Home Review Review EZVIZ C1C PIR : Kamera Pengawas Mungil yang Kaya Fitur

Review EZVIZ C1C PIR : Kamera Pengawas Mungil yang Kaya Fitur

EZVIZ C1C PIR

Meskipun tren produk kamera keamanan makin beragam, namun ceruk untuk kamera pengawas bersensor PIR (passive infrared) masih terbuka luas. Harga yang terjangkau, tak serta merta harus mengorbankan kualitas. Salah satu yang mengisi segmen ini adalah EZVIZ C1C PIR. Selain sudah dilengkapi deteksi gerakan yang dapat dicustom, videonya juga Full HD.

EZVIZ sendiri dikenal sebagai merek yang memiliki berbagai produk kamera keamanan. Kehadirannya terus berkembang dan bersaing dengan merek-merek terkenal lainnya. Brand EZVIZ sendiri dimiliki oleh Hikvision, pemasok produk video pengawas terbesar di dunia. Jadi jangan samakan EZVIZ dengan brand abal-abal yang sering Anda temukan di toko-toko online, yang tentu kualitasnya disangsikan.

Desain

Kamera pengawas EZVIZ C1C PIR memiliki 2 bagian utama. Yang pertama adalah base metal berbentuk lingkaran pipih berdiameter 6,4 mm yang bersambung ke atas membentuk pipa stand untuk dudukan kamera. Bagian kedua adalah kamera EZVIZ C1C PIR itu sendiri yang berbntuk bulat pipih dengan diameter yang kurang lebih sama dengan base platenya.

EZVIZ C1C PIR bisa diletakkan di bidang datar seperti di atas lemari, buffet, di meja maupun tempat horisontal lainnya. Base plate EZVIZ C1C magnetik, artinya Anda bisa menempelkannya pada benda-benda besi seperti tiang kanopi, teralis, dan lain sebagainya. Anda tetap bisa menempelkan EZVIZ C1C PIR pada bidang non metal dengan bantuan plat tambahan yang disertakan dalam paket pembelian.

Bodi Kamera C1C bisa diputar 360 derajat ke segala arah dan ditekuk hingga 90 derajat ke belakang. Jadi tak masalah apakah diletakkan dalam bidang vertikal maupun horisontal. Anda tetap bisa mengatur sudut pandang kamera untuk mengawasi spot yang diinginkan.

Di bagian depan, terdapat lampu infrared yang melingkari lensa. Di bawahnya terdapat sensor PIR (passive infrared) beserta lampu indikator. Lampu indikator ini akan berubah-ubah warna dan frekuensi kedip, tergantung proses yang sedang dijalankan oleh kamera.

Di bagian belakang, Anda akan mendapati output speaker berbentuk kelopak bunga. Di samping kanan terdapat slot micro SD untuk mengekspansi kapasitas memori hingga 256GB.

Selanjutnya di bagian bawah, Anda akan menemukan power input dengan tipe micro USB dan tombol reset. EZVIZ C1C PIR dibekali charger 5V dengan kabel sepanjang kurang lebih 3m. Cukup untuk menghubungkan unit kamera dengan sumber listrik.

Instalasi

Untuk mulai menggunakan EZVIZ C1C PIR, Anda harus menghubungkannya dengan adaptor yang tersambung dengan listrik. Selanjutnya akan muncul lampu indikator berwarna merah, menandakan C1C siap untuk disetting.

EZVIZ C1C PIR mengunakan koneksi nirkabel 2,4 Ghz sehingga kompatibel dengan router wifi yang umum digunakan.

Selanjutnya, unduh aplikasi EZVIZ melalu play store di smartphone Anda. Setelah terinstal, tekan tombol add device.

Ambil unit EZVIZ C1C PIR dan balik bagian bawah base plate. Scan QR code tersebut menggunakan apliaksi E#ZVIZ.

Jika terhubung EZVIZ C1C PIR akan terlihat di aplikasi dan kamera akan menunjukkan indikator biru berkedip. Pilih “device power on” dan klik tombol next. Selanjutnya pilih “Indicator flashes blue” dan tekan “next”.

Untuk seting awal ini, pastikan smartphone, hotspot wifi, dan EZVIZ C1C PIR saling berdekatan dengan jarak kurang dari 1,5m. Masukkan password wifi kemudian klik tombol “next”. Tunggu sejenak hingga konfigurasi perangkat selesai.

Jika berhasil, akan muncul jendela video di aplikasi EZVIZ. Anda bisa melakukan berbagai pengaturan seperti mengatur audio, timezone, tanggal. Anda juga bisa mencoba untuk menyimpan hasil rekaman video ke server CloudPlay.

Klik “View Device” untuk mulai memantau kamera dari smarphone. Anda bisa melakukan zooming jika dirasa gambar terlalu kecil. Anda bisa memilih 3 kualitas video yaitu Ultra HD, Hi-Def, dan standar.

Video

EZVIZ C1C PIR memiliki lensa 2,8 mm dengan sudut pandang diagonal 130° dan horisontal 106°. C1C mampu melakukan perekaman video full HD 1080p.

Kualitas video C1C sangat baik. Gambarnya tajam dan tak banyak distorsi meski menggunakan lensa sudut lebar 130 derajat. Warna yang diproduksi akurat dan cerah. Meskipun pengaturan gambar defaultnya sudah bagus, Anda dapat menurunkan atau meningkatkan saturasi warna menggunakan beberapa preset di menu Pengaturan. Ada juga mode lampu latar yang, ketika diaktifkan, memungkinkan Anda mengetuk bagian gambar yang terlalu terang untuk melihat detail lebih lanjut.

Deteksi gerak menggunakan teknik PIR (passive infrared) akan memantau pergerakan yang terjadi ebrdasarkan suhu tubuh. PIR harus diaktifkan di pengaturan kamera. Anda akan menerima pemberitahuan setiap saat kecuali jika Anda mengatur schedule. Anda dapat mengurangi frekuensi peringatan dengan menurunkan sensitivitas deteksi pada slider dan dengan menentukan area deteksi gerakan. Hal ini bisa dilakukan dengan menutupi area yang akan memicu alarm.

Motion alert EZVIZ C1C PIR tepat waktu dan akurat. Thumbnail orang atau hewan yang memicu gerakan disertakan dengan setiap notifikasi. Memencet thumbnail tersebut akan langsung membawa Anda ke video yang direkam.

Kamera secara otomatis mengaktifkan night vision saat suplai cahaya rendah. Gambar yang dihasilkan sangat jelas dan mampu menangkap ghambar hingga jarak 6m. Bahkan dalam mode hitam dan putih, gambar memiliki kontras dan detail yang cukup untuk menampilkan karakter wajah.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, EZVIZ C1C PIR memiliki semua fungsi dasar yang dibutuhkan untuk melakukan pemantauan ruangan atau indoor. Fitur PIRnya mampu mendeteksi gerakan dengan baik. Kamera full HD 1080p-nya menghasilkan video dengan detil yang bagus dan warna yang akurat meski di dalam ruangan. Instalasi EZVIZ C1C PIR mudah dengan aplikasi yang informatif.

Dengan harga yang terjangkau dan fitur lengkap, EZVIZ C1C PIR layak dijadikan pilihan utama sebagai kamera pengawas di rumah Anda

Spesifikasi

Parameter Model 
NamaC1C PIR
ModelCS-C1C-D0-1D2WFR
Kamera
Sensor GambarPemindaian Progresif CMOS 1/2.9"
Kecepatan RanaRana adaptif otomatis
Lensa2,8 mm, sudut pandang: 106° horizontal, 130° diagonal
Dudukan LensaM12
Day & NightCut filter IR dengan pengalihan otomatis
DNR3D DNR
Kompresi
Kompresi VideoH.264
H.264 TypeMain profile
Video Bit RateUltra-HD; HD; Standard. Adaptive bit rate
Auto Bit RateSelf-adaptive
Max. Bit Rate2Mbps
Gambar
Resolusi Maksimal1920 x 1080
Frame RateMaks: 20fps; Self-Adaptive during network transmission
Deteksi PIR
Sudut110°
Jarak maks.5 m (16,4 kaki)
Antarmuka
PenyimpananMicro SD card (Max. 256GB)
PowerMicro USB
Wi-Fi
StandarIEEE802.11b, 802.11g, 802.11n
Jangkauan Frekuensi2.4 GHz ~ 2.4835 GHz
Channel BandwidthSupports 20MHz
Keamanan64/128-bit WEP, WPA/WPA2, WPA-PSK/WPA2-PSK
Kecepatan Transmisi11b: 11 Mbps, 11g: 54 Mbps, 11n: 72 Mbps
Umum
Power SupplyDC 5V±10%
Power ConsumptionMAKS. 4,0 W
Night Mode RangeMAKS. 6 m (19,7 kaki)
Product Dimensions64 mm x 64 mm x 103 mm (2,52” x 2,52” x 4,06” )
Packaging Dimensions123 mm x 79 mm x 125,5 mm (4,84” x 3,11” x 4,94”)
Weight98 g (0,22 lb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here