galaxy Note 20 Ultra mungkin lebih sulit untuk diperbaiki dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max. Namun soal ketahanan, jelas Note 20 Ultra lebih unggul daripada smartphone premium besutan Apple tersebut.

Dalam sebuah video pengujian jatuh (drop test) yang diakukan oleh kanal Yotube PhoneBuff. kedua smartphone dijatuhkan dalam beberapa seknario seperti menjatuhkan dengan sisi belakang menghadap ke bawah, sisi depan menghadap ke bawah, pengujian jatuh dengan sudut terlebih dahulu menyentuh permukaan dan pengujian jatuh berulang dengan ketinggian 1,5m.

Hasilnya cukup jelas. Galaxy Note 20 Ultra tampil sebagai pemenang dan di akhir video, bodi iPhone 11 Pro Max remuk redam.

Di babak pertama pengujian jatuh, Galaxy Note 20 Ultra dan iPhone 11 Pro Max dijatuhkan dengan posisi telentang. Kedua sama-sama mengalami kerusakan. Bedanya, panel belakang iPhone 11 Pro Max menderita lebih banyak pecahan sedangkan pecahan di Galaxy Note 20 Ultra minim dan hanya di bagian kiri atas di samping modul kamera belakang,

Samsung Galaxy Note 20 Ultra sendiri hadir dengan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus di bagian depan dan belakang. Sementara iPhone 11 Max Pro menggunakan Corning Gorilla glass custom. Samsung dan Corning sendiri mengklaim bahwa Victus merupakan perlindungan paling kuat yang saat ini ada di pasar, dan hal itu terlihat dalam tes jatuh berikutnya.

Di pengujian babak selanjutnya, kedua ponsel dijatuhkan dengan sudut terlebih dahulu menyentuh permukaan. Tes semacam ini cukup berbahaya karena cenderung bikin casing ponsel rusak serta menyebabkan layar dan panel belakang retak.

Galaxy Note 20 Ultra kembali unggul dimana kerusakan yang diakibatkan oleh pengujian ini hanya sedikit dan hanya menampilkan beberapa goresan dibandingkan dengan goresan kecil di sudut baja tahan karat milik iPhone. Namun secara umum, kedua ponsel premium ini tetap utuh setelah pengujian.

Pengujian putaran ketiga dan putaran bonus membuat Galaxy Note 20 Ultra tampak superior.

Dalam putaran ini, kedua smartphone dijatuhkan dengan posisi layar menghadap ke bawah. Layar yang retak bisa mematikan fungsi ponsel, bahkan terkadang membuat fungsi sentuh tidak bekerja dengan baik. Dan hal itu terjadi di iPhone 11 Pro Max. layarnya retak setelah pengujian pertama sementara layar Note hanya mengalami goresan kecil.

Note 20 Ultra kemudian dijatuhkan 10 kali dari ketinggian lebih dari 1,5 meter (4,9 kaki), dan yang mengejutkan, layar Ultra selamat dari ke 10 pengujian tersebut.

Sebaliknya, iPhone semakin berantakan dan potongan kaca mulai terkelupas dari bodinya. iPhone 11 Pro Max bahkan kehilangan fungsionalitas kameranya setelah 10 kali pengujian jatuh meski fungsi sentuhnya masih berjalan normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here