Home Compare Kok Bisa Kamera Xiaomi Mi 10 Pro Lebih Unggul dari iPhone dan...

Kok Bisa Kamera Xiaomi Mi 10 Pro Lebih Unggul dari iPhone dan Samsung?

257
0
Skor Kamera Mi 10 Pro tertinggi di DxOMark

Xiaomi telah meluncurkan Mi 10 dan Mi 10 Pro yang dibekali dengan sensor gahar 108MP. Kualitas kamera Xiaomi Mi 10 Pro sepertinya tidak main-main. Situs pemeringkat kamera, DxOMark bahkan menempatkan Mi 10 Pro di atas flagship lain seperti Galaxy Note 10 Plus, iPhone 11 dan Huawei Mate 30 Pro.

Komparasi skor DxOMark Mi 10 Pro dengan flagship lain

Hasil benchmark kamera yang dilakukan oleh DxOMark mengganjar Mi 10 Pro dengan skor 124. Angka ini melampaui Huawei Mate 30 Pro yang menduduki peringkat 2 dengan selisih tipis 123. Agak jauh di bawah, iPhone 11 Pro Max menempati ranking 6 dengan skor 117, menyusul di bawahnya Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G dengan skor sama.

Xiaomi Mi 10 Pro Unggul di Zoom

Parameter pengujian DxOMark Mi 10 Pro

DxOMark sendiri melakukan serangkaian tes untuk menguji seberapa bagus kemampuan fotografi sebuah smartphone. Selain hasil foto, mereka juga menguji kinerja video. Parameter yang mereka pakai antara lain exposure, warna yang ditampilkan, kemampuan autofokus, noise, kemampuan foto malam hari, kemampuan zoom, bokeh, dan kemampuan mengambil gambar sudut lebar (wide).

Dari beberapa parameter di atas, yang menonjol dari kamera Xiaomi Mi 10 Pro adalah kemampuan zooming yang mendapat skor tertinggi 110. Diketahui, selain mempunyai sensor utama 108MP, Mi 10 Pro juga dilengkapi dengan lensa tele 12MP dan lensa tele panjang 8MP.

DxOMark menyebut bahwa Mi 10 Pro memiliki detil dan kemampuan untuk me-render teksture yang bagus meski foto diambil dengan zoom 5x. Demikian juga untuk kemampuan medium zoom dan lower zoom. DxMark menyebut hasil foto lower zoom memiliki detil yang bagus. Sementara untuk medium zoom, selain detil dan eksposure yang bagus, Mi 10 Pro juga memiliki white balance yang akurat.

Komparasi hasil foto medium range zoom Mi 10 Pro dengan iPhone 11 Pro Max dan Huawei Mate 30 Pro


Autofokus

Parameter kedua yang menyumbang angka signifikan untuk skor benchmark Mi 10 Pro adalah kemampuan autofokusnya yang diberi poin 98.

DxOMark menyebut bahwa kemampuan autofokus Mi 10 Pro sangat bagus dan mirip dengan Xiaomi CC9 Pro Premium Edition. Dari hasil pengujian, sistem autofokus Mi 10 pro secara akurat segera mengunci obyek dari kondisi non fokus.

Meski memuji, DxOMark sedikit memberi kritikan atas kinerja autofokus Mi 10 Pro. Mereka menemukan bahwa ada sedikit kesalahan fokus saat memotret wajah, dimana titik fokus berada agak sedikit di belakang wajah

Wide Paling Rendah

Mi 10 Pro juga mendapat poin yang bagus dari sisi ketepatan warna (88) dan kemampuan menangkap detil teksture (85). Menurut DxOMark, warna yang dibidik Mi 10 memiliki white balance yang akurat baik dalam skema pemotretan luar ruang maupun indoor. Satu parameter yang mendapat skor paling rendah adalah kemampuan untuk memotret obyek dengan sudut lebar, dimana DxOMark hanya memberikan nilai 42.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here