Home Apps & Platform 7 Tool Percakapan di Twitter, Bikin Interaksi Lebih Menarik

7 Tool Percakapan di Twitter, Bikin Interaksi Lebih Menarik

Meski tak seheboh platform media sosial lain, Percakapan di Twitter masih menjadi pilihan menarik. Topik-topik yang sedang trending kadang bisa sangat cepat ditemukan di layanan berlogo burung biru ini.

Untuk mendorong interaksi, berikut fitur-fitur yang bisa Kamu gunakan di Twitter.

Utas (Thread) Percakapan di Twitter

Utas atau thread biasanya digunakan untuk berbagi cerita horor, pengalaman pribadi atau untuk mengedukasi audiens. Utas di Twitter dapat digunakan untuk menciptakan rangkaian cuitan yang saling berhubungan.

Melalui utas, pengguna dapat memberi konteks tambahan, update terkini serta poin-poin tambahan lainnya yang terkait dengan cuitan awalnya secara bersamaan.

Utas dapat dibuat dengan menekan sebuah tombol di bagian komposer, sehingga pengguna dapat mempublikasikan utasan pada waktu bersamaan.

Kamu dapat menambahkan cuitan dalam utasan yang sudah dipublikasikan – dengan menggunakan tombol β€œTambahkan Tweet lain.”

Selain itu, sekarang lebih mudah untuk menemukan utas karena Twitter telah menambahkan label “Tunjukkan Tweet ini.” Sebelumnya, pengguna harus membaca setiap cuitan secara terpisah. Praktis!

Jajak Pendapat (Twitter Poll)

Fitur jajak pendapat di Twitter memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan spesifik kepada audiens dan mengajak followers berpartisipasi dalam percakapan tersebut.

Fitur ini telah mempermudah cara pengguna Twitter seperti brands, komunitas, institusi pemerintahan dan media dalam berkomunikasi, karena mereka tidak perlu lagi menyeleksi serangkaian pendapat yang berbeda-beda untuk mengetahui preferensi audiens mereka terkait suatu topik atau isu.

Tagar (Hashtag)

Tagar (disimbolkan dengan #) di Twitter memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan berbagai komunitas dan berbagi informasi dengan jutaan orang lainnya.

Pengguna Twitter di Indonesia menggunakan tagar untuk memancing, mengelompokkan percakapan, berbagi keseruan serta mempopulerkan suatu isu atau momen.

Fitur ini dapat digunakan untuk mempromosikan inisiatif brands, mengedukasi publik seputar isu sosial dan kesadaran lingkungan, atau mempromosikan produk/teknologi baru ataupun berita hiburan terkini seperti #BlibliKWave, #HutanTanpaApi dan #dipisahdirangkai.

Retweet dengan Komentar (Retweet with Comment)

Fitur Retweet with comment di Twitter membantu pengguna mengutip cuitan pengguna lain dengan menambahkan pendapat atau catatan khusus pada cuitan tersebut.

Fitur ini memudahkan pengguna dalam membuat referensi sehingga audiens lebih mudah untuk mencari cuitan yang sedang dibicarakan. Informasi tentang fitur ini bisa dibaca lebih lanjut di tautan ini.

Mulai bulan Mei 2019 lalu, pengguna juga dapat melakukan Retweet dengan menambahkan elemen foto, video, maupun GIF.

Embeddable Twitter List

Fitur ini dapat digunakan mendapatkan topik yang relevan. Misalnya list yang berisikan akun pakar-pakar ekonomi untuk terhubung dengan perkembangan ekonomi di Twitter.

Dengan fitur ini; orang lain yang berminat dengan dunia ekonomi, olahraga, atau bidang lainnya, dapat langsung berlangganan atau subscribe ke Twitter List yang sudah dibuat oleh orang lain atau membuat Twitter List sendiri.

Fitur ini membuat orang bisa mendapatkan dan mengkonsumsi informasi dengan cara yang berbeda.

Daftar Twitter (Twitter List)

Dengan Twitter List, kamu dapat membuat daftar yang berisi sekelompok akun Twitter yang paling digemari untuk diikuti.

Dengan upgrade terbarunya, daftar tersebut sudah bisa dipublikasi atau disematkan di linimasa kamu.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menerima informasi hanya dari akun-akun yang diinginkan dengan konten yang sesuai dengan minat mereka, tanpa perlu mengikuti akun tersebut.

Balasan yang Disembunyikan (Hide Reply)

Kenyamanan dan keamanan adalah dua hal yang harus dirasakan oleh seluruh pengguna Twitter, sehingga penting bagi Twitter untuk mengubah bagaimana percakapan terjadi di Twitter.

Saat ini, percakapan di Twitter sering berubah dari apa yang sebenarnya ingin disampaikan karena topik dan nada yang digiring oleh pengguna lain.

Setelah melakukan eksperimen yang di Kanada, Jepang dan Amerika Serikat; sekarang, seluruh pengguna

Twitter sudah bisa menggunakan fitur β€˜balasan yang disembunyikan.’. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kontrol lebih banyak bagi inisiator percakapan, sehingga Twitter bisa menjadi ruang diskusi yang sehat bagi semua orang.