Home Review Review Realme 6 : Tiga Jutaan dengan Chipset Gaming dan Kamera...

Review Realme 6 : Tiga Jutaan dengan Chipset Gaming dan Kamera 64MP

164
0
Review Realme 6

Realme telah memantapkan posisinya sebagai penantang serius merek-merek mapan dalam waktu yang singkat. Review Realme 6 tak akan terlepas dari keberhasilannya merangsek ke lima besar brand smartphone tanah air karena agresivitasnya dalam menyajikan smartphone yang sesuai dengan karakter konsumen Indonesia, selain juga tawaran harga yang menarik.

Empat seri Realme 5 yang diluncurkan tahun lalu laris manis di pasar: Realme 5 Pro, Realme 5s, Realme 5, hingga yang paling murah, Realme 5i.

Kehadiran Realme 6 logikanya akan menjadi penerus Realme 5. Namun ditilik dari fitur yang diusung, Realme 6 lebih tepat jika diposisikan sebagai penerus Realme 5 Pro.

Mengusung slogan “64MP Pro Camera. Pro Display”, Realme 6 disokong denganchipset kinerja tinggi MediaTek G90T, display dengan refresh rate 90Hz, Quad camera 64MP,serta pengisian cepat 630W. Varian RAM+ ROM 4+128GB dilepas seharga Rp3.399.000,- sedangkan kombinasi yang lebih tinggi (8+128GB) dibanderol Rp3.799.000. Hal ini membuat posisi Realme 6 sangat diperhitungkan di pasar smartphone 3 jutaan.

Review Realme 6 : Desain

Realme 6 mengusung desain yang cantik dan berkarakter. Kami kebetulan mereview Realme 6 dengan pilihan warna comet white.

Bagian belakang Realme 6 glossy dan memantulkan cahaya yang akan menyatu ke titik tengah bagian bawah, tepat menunjuk port USB tipe c yang terdapat di bagian bawah. Skema inilah yang disebut Realme 6 sebagai comet design karena mirip dengan laju komet di antariksa.

Realme 6 tampak belakang

Realme 6 mengusung layar 6,5 inci, sama dengan pendahulunya realme 5. Perbedaan mencolok adalah hilangnya desain notch. Sebagai gantinya, Realme 6 menempatkan kamera depan di pubch hole yang terletak di layar bagian kiri atas. Layar dikelilingi dengan bezel tipis denga bagian bawah layar sedikit lebih tebal.

Sudut-sudut bodi Realme 6 membulat, sedangkan tepian bagian belakang sedikit melengkung ke depan. Kombinasi kontur yang ergonomis seperti ini membuat Realme 6 nyaman digenggam.

TAmpak depan Realme 6

Jika smartphone di kisaran harga yang sama menempatkan pemindai sidik jari di belakang, maka Realme 6 memposisikan pemindai di sisi kanan, yang juga berfungsi sebagai tombol power

Kami menyukainya dan Kami mempunyai penjelasannya:

Sisi kanan smartphone merupakan posisi natural ibu jari kita saat memegang smartphone, jadi penempatan sensor di sini efisien. Jika sensor berada di belakang misalnya, Anda masih harus menggeser jari telunjuk untuk mengaksesnya. Bagi Anda yang kidal, tak masalah. Anda bisa meregistrasikan sidik jari telunjuk untuk mengakses Realme 6.

Posisi tombol power sekaligus pemindai sidik jari

Tombol volume yang biasanya bersisian dengan tombol power berpindah ke sisi kiri agak ke bawah, Di atasnya, terdapat nampan berisi dua slot yang bisa ditempati Sim Nano, dan satu slot dedicated untuk kartu micro SD.

Realme terlihat lebih berisi dengan ketebalan 8,9mm dan bobot 191gram. Hal ini bisa dimengerti mengingat baterai yang diusungnya berkapasitas cukup besar: 4.300mAh. Port USB tipe C terletak simetris di bagian bawah didampingi dengan port audio 3,5mm dan lubang micropon di sebelah kiri serta speaker grill di sebelah kanan.

Di bagian belakang terdapat set empat kamera berjajar vertikal yang ditempatkan di sisi kiri atas. Modul kameranya menonjol kurang lebih 1mm dan dilindungi dengan trim metal di sekelilingnya.

Kehadiran kamera utama 64MP ditegaskan dengan aksen lingkaran emas di sekelilingnya. Meski terlihat glossy, panel belakang Realme 6 bukan terbuat dari kaca. Untuk menghindari jejak sidik jari dan goresan, Realme sudah menyertakan softcase transparan dalam paket pembeliannya.

Susunan kamera Realme 6

Review Realme 6 : Display

Realme 6 mengusung display 2400×1080 piksel full HD+. Layarnya juga mengemas refresh rate 90Hz yang membuat transisi dan pergerakan di layar menjadi lebih smooth.

Secara default, Realme sudah mengatur screen refresh rate ke auto select, jadi layar akan menyesuaikan dengan refresh rate aplikasi yang sedang dijalankan. Namun jika Anda ingin mencoba mengoperasikan Realme 6 dengan refresh rate yang tetap (misal saat bermain game), ada pilihan penggunaan layar di refresh rate 90Hz dan 60Hz.

Penggunaan desain punch hole membuat rasio bodi ke layar meningkat hingga 90,5 persen. Layarnya sendiri sudah dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Review Realme 6 : Sistem Operasi dan Aplikasi

Realme melakukan perubahan signifikan di sisi software. Realme tak lagi menggunakan ColorOS di seri 6 ini, melainkan memakai antarmuka in-house, Realme UI. Realme UI berbasis sistem operasi Android 10.

Tampilan Realme UI ini ringan , susunan fiturnya mudah dan Kami tidak menemukan kendala saat hendak mengakses menu-menu yang dibutuhkan.

Di pengaturan Display & Brightness, Anda akan menemukan fitur dark mode yang memiliki 3 opsi. Pertama adalah opsi dark mode itu yang dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan dengan menggeser tombol di sampingnya. Yang kedua adalah opsi “From sunset to Sunrise” dimana fitur dark mode ini akan berlaku saat memasuki malam hari hingga matahari terbit. Anda bisa menentukan sendiri jam berapa dark mode mulai dan berakhir memalui melalui opsi terakhir “schedule time”.

Fitur OSIE (Object and Semantic Images and Eye-tracking) Vision Effect jika diaktifkan akan dapat melacak pergerakan mata dengan lebih presisi melalu bantuan AI (Artificial Intelligence). Hal ini akan membantu Anda mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat mengakses beberapa aplikasi. Jika Anda seorang TikToker, cobalah aktifkan fitur OSIE ini dan rasakan perbedaannya.

Di fitur smart service ada menu smart driving, riding mode, dan smart assistant. Dua yang disebut pertama akan membantu Anda mengakses Realme 6 dengan lebih aman saat berkendara.

Smart assistant dan convenience tool

Sedangkan smart assistant jika diaktifkan akan menampilkan layar tambahan jika Anda menggeser layar home ke kanan. Akan muncul beragam fitur seperti akses cepat ke fungsi-fungsi yang sering Anda gunakan, memantau aktvitas kebugaran, serta menyajikan aplikasi-apliaksi yang paling sering Anda gunakan. Smart Assistant bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di menu Convenience tool, Anda bisa memfungsikan tombol power juga sebagai tombol Google Assistant. Caranya dengan menekan tomol power selama 3 detik. Ada juga smart sidebar untuk mengaktifkan menu samping di homescreen.

Di mode kids space, Anda bisa menyajikan smartphone dengan setingan yang sudah disesuaikan. Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh mereka, melindungi kartu kredit agar tidak bisa digunakan oleh anak-anak, bahkan bisa mengatur berapa lama anak-anak menggunakan smartphone Anda.

Selain Kid space, beberapa layanan privasi bisa Anda temukan di menu pengaturan Realme 6 seperti block anda filter, private space, App lock, secure keyboard hingga mencegah screen capture dan perekaman suara atau gambar yang tidak diinginkan.

Fitur Digital Wellbeing membantu Anda mengelola akses smartphone Anda dan emastikan waktu istirahat dan konsentrasi tidak terganggu.Fitur dual modeaudio di Realme Lab emmungkinkan Anda untuk menghubungkan earphone kabel dan perangkat audio bluetooth secara bersamaan.

Beberapa aplikasi sudah hadir secara pre-installed seperti Baca, Lazada, App Market, Realme Community, Game center, Game space, JnT, Opera, The store, Webnovel, WPS Office dan tentu saja aplikasi bawaan Google seperti Youtube, Gmail, Maps dan lain sebagainya.

Review Realme 6 : Hardware dan Performa

Realme 6 menyuguhkan paduan hardware yang menarik terutama mengingat harganya yang 3 jutaan. 90Hz Ultra Smooth Display 6,5 inci membuat pergerakan aplikasi menjadi lebih halus.

Sensor sidik jari di bagian sisi bekerja dengan baik dan responsif. Hanya butuh 0,29 detik untuk membuka kunci smartphone. Begitu juga dengan face recognition. Pengenalan biometrik ini dapat memindai wajah dengan cepat.

Hardware Realme 6

Sistem berjalan lancar tanpa lag dengan dukungan RAM berkapasitas 8GB. Tak ada kendala saat menjalankan banyak aplikasi secara multi tasking. Load time atau waktu loading aplikasi singkat.

Oh ya, jangan lupakan chispet Mediatek Helio G90T yang memang diciptakan untuk mengakomodasi kebutuhan gaming. Gamers akan merasakan pengalaman lebih baik ketika memainkan berbagai macam game dengan intensitas grafik yang tinggi semacam PUBG, Fortnite, Free fire.

Kami mencoba memainkan game PUBG dengan seting grafis HD dan frame rate paling tinggi. Kemudian kami atur refresh rate layar juga ke posisi tertinggi, 90Hz. Gaming berjalan lancar dan tak terjadi lag atau error. Suhu Realme 6 akan sedikit meningkat saat memainkan game dengan pengaturan tertinggi, tapi kami rasa masih dalam batas normal.

Inside the box Realme 6

Daya tahan baterai pada Realme 6 oke. Pengisi daya cepat 30W disertakan dalam kemasan. Dengan menggunakan fitur fast charging ini, Realme 6 dapat terisi hingga 65 persen hanya dalam waktu 30 menit. Untuk terisi penuh, Realme 6 membutuhkan waktu kurang lebih satu jam.

Di sisi konektivitas, Realme 6 menawarkan koneksi Bluetooth 5, dual-band Wi-Fi ac, dan tiga sistem navigasi. Dual-SIM sudah mendukung jaringan 4G serta VoLTE.

Hasil Benchmark

Dari kiri: hasil benchmark Realme 6 menggunakan 3DMark, Geekbench,GFX bench, dan AItutu
Benchmark ToolScore
3dMark Slingshot Extreme OpenGL ES 3.12551
3dMark Slingshot Extreme Vulkan2583
3dMark Slingshot3129
Geekbench CPU Single core510
Geekbench CPU multi core1652
Geekbench Compute OpenGL1960
Geekbench Compute Vulkan1780
GFXBench703.5 frames
Aitutu13773

Review Realme 6 : Kamera

Mode photo, otomatis, indoor (resized)

Realme 6 mengemas quad-camera di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 64 megapiksel, kamera sudut lebar 8 megapiksel dengan bidang pandang 119 derajat, kamera monokrom 2 megapiksel, dan kamera makro 2 megapiksel. Di bagian depan, Realme 6 menempatkan kamera selfie 16 megapiksel.

Perangkat lunak kamera Realme 6 cukup lengkap. Di bar bagian atas Anda akan menemukan menu flash HDR, chroma boost dan menu pengaturan.

Hasil foto tanpa chromaboost
Hasil foto dengan chroma boost

Fungsi chroma boost yang sudah muncul pada produk Realme sebelumnya berfungsi untuk meningkatkan saturasi warna obyek, sehingga hasil pemotretan nantinya akan memiliki detil yang lebih baik dan kaya warna.

Di bawah viefinder Anda bisa menemukan berbagai mode kamera seperti night, video, photo, potrait, dan 64MP. Sebenarnya tak hanya itu karena di menu more Anda masih bisa menemukan mode slo-mo, time-lapse, expert atau pro, ultra macro, dan panorama.

Fungsi ultra wide, perbesaran 1x, 2x, dan 5x akan muncul di mode night, video, dan photo. Realme 6 memiliki AI scene recognition yang secara default telah aktif. Fitur cerdas ini mampu mendeteksi beberapa skema pemotretan seperti pemandangan , wajah, makanan, atau binatang.

Dalam beberapa skenario pengambilan gambar, kamera Realme 6 mampu melakukan fokus dengan cepat. Kamera akan seara otomatis melakukan fokus ke obyek yang terpilih, meski begitu, Anda tetap bisa mengalihkan fokus ke obyek lain secara manual dengan cara men-tap obyek sasaran di layar.

Pemotretan dalam kondisi backlight. Obyek tetap detil dan cahaya tampil seimbang

Pemrosesan cahaya yang masuk juga baik sehingga gambar tidak mengalami overlight atau underlight (kelebihan atau kekurangan cahaya). Dalam skema cahaya yang terang, fungsi HDR akan aktif secara otomatis. Begitu juga saat obyek membelakangi cahaya.

Secara default, Realme 6 akan mengambil gambar dengan resolusi 16MP. Untuk menghasilkan gambar dengan resolusi 64MP, Anda harus berpindah ke mode 64MP yang berjajar bersamaan dengan mode-mode pemotretan lainnya di bagian bawah viewfinder.

Hasil foto memakai kamera 64MP (resized)
Hasil kamera Realme 6 dalam mode 64MP setelah dicrop masih terlihat detil dan tajam

Dalam kondisi terang atau siang hari, kamera 64MP Realme 6 mampu menangkap obyek dengan sangat detil. Warna yang dihasilkanpun terlihat natural. Saat Kami melakukan zoom pada hasil foto , detilnya juga masih bagus.

Mode bokeh

Kamera wide anglenya terbilang standar. Untuk foto potrait (bokeh), Realme mampu memisahkan bagian background dan obyek dengan rapi. Obyek yang menjadi fokus tertampil dengan benar dengan deteksi bagian tepi yang sempurna. Anda bisa memilih level blur yang diinginkan sebelum memotret. Kamera bokeh juga mampu melakukan fokus ke obyek dengan cepat.

Hasil foto macro, outdoor (resized)

Kamera macro bisa dimanfaatkan untuk mengungkap detil obyek dengan bagus. Foto makro yang diambil secara indoor maupun outdoor bisa terlihat dengan jelas.

Hasil foto malam hari, wide angle (resized)

Anda dapat memanfaatkan fitur night mode dalam kondisi lingkungan kurang cahaya. Dengan mode ini, foto malam hari bisa menghasilkan detil yang lebih baik jika dibandingkan menggunakan mode foto biasa karena cara kerja night mode yang mengambil beberap gambar, kemudian mengolahnya sehingga menjadi satu gambar dengan detil dan kecerahan yang lebih baik.

Mode selfie, otomatis (resized)

Kamera selfie Realme 6 dengan format in-display memiliki detail yang bagus. Fitur beautification secara default sudah aktif saat Anda menggunakan kamera depan. Jika ingin hasil yang lebih alami, Anda dapat menonaktifkan ini dengan memilih opsi natural.

Realme 6 mampu merekam video hingga resolusi 4K untuk kamera belakang dan 1080p untuk kamera depan. Anda juga dapat menurunkan resolusi hasil video ke 1080p 60fps untuk kamera belakang. Kelebihannya, video 1080p adalah distabilkan, sedangkan pada perekaman 4K tidak.

Kesimpulan

Realme sekali lagi ‘menyusahkan’ kompetitor di segmen harga 3 jutaan. Kombinasi spesifikasi mumpuni dengan harga yang masuk akal menjadi senjata andalan Realme 6 untuk menggoda anak muda aktif yang menjadi target pasarnya.

Dikemas dengan chipset MediatTek Helio G90T berkinerja kuat, Realme 6 juga didukung quad cam 64MP, dan layar dengan opsi refresh rate hingga 90Hz. Belum lagi baterai besar dengan pengisi daya cepat 30W. Jdi, Jika Anda mencari perangkat di kisaran 3 jutaan dengan spek menawan, Realme 6 akan jadi pilihan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here