Home Gadget Bagaimana Cara Membersihkan Smartphone dari Virus Corona?

Bagaimana Cara Membersihkan Smartphone dari Virus Corona?

Cara Membersihkan Smartphone dari Virus Corona

Smartphone hampir selalu akrab dengan bakteri. Begitu juga dengan virus, tak terkecuali COVID-19. Kapersky punya kiat bagaimana cara membersihkan smartphone dari virus corona dengan benar.

Pandemi virus corona tampaknya telah mengajarkan Kita untuk kembali memperhatikan aspek-aspek kebersihan yang selama ini diabaikan. Salah satunya dengan mencuci tangan hingga bersih setelah setelah bepergian ke tempat umum serta mengindari menyentuh wajah dengan tangan.

Namun, orang juga sering melupakan kebersihan ‘sahabat karib’ yang selalu mendampinginya setiap saat: smartphone. Membersihkan smartphone sebenarnya sama pentingnya dngan mencuci tangan dan menghindari meneyntuh wajah, akrena benda inilah yang setiap saat mendampingi Kita. Lalu, bagaimana cara membersihkan smartphone dengan benar?

Mengapa Harus Membersihkan Smartphone?

Hal pertama yang perlu diingat adalah bahwa pada suhu kamar, coronavirus dapat bertahan dan tetap dapat menular melalui permukaan logam, gelas, keramik, dan plastik selama beberapa hari. Virus dapat masuk ke smartphone dengan dua cara: tetesan kecil ketika orang yang terinfeksi batuk di dekatnya, atau dari tangan Anda sendiri setelah menyentuh pegangan pintu, tombol lift dan sejenisnya.

Jika Anda tidak pernah meminjamkan smarthone ke orang lain dan orang lain tidak batuk atau bersin di dekatnya, maka kemungkinan tertular infeksi melalui udara lebih rendah. Sementara perpindahan virus melalui tangan tergantung pada durasi kontak dan bervariasi untuk berbagai mikroorganisme. Hingga saat ini belum ada data yang dapat diandalkan untuk COVID-19.

Karena itu, lebih baik sekarang Kita berasumsi bahwa virus dapat ditularkan jika Anda memegang smartphone setelah menyentuh sumber infeksi dan tidak mencuci tangan. Juga perlu diingat bahwa tangan bukan satu-satunya titik kontak. Anda sering mendekatkan smarthone ke wajah dan telinga saat sedang berbicara. Jadi lebih baik Anda mendisinfeksi ponsel Anda secara rutin setiap kali Anda kembali ke rumah.

Cara Membersihkan Smartphone dari Virus Corona

Produk rumah tangga yang paling umum digunakan sebagai desinfektan virus corona adalah etanol (C2H5OH), isopropil alkohol (C3H7OH), hidrogen peroksida (H2O2), dan natrium hipoklorit (NaClO).

Isopropil alkohol dianggap sebagai caran yang paling tidak berbahaya bagi lapisan oleofobik layar. Jadi Anda bisa menggunakan cairan tersebut dengan menggunakan sray atau tisu dan mengusapkannya di layar.

Etanol dan hidrogen peroksida menjadi opsi terakhir jika tak ada lagi alkohol yang tersedia. Sebagai catatan, kedua cairan tersebut jika sering digunakan dapat dengan mudah merusak lapisan oleophobic layar.

Untuk konsentrasi yang digunakan, optimalnya adalah sekitar 70-80%. Alkohol murni menguap terlalu cepat. Untuk hasil optimal, Anda perlu mendiamkan larutan disinfektan selama sekitar satu menit di smartphone.

Sementara jika menggunakan konsentrasi yang lebih rendah, hasilnya juga kurang efektif membunuh virus. Jadi jangan lagi berpikir untuk menggunakan vodka karena minuman ini memiliki kandungan alkohol jauh lebih rendah dari 70%.

Hindari menuangkan disinfektan langsung ke konektor, speaker, dan celah lainnya di smartphone, seklaipun smartphone Anda anti air. Sebagai gantinya, ambil kapas, rendam dalam cairan, dan oleskan ke semua sisi perangkat. Tidak perlu menekan dengan keras, cukup pelan-pelan dan menyapu bersih ke seluruh permukaan.

Ada juga zat desinfektan lain yaitu Chlorhexidine, namun, zat ini tidak bisa berbuat banyak terhadap coronavirus sehingga tidak direkomendasikan untu membersihkan smartphone.

Metode Alternatif

Jika desinfeksi secara kimia kurang cocok untuk Anda, ada cara lain untuk membersihkan ponsel cerdas Anda. Misalnya dengan radiasi ultraviolet. Anda juga dapat meletakkan ponsel Anda di dalam kantong plastik tertutup setiap kali Anda pergi dan segera membuang kantong ini (karena virus juga dapat bertahan lama pada bahan polietilen).

Opsi yang paling radikal adalah sama sekali berhenti menyentuh ponsel Anda ketika Anda meninggalkan rumah, kecuali jika benar-benar diperlukan. Ini juga berfungsi sebagai strategi detoksifikasi dari kecanduan smartphone yang efektif.

Selain itu, jangan abaikan gadget dan barang lain yang Anda gunakan di tempat umum: tablet, laptop, smartwatch, smartband, headphone, dan sejenisnya. Ada baiknya Anda juga memantau situs web produk tersbut, apakah mereka memiliki rekomendasi zat yang paling cocok untuk membersihkan perangkat buatan mereka.

Tips Membersihkan Smartphone dari Virus Corona

• Sebelum mengelap smartphone, periksa komposisi bahan desinfektan yang Anda gunakan.
• Hindari etil alkohol atau hidrogen peroksida karena dapat merusak lapisan oleophobic di layar.
• Larutan alkohol isopropil adalah ilihan terbaik untuk membersihkan smartphone.
• Konsentrasi optimal adalah 70-80%.
• Bersihkan ponsel cerdas Anda setiap kali kembali ke rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here