Home Apps & Platform Mirip Pelatihan Prakerja, Ini 17 Kanal Youtube Gratis Buat Mengasah Skill Kamu

Mirip Pelatihan Prakerja, Ini 17 Kanal Youtube Gratis Buat Mengasah Skill Kamu

Kanal youtube gratis mirip pelatihan prakerja
Kanal youtube gratis mirip pelatihan prakerja

Pemerintah saat ini sedang melaksanakan program Prakerja dimana masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilannya dapat mengikuti seleksi untuk mendapatkan pelatihan secara digital.

Pelatihan yang diterima sebagian besar berbentuk video tutorial dengan tema beragam, mulai dari belajar video, desain grafis, hingga pengembangan diri.

Jika kita cermati, sebenarnya banyak kanal-kanal Youtube yang juga memberikan tutorial serupa untuk mengasah skill atau ketrampilan tertentu. Seorang pengguna twitter dan juga Youtuber otomotif @ridwanhr telah mengumpulkan beberapa kanal Youtube yang bisa Kamu manfaatkan untuk belajar sesuai dengan bidang minat yang ingin Kamu geluti. Klik Nama untuk langsung menuju link youtube masing-masing kanal.

1. Video Editing: Daunnet Films – Anjas Maradita

Source: Youtube

Kanal Daunnet Films by Anjas Maradita layak dikunjungi oleh Kamu yang ingin belajar mengenai video editing. Untuk membuat sebuah video, Kamu harus membekali diri dengan berbagai ketrampilan untuk menguasai software seperti Adobe Premiere, Adobe After Effect, atau Kinemaster (smartphone).

Di kanal yang sudah memiliki 391 ribu subscriber ini, Kamu bakal menemukan banyak tutorial menggunakan tool yang ada di berbagai software editing, menguasai trik video Youtuber kondang, hingga membubuhkan efek-efek spesial mirip film Hollywood.

Ratusan video tersedia untuk Kamu cermati selama masa physical distancing seperti saat ini. Jika Kamu telaten, dijamin Kamu akan segera menguasai dunia edit video.

2. Tutorial Adobe Premiere: Agung Hapsah

Source: Youtube

Agung Hapsah dikenal sebagai Vlogger dengan artikulasi bicara yang unik. Video Youtubenya beragam, mulai dari kehidupan sehari-hari, trip, review gadget, hingga gaming.

Jika Kamu mensortir videonya, Kamu akan menemukan serangkaian tutorial menggunakan software Adobe Premiere. Ada 12 video tutorial yang bisa Kamu tonton untuk mengasah skil video editing dengan software besutan Adobe ini.

Tutorial dijelaskan dengan sederhana dengan contoh sehingga mudah dipahami. Beberapa video juga menjelaskan mengenai pengaturan kamera dan beberapa teknik pengambilan gambar

3. Tutorial Photoshop: Comic Lincung

Source: Youtube

Comic Lincung menyediakan beragam video tutorial untuk menggambar, membuat doodle art, dan desain grafis seperti photoshop. Kanal yang sudah memiliki 181 subscriber ini memiliki beberapa playlist berisi kumpulan video yang akan mengajarkan bagaimana memanfaatkan software grahpic editing ini seperti Learn Photoshop Photo Editing, Learn Photoshop Design, dan Photoshop Manipulation Tutorial. Jika ditotal, ada lebih dari 200 video tutorial Photoshop yang akan menambah membuat Kamu lebih jago main Photoshop.

4. Ide Bisnis: Agus Cuguy

Source: Youtube

Kanal Youtube yang satu ini unik karena menawarkan ide-ide bisnis dari hal-hal yang sederhana, kebanyakan berupa jajanan. Salah satu videonya berjudul “ide bisnis lagi nih modal pisang” telah ditonton hingga 2,7 juta kali. Di video ini, Agus menawarkan ide untuk membuat jajanan pisang madu dengan penuturan yang simpel dan sederhana.

Kanal yang memiliki 1,8 juta subscriber ini sudah menghasilkan hampir 200 video dan membantu jutaan orang menemukan bisnis yang cocok. Sangat menginspirasi, terutama di saat pandemik COVID-19 melanda dan banyak pekerja yang dirumahkan sehingga harus mencari alternatif penghasilan.

5. Hidroponik : Hidroponikpedia

Source: Youtube

Kanal Hidroponikpedia berbagi video tutorial tentang bagaimana menanam dengan teknik hidroponik secara simpel dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Misalnya di video “Cara membuat hidropinik sederhana dari botol mineral”, Hidroponikpedia menujukkan kepada Kita bahwa hidroponik tidak membutuhkan biaya besar karena bisa memanfaatkan berbagai botol dan kain bekas.

Kanal hidroponikpedia sudah diikuti oleh 240 subscriber dengan lebih dari 80 video. Bisa jadi, hidroponik akan menjadi bisnis baru Kamu setelah rajin menonton kanal ini.

6. Tips Trik Dunia Kerja : Eza Hazami

Source: Youtube

Eza Hazami telah lama berkecimpung di dunia HRD (human Resource Development = sumber daya manusia). Menyebut dirinya sebagai HRD kekinian, Eza kerap membagikan tips trik seputar dunia kerja di kanal youtube yang sudah disubscribe oleh 282 ribu orang ini.

Puluhan vlog sudah ia buat dengan judul-judul yang menarik, terutama bagi Kamu yang sedang emncari kerja. Bahasannya simpel, kekinian, dan mudah dimengerti.

Video-video seperti “Biar cepat dapat kerja”, “Cara nego gaji yang benar”, “5 Hal yang dilihat HRD saat interview” tentu sangat berguna bagi Kamu yang fresh graduate dan sedang mencari kerja untuk pertama kali.

7. Public Speaking: Hai Irene

Source: Youtube

Kanal Hai Irene banyak mengunggah video-video tips public speaking dan motivasi. Kanal yang sudah memiliki 22 ribu subscriber ini mengunggah video-video dengan tema menarik seperti “Cara sederhana melatih intonasi bicara”, Cara mengatasi grogi saat di depan umum” “Cara mengatasi blank saat di depan umum”.

Tak hanya berguna untuk pembicara, namun teknik-teknik yang ditawarkan Irene juga bermanfaat bagi mahasiswa, pelajar, entertainer pemula agar bisa menguasai diri saat melakukan presentasi atau manggung di depan umum.

Irene juga banyak emmbagikan video berisi motivasi seperti “Jangan mengeluh”, “Kamu Pasti Bisa”, dan “Bebas dari Rasa Takut’. Jika menonton video-video dari Irena, dijami hidupKAmu jadi lebih optimis!

8. Pemrograman : Kelas Terbuka

Di deskripsi kanal Youtubenya, Kelas Terbuka menulis bahwa kanal mereka khusus yang akan membahas teknik pemrograman secara umum dan teknik komputasi serta pengolahan data secara khusus. Channel ini diharapkan dapat mengisi kekosongan implementasi praktis pada materi perguruan tinggi di Indonesia.

Kelas terbuka sudah memiliki 102 subscriber dengan video lebih dari 300-an. Berbagai tutorial bahasa pemrograman dijabarkan dengan lengkap seperti Java, C++, jango, phyton, dan masih banyak lagi.

9. Masak Memasak : Masak.TV

Source: Youtube

Masak TV adalah sebuah Podcast yang menyebarluaskan pengetahuan dan tata cara dalam membuat menu masakan, mulai dari cara memasak yang paling dasar hingga hidangan-hidangan utama baik dalam maupun luar negeri.

Masak.TV sudah memiliki 442 subsciber dengan ratusan video. Selain sering membagikan tutorial masak sederhana, kanal Masak,TV ini juga sering merekomendasikan berbagai resep yang bsia Anda coba sendiri di rumah. Beberapa kali, Masak.TV juga mereview beberapa tempat makan.

10. Web Programming : Web Programming UNPAS

11. Tutorial Makeup: Lindakayhz

12. Woodworking: Hobi Kayu

13. Tips Trik Iklan Digital: Mahir Ngiklan

14. Tutorial menjahit: Rajin Rapi Tailor

15. Coding: Sekolah Koding

16. Tutorial Jaringan dan Keamanan Data: Onno Center

17. Tutorial elektronika: Anak Agung Duwi Arsana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here