Home Education Gredu Tawarkan Fitur Baru untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Gredu Tawarkan Fitur Baru untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Ricky Putra - COO Gredu (kiri) dan Mohammad Fachri CTO Gredu
Ricky Putra - COO Gredu (kiri) dan Mohammad Fachri CTO Gredu

Pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan utama selama masa pandemi. Pembatasan sosial membuat interaksi antara siswa dan guru dilakukan melalui media digital dan internet. Platform yang menyediakan kolaborasi antar keduanya, plus orang tua mulai dibutuhkan. Di sisi lain, platform pendidikan juga harus meneydiakan fitur yangs elian memudahkan proses belajar mengajar, juga nyaman dan aman digunakan.

Gredu, Salah satu platform pembelajaran jarak jauh (PJJ) mengantisipasi kebutuhan tersebut dengan memperkenalkan fitur baru yaitu Kelas Interaktif dan Tugas Online.

“Gredu menyadari kolaborasi antara orang tua, guru dan siswa selalu menjadi kunci keberhasilan pendidikan. Terlebih, dengan frekuensi tatap muka yang jauh berkurang selama masa pandemi ini, siswa dituntut untuk lebih mandiri dan aktif sehingga materi yang sudah direncanakan selama satu tahun ajaran dapat terserap dengan baik dan mendapatkan hasil akademis yang sesuai harapan. Oleh karena itu, sebagai wujud komitmen kami terhadap kemajuan Pendidikan di Indonesia, kami memperkenalkan fitur Kelas Interaktif dan Tugas Online yang mengoptimalkan kerja sama antara ketiga pihak tersebut. Kedua fitur ini merupakan bagian dari pengembangan platform digitalisasi sekolah yang sudah kami kembangkan dan perkenalkan sebelumnya,” ujar Mohammad Fachri, CTO Gredu.

Kelas Interaktif berguna bagi guru untuk membimbing murid saling berdiskusi dan melakukan tanya-jawab secara real-time. Para guru dapat mendampingi siswanya melalui perangkat masing-masing sehingga pembelajaran bisa berlangsung lebih efektif dan efisien. Di kelas online ini, para guru membuat materi lalu membagikannya ke siswa melalui aplikasi Gredu Teacher. Materi yang diterima para siswa melalui aplikasi Gredu Student bisa didiskusikan bersama di Kelas Interaktif sesuai materi pelajaran. Para siswa juga dapat mengemukakan pertanyaan melalui layanan chat yang sudah disediakan Gredu. Dengan fasilitas tanya-jawab antara guru dan siswa di Kelas Interaktif maka atmosfer pembelajaran bisa berlangsung dua arah seperti halnya pendidikan offline di sekolah.

Sementara itu, fitur Tugas Online dibangun dengan basis Kurikulum 2013 (Kurtilas) yang merupakan pengembangan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini menitikberatkan pembelajaran agar berpusat kepada murid (student-centered learning), yang sejalan dengan solusi dari Gredu. Melalui Tugas Online, guru dapat mempersiapkan materi pembelajaran beserta tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa pada aplikasi Gredu Teacher. Selanjutnya, siswa mendapatkan notifikasi dari aplikasi Gredu Student. Siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugasnya melalui aplikasi yang sama. Kemudian guru akan mengoreksi tugas yang telah terkumpul dan memberikan penilaian.

Di sisi lain, para orang tua dapat memantau proses PJJ dari notifikasi aplikasi Gredu Parent. Jadi, seandainya orang tua sudah harus bekerja dari kantor atau berada di luar rumah, mereka tetap dapat membantu anaknya mengklarifikasi tugas dengan guru atau memantau anak-anaknya selama mengerjakan tugas dari sekolah.

Kemudahan lain yang didapatkan dari fitur Kelas Interaktif dan Tugas Online untuk orang tua, siswa, dan guru adalah aksesibilitasnya. Ketiga aplikasi tersebut (Gredu Teacher, Gredu Student, dan Gredu Parent) dapat diakses melalui perangkat mobile, tablet maupun laptop sehingga guru dan siswa dapat mengerjakan tugas mereka kapan saja dan tidak perlu khawatir akan kurangnya perangkat di rumah.

Dengan sejumlah kemudahan yang ditawarkan oleh kedua fitur baru tersebut, Gredu berharap siswa menjadi semakin aktif dan mandiri serta mulai terbiasa untuk mengelola waktu. Guru mendapatkan kemudahan untuk merancang silabus dan materi pembelajaran dari hari ke hari sehingga tercipta konten edukasi yang berkualitas. Selain itu, guru masih memiliki waktu untuk mengembangkan diri dan aktif mengikuti perkembangan teknologi. Orang tua pun juga memiliki waktu lebih banyak untuk berkomunikasi secara lebih intensif dengan anak-anak mereka. Dengan demikian, orang tua juga dapat memberikan pendidikan tambahan berupa pembentukan karakter, pola pikir, dan perilaku bagi anak.

“Dengan fitur anyarnya ini, platform Gredu diharapkan bisa mendukung pendidikan di Indonesia dengan #kolaborasijarakjauh. Inilah yang membuat Gredu lebih dari sekadar kelas online,” tutur Ricky Putra, COO Gredu.

Tentang Gredu

Gredu muncul sebagai solusi bagi pendidikan dan sekolah di Indonesia. Kami mempelajari bahwa kecilnya tingkat kolaborasi antara guru, orang tua, dan murid memberikan dampak yang kurang baik bagi kualitas pendidikan di lingkungan sekolah. Kesadaran dan inisiatif setiap pihak untuk terlibat secara aktif merupakan kunci mengatasinya. Gredu percaya bahwa digitalisasi lingkungan sekolah merupakan bentuk peran aktif kami, sebagai bagian dari masyarakat, agar turut berkolaborasi dalam membangun pendidikan yang lebih baik. Oleh karena itu, kami menciptakan aplikasi yang berupaya menjawab kebutuhan tersebut, dan hadir dengan kemasan yang ramah bagi guru, orang tua, dan murid.

Gredu memiliki empat produk yaitu Gredu School Management System, Gredu Teacher, Gredu Parent, dan Gredu Student, yang bersatu untuk melayani dan menangani industri pendidikan di Indonesia.
● School Management System
Sistem Manajemen Sekolah (School Management System/SMS) merupakan sebuah aplikasi administrasi untuk mengakses, mengolah, dan menyajikan data dengan lebih ringkas. Solusi terbaik untuk meringankan beban kerja administrasi sekolah.
● Gredu Teacher
Aplikasi khusus yang mempermudah guru dalam memantau kehadiran murid, membuat soal ujian sekaligus menilainya, serta membuat beragam perencanaan aktivitas untuk setiap kelas yang dipegang.
● Gredu Parent
Aplikasi untuk orang tua agar dapat terus mengikuti perkembangan pembelajaran serta aktivitas yang dilakukan oleh murid di sekolah, baik terkait nilai ujian, daftar kehadiran, dan rekomendasi yang diberikan secara langsung oleh guru.
● Gredu Student
Dapat diakses melalui web maupun ponsel, murid dapat melihat nilai, kehadiran, serta jadwal aktivitas pembelajaran dengan cepat. Murid juga dapat menemukan berbagai e-book di aplikasi ponsel.

Silakan kunjungi gredu.asia untuk informasi lebih lanjut