Home Apps & Platform Tips Agar WhatsApp-an Lebih Aman

Tips Agar WhatsApp-an Lebih Aman

Terbaru dari WhatsApp: Melindungi 2 miliar pengguna dalam menjalin komunikasi pribadi serta meluncurkan situs privasi terbaru

Saat ini diketahu pengguna WhatsApp sudah mencapai 2 miliar orang. Sebuiah angka yang fantastis untuk sebuah aplikasi perpesanan.

Selain fitur chatting, WhastApp memang memiliki tool s komunikasi yang cukup lengkap. Sebut saja video call, audio, group, hingga update status dan profil.

Selain menawarkan kemudahan untuk saling terhubung, ada kekhawatiran yang masih mengganjal saat orang menggunakan whatsApp.

Pertukaran pesan di WhatsApp kadang bersifat pribadi, mengandung foto atau video yang tidak diperuntukkan umum, kadang juga dilakukan untuk melakukan transaksi bisnis.

Hal ini wajar menginat selain digunakan untuk komunikasi personal, WhatApp juga kini telah digunakan sebagai tool pendukung toko online dan commerce.

Lalu bagaimana cara mengamankan percakapan di WhatApp?

Setiap pertukaran pesan di WhatsApp dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption)*. Dengan fitur ini, tidak ada orang lain selain Anda dan rekan percakapan Anda yang bisa membacaatau melihat isi dari pesan tersebut, bahkan pihak WhatsApp sekalipun.

Tips Keamanan di WhatsApp

Lakukan Verifikasi Dua Langkah
Dengan melakukan Verifikasi Dua Langkah, Anda akan mendapatkan pengamanan lebih lanjut di WhatsApp. Anda diharuskan untuk memasukkan PIN sebanyak enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp Anda. Dengan fitur ini, orang tidak dapat mengakses akun WhatsApp. Misalnya jika kartu SIM Anda dicuri atau nomor Anda rusak.

Anda bisa mengatur fitur Verifikasi Dua Langkah dengan mengakses tanda titik tiga di bagian kanan atas, kemudian masuk ke menu setting – akun – verifikasi dua langkah

Mengatur Privasi Profil
Anda sebenarnya memiliki kewenangan penuh atas informasi di WhatsApp apa saja yang bisa Anda bagikan ke orang lain

Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat profil Anda, misalnya dengan memilih beberapa dari daftar kontak, ke semua orang, atau bahkan tidak membagikannya ke siapapun.

Anda juga dapat membatasi fitur Terakhir Dilihat (Last Seen), Foto Profil, Tentang (About), dan Status melalui menu setting – Account – privacy.

Pengaturan Privasi Grup
Anda dapat mengontrol siapa saja yang dapat mengudnang Anda ke dalam sebuah grup WhatsApp. Dengan demikian, Anda bisa lebih selektif grup mana yang Anda diinginkan. Pengaturan ini bisa diakse melalui menu account – privacy – group. Ada 3 opsi yang bisa

Anda pilih yaitu evrynone (semua orang), my contacts (kontak saya), dan “Kontak Saya Kecuali (my contacts except)”

Mengunci WhatsApp dengan Touch ID atau Face ID
WhatsApp menawarkan penguncian akun dengan fitur Touch ID dan Face ID yanga da di iPhone, dan sidik Jari untuk pengguna Android.

Anda dapat memilih untuk secara otomatis mengunci Anda keluar dari aplikasi begitu Anda menutup aplikasi, atau setelah beberapa lama tidak aktif.

Perbarui aplikasi secara teratur
Biasanya aplikasi WhastApp versi terbaru menawarkan fitur keamanan yang lebih baik. Jadi pastikan Anda untuk sellau memakai Aaplikasi WhatsApp terbaru.

Anda bisa mengaktifkan pembaharuan secara otomatis, atau secara manual dengan cara mengunjungi App Store/Play Store secara berkala, kemudian ketik kata ‘WhatsApp’, dan klik ‘Perbarui’.

Selain memperbaharui aplikasi, Anda juga harus rajin-rajin mengecek sistem operasi smartphone Anda. Sekali lagi untuk mendapatkan jaminan keamanan yang lebih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here