Home Apps & Platform Stay at Home : 3 Alternatif Aplikasi Belajar Online di Rumah

Stay at Home : 3 Alternatif Aplikasi Belajar Online di Rumah

alternatif aplikasi belajar online

Aplikasi belajar online jadi alternatif pendidikan selama penanganan COVID-19

Dalam hitungan hari, wabah Corona di Indonesia telah menelan korban. Ratusan orang sudah positif terjangkit penyakit dengan nama resmi COVID-19. Bahkan, korban jiwa juga sudah berjatuhan.

Kondisi ini membuat pemerintah pusat dan daerah melakukan tindakan dan antisipasi dengan mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mengurangi penyebaran COVID-19 melalui social distancing (menjaga jarak sosial).

Aplikasi Belajar Online

Langkah-langkah yang dilakukan pemangku kepentingan antara lain dengan menerapkan belajar di rumah untuk anak-anak sekolah, bekerja secara online, pembatalan berbagai acara dengan konsentrasi masa, serta membatasi frekuensi keberangkatan angkutan massal.

Dengan diberlakukannya kebijakan belajar di rumah, mau tak mau orang tua dan anak harus memiliki alternatif program belajar agar tetap update dan tidak ketinggalan mata pelajaran. Pembelajaran digital melalui aplikasi belajar online menjadi alternatif yang bisa Anda coba.

Berikut Canggih ID sajikan beberapa aplikasi belajar online yang bisa Anda unduh di smartphone maupun diakses melalui browsewr PC. Selamat belajar!

Ruang Guru

Boleh dibilang aplikasi Ruang Guru merupakan pelopor platform belajar online di Indonesia. Layanan yang bisa diakses di alamat ruangguru.com ini juga bisa diunduh aplikasinya emlalui Play Store.

Ruang guru menyediakan berbagai fitur antara lain animated learning video yang berisi video tutorial oleh guru yang berpengalaman, kuis dan penjelasannya, dan infografis yang menarik.

Materi ruang guru lengkap mulai jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga atas.

Menanggapi wabah COVID-19 ini, ruang guru menghadirkan program Sekolah Online Ruangguru Gratis! Setiap harinya, dimulai dari tanggal 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB dan 14.00-18.00 WIB setiap Senin-Jumat.

Kelas Pintar

Kelas Pintar merupakan platform belajar online besutan PT. Extramarks Education Indonesia dan bisa diunduh secara gratis di Play Store maupun diakses melalui browser di alamat kelaspintar.id.

Baru-baru ini mereka meluncurkan SOAL, kumpulan latihan soal online sesuai kurikulum yang didesain untuk membantu siswa menilai tingkat kesiapan mereka dalam menghadapi ujian (Ujian Harian, Ujian Semester, dan Ujian Nasional).

SOAL dari Kelas Pintar tidak hanya menyediakan kumpulan soal berbobot tapi juga materi pelajaran dalam format animasi yang didesain untuk menguatkan pemahaman siswa terhadap konsep dari materi pelajaran.

SOAL dari Kelas Pintar sendiri mencakup seluruh subjek mata pelajaran di jenjang K-12 (SD-SMP-SMA) dan sudah disesuaikan dengan kurikulum berlaku. Soal-soal latihan yang ada di dalamnya juga disusun dengan tingkat kesulitan (mudah, sedang, sukar) dan pemahaman (LOTS, MOTS, HOTS) yang beragam dan dikemas secara proporsional.

Zenius

Zenius Education yang memberikan solusi belajar online dan berfokus pada pemahaman konsep dan penalaran ilmiah dikembangkan oleh kakak-beradik Sabda PS dan Wisnu Subekti. Aplikasinya bisa diunduh gratis di smartphone atau melalui browser di alamat https://www.zenius.net/.

Hingga Maret ini, Zenius sudah memiliki lebih dari 80.000 video pembelajaran untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA sesuai kurikulum nasional. Tidak hanya video materi yang menekankan pemahaman konsep, Zenius juga menyediakan materi latihan soal serta pembahasan kumpulan soal-soal UN. Seluruh materi ajar ini dapat diakses secara gratis dalam program #SemuaBisaZenius yang diluncurkan pada Desember 2019 silam.

Merespons kebijakan dari beberapa Pemda untuk menghentikan sementara aktivitas bersekolah, serta pertimbangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN), Zenius kemudian memutuskan untuk terus menggratiskan akses ke 80.000 video pembelajaran di seluruh platformnya tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses para siswa belajar di rumah secara mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here